Membuat kerajinan tangan kotak pensil dari botol plastik bekas

  • Whatsapp
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Ritsleting (Sumber: make it love it)
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas dengan Ritsleting (Sumber: make it love it)

Apakah kamu sedang mendapatkan pekerjaan rumah dari sekolah atau Guru keterampilanmu untuk membuat kerajinan kotak pensil dari botol bekas? Jika iya, yuk mari kita simak artikel ini baik-baik agar pekerjaan rumah atau tugasmu itu cepat selelsai dalam sekejap.

Dalam kerajinan tangan kali ini ada Dua jenis hasil pembuatan dari kotak pensil bekas ini nantinya, yakni yang pertama membuat kotak pensil dari bahan botol bekas secara sederhana, dan yang kedua membuat kotak pensil dari bahan bekas menggunakan Ritsleting.

Langkah dalam pemembuatan tempat pensil menggunakan botol palstik bekas dan juga Ritsleting tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya cukup menyediakan botol plastik air mineral atau softdrik, lem plastik, selotip atau lakban bening dan juga gunting sebagai alat pemotongnya (Wajib dalam pengawasan orang tua). Dan apalagi botol plastik sangat mudah ditemukan di sekitar rumah.

Alat dan Bahan

1.Botol plastik bekas

Botol plastik bekas yang digunakan haruslah yang masih dalam keadaan utuh, dalam artian belum hancur atau pecah pada bagian badan botol plastiknya.

ILustrasi botol bekas (Sumber: Istockphoto)
ILustrasi botol bekas (Sumber: Istockphoto)

2. Lem Plastik batang atau jadi

Lem plastik yang kita akan gunakan dalam proses kerajinan tangan kali ini ada 2 macam walapun memeliki fungsi yang sama, 2 macam ini saya bedakan agar mudah bagi anda memilih mana yang akan digunakan nantinya. simak gamabar dibawah ini :

Lem plastik batang dan alat pemanasnya

Lem batang dan alat pemanas ini cukup susah di cari dan harganya cukup mahal. dan penggunannya tentu wajib di bawah pengawasan dan bimbingan orang tua.

Lilin lem plastik batang (Lem tembak)
Lilin lem plastik batang (Lem tembak)
kayll glue gun pistol lem tembak
Glue gun atau alat pemanas lem batangan

Lem plastik batang jadi

Lem ini dapat anda beli di toko / warung sekitar rumah anda, dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

Lem plastik batang jadi
Lem plastik batang jadi

3. Gunting

Gunting kita gunakan untuk memudahkan memotong bagian-bagian tertentu dari botol pasltik nantinya. Dalam menggunakan gunting ini diharapakan berhati-hati agar tidak melukai penggunanya nati, jika anda baru pertama menggunakannya, atau tidak tau caranya, mintalah orang yang lebih dewasa semisal kakak atau ayah ibu anda untuk menggunakannya ( Penggunaanya harus dalam pengawasan orang dewasa).

Gunting
Gunting

4. Selotip atau lakban bening

Selotip atau bening
Selotip atau bening

Langkah pembuatan kotak pensil dari botol plastik bekas sederhana

Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan kotak pensil dari botol bekas sederhana:

– Botol bekas air mineral atau soft drik contoh ( botol Air mineral Aqua)

– Selotip atau lakban bening

– Gunting

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang sederhana:

Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas sederhana
Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas Sederhana © Shutterstock

Pertama, Terlebih dahulu bersihkanlah botol bekas menggunakan air, hingga sisa-sasa kotoran semisal tanah bersih, kemudain keringkan sebentar.

Kedua, Lepaskan label atau merek pada air mineral yang terdapat pada botol (Namun, jika kamu ingin menggunakannya sebagai dekorasi botol, kamu bisa mengaturnya sendiri).

Ketiga, potonglah bagian atas botol bekas tadi menggunakan gunting, tetapi jangan dibuang terlebih dahulu bagian atas botol tersebut karena bagian atas botol juga akan kita digunakan.

Keempat, Masukkanlah semua alat tulis, semilsal pensil, bolpen, pensil warna warni, dan lain-lain ke dalam botol.

Kelima, beri selotip pada tepi botol untuk menempelkan bagian atas botol yang tadi kita gunting, dan nantinya tempat pensil ini akan dapat dengan kita buka dan tutup.

Keenam, Tempat pensil sederhana sudah jadi dan siap untuk digunakan atau dipajang di rumah maupun di bawa ke sekolah.

Dikarenakan pada bagian luar botol bekas masih kosong, alias bening. kamu juga bisa menambahkan berbagai aksesoris atau dekorasi sesuai keinginanmu.

Langkah Membuat Tempat Pensil dari Bahan Botol Bekas dengan menggunakan Ritsleting

Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan:

  • Siapkanlah 2 buah botol plastik yang ukurannya sama.
  • Siapkanlah 1 buah resleting, pilih yang bergigi besar dan seukuran dengan diameter botol.
  • Lem tembak ( alat pemasanya dan juga lem batang).
  • Gunting.

Cara membuat tempat pensil dari botol bekas dengan menggunakan ritsleting:

Pertama, Terlebih dahulu bersihkanlah botol bekas menggunakan air, hingga sisa-sasa kotoran semisal tanah bersih, kemudain keringkan sebentar.

Kedua, Mulailah dengan menggunting atau memotong bagian botol plastik pada bagian leher botol sesuai keinginan. Ukur dan samakan seberapa tinggi guntingan yang kamu inginkan.

Ketiga, Ukurlah resleting sesuai dengan diameter bagian leher potongan botol tadi. Jika resleting terlalu panjang, potong resleting pada bagian yang berlebih atau menjuntai tersebut, bukan potongpada kuncian resletingnya.

Keempat, Rekatkanlah resleting pada bagian dalam leher botol yang telah kita potong tadi menggunakan lem tembak.

Keliama, Rekatkanlah sisi pada resleting yang satunya lagi pada bagian tutup botol.

Keenam, Tempat pensil dengan resleting sudah jadi dan siap untuk digunakan atau dipajang di rumah maupun di bawa ke sekolah.

Untuk mempercantik tempat pensil dari botol bekas yang kamu buat ini, kamu dapat menyesuaikan dan memilih warna ritsleting yang lebih cerah agar terlihat lebih berwarna.

Nah Itulah tadi cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang bisa kamu ikuti, mudah bukan? Ikuti langkah-langkah diatas dengan teratur agar mendapatkan tempat pensil yang kamu inginkan dengan hasil yang sesuai keinginanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments