cara memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mic Wireless yang Tidak Bunyi

Salah satu hal yang membuat audio bisa keluar dengan baik adalah tergantung pada microphone. Ada berbagai macam jenisnya, dan yang paling sering dipakai yaitu tanpa menggunakan kabel. Tapi, benda ini terkadang mengalami kerusakan dengan penyebab tertentu. Sehingga butuh cara memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi dengan tepat untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

Namun sebelum itu, ketahuilah dahulu apa saja yang menyebabkan mic wireless tidak dapat berbunyi. Hal ini perlu dilakukan karena untuk mendeteksi bagian mana yang mengalami kerusakan. Cara kerja microphone ini berbeda dari yang menggunakan kabel, karena memanfaatkan sinyal radio.

Penyebab Mic Wireless Tidak Berbunyi

Telusuri dahulu hal apa yang menyebabkan mic wireless tidak dapat berbunyi, sehingga suara yang dihasilkan kurang jernih. Pada bagian ini akan diberikan dua penyebab yang sering mengakibatkan kerusakan pada mic wireless ini. Berikut ulasannya:

Baca Juga »  Cara Mengatasi Error 0xc0000005 yang Mudah dan Anti Ribet

1. Perpindahan Frekuensi Mic Wireless

Permasalahan yang sering kali timbul terkadang disebabkan frekuensi dari microphone yang mengalami perpindahan. Hal ini biasanya dikarenakan mengubah setelan dan membuat output audio menjadi kurang mantap. Bisa juga antara mic yang satu dengan lainnya mengalami tabrakan, sehingga harus segera dibenahi.

2. Transmitter Tidak Mau Bekerja

Sebenarnya tidak bisa langsung menyimpulkan penyebab dari mic wireless bermasalah. Hal ini karena harus melakukan pengecekan secara mendetail. Selain karena frekuensi yang berpindah, mungkin saja terjadi kerusakan pada transmitter. Sebab saat sinyal radio terkoneksi, maka secara otomatis lampu indikator akan menyala. Namun jika sebaliknya, dipastikan transmitter tidak bekerja.

Cara Memperbaiki Mic Wireless Tidak Berbunyi

Setelah mengetahui penyebab dari masalah yang ada pada microphone, maka sekarang adalah penjelasan mengenai cara memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi. Langkah ini dapat dilakukan sendiri, namun harus hati-hati dan seksama. Berikut ini ulasannya:

Baca Juga »  5 Cara Membuka Akses Google Drive dengan Orang Lain

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum masuk dalam proses eksekusi, siapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan dalam perbaikan ini. Tidak sulit untuk mencarinya. Karena yang dibutuhkan hanya solder, tang, dan booster televisi. Jika sudah mendapatkan ketiganya, langsung saja melakukan langkah berikutnya.

2. Melakukan Uji Coba

Lakukan uji coba pada microphone wireless tersebut. Setting masing-masing trimpot hingga keluar suara yang bersih dan jernih. Apabila mic pertama sudah sesuai yang diinginkan, maka lanjutkan pengujian pada mic kedua. Atur hingga sesuai dan output yang dikeluarkan juga enak didengar.

3. Amati Frekuensi yang Berbeda

Lanjut pada langkah ketiga. Seperti yang sudah dijelaskan, sering kali antara mic pertama dan lainnya mengalami tabrakan, sehingga audio tidak lagi mantap atau bahkan tidak berbunyi sama sekali. Jika begini, maka perlu untuk melakukan perbaikan dengan cara membedakan frekuensinya.

Baca Juga »  Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Cara untuk membedakannya adalah memilih salah satu chanel guna mengaturnya. Setelah itu, tinggal memasukkan chanel pertama pada booster yang ada di bagian UHF. Atur trimpot hingga mengeluarkan suara yang diinginkan. Begitu juga ulangi langkah tersebut pada yang lainnya. Lalu pastikan output audio bersih dan jernih.

4. Menyalakan Mic Wireless

Jika semua langkah sudah dilakukan, tahap terakhir adalah melakukan cek sound. Nyalakan microphone dan coba apakah suara yang dikeluarkan sudah benar-benar bagus. Lakukan beberapa kali sampai yakin kalau mic wireless mau berbunyi dengan jernih. Apabila sesuai yang diinginkan, dapat dipastikan semua proses selesai dan berhasil dilakukan.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi beserta penyebab yang mengakibatkan masalah tersebut. Lakukan semua langkah secara hati-hati. Namun jika merasa ragu, sebaiknya bawalah ke tempat servis microphone terdekat. Agar cepat ditangani dan tidak semakin bertambah kerusakan.

Pencarian Popular

cara agar wifi kenceng oxygen,cara mengatasi earphone wireless mendelep

Leave a Reply

Your email address will not be published.