Info GTK, Cara cek vailidasi guru, dan Panduan penggunaan daftar hadir GKT (DHGTK)

  • Whatsapp
Info GKT

Peraturan Data Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan DHGTK

Berdasarkan yang dimuat dalam situs resmi KEMENDIKBUD

Mulai tahun ajaran 2018/2019 data kehadiran guru diperhitungkan sebagai pemenuhan beban kerja guru sebagai pegawai, yang secara keseluruhan paling sedikit adalah 37,5 jam kerja dalam waktu 1 (satu) minggu sebagaimana yang di amanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Kemudian berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Nomor 112 pada Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 pada Tahun 2017 tentang Pengelolaan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa, menjelaskan bahwa Daerah wajib membayarkan Tunjangan Profesi atau (TP) Guru PNSD kepada guru yang berhak dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah diterimanya Dana TP Guru PNSD.

Bahwasannya data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) dirancang untuk mempercepat proses pembayaran Tunjangan Profesi. Pencatatan kehadiran guru dilakukan secara online menggunakan aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang terdapat pada situs KEMENDIKBUD.

Dan dengan demikian tidak ada lagi pemberkasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan sesuai kewenangannya terkait dengan penyaluran TP Guru PNSD. Untuk penyaluran TP dapat dipantau melalui aplikasi SIM-Bar berbasis android yang juga dapat diakses oleh para pemangku kepentingan pendidikan. Aplikasi SIM-Bar ini kan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Sumber : Situs kemdikbud

Tunjangan Sertifikasi Guru, dan Info GTK

Hampir seluruh Tenaga pengajar atau guru penerima tunjangan sertifikasi (tunjangan profesi guru) untuk Semester 1 pada Tahun 2015/2016 telah memahami bahwasannya pembayaran tunjangan sertifikasi ini berhubungan erat dengan validasi data mereka yang ada di DAPODIK.

Dan oleh karena itu, untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan apakah data guru penerima tunjangan sertifikasi misalnya, maka dapat kita cek melalui laman INFO GTK (yang dulu disebut INFO PTK). Untuk periode tunjangan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 pengecekan kini sudah dapat dilakukan pada akhir september ini.

Cara Cek Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan (DGTK) di Info GTK?

Untuk cara validasi di aplikasi Dapodik terhadap data guru dan tenaga kependidikan pada periode Semester 1 Tahun ajaran 2015/2016 tidak jauh berbeda dengan periode-periode pada semester sebelumnya.

Cek validasi data GKT

Adapun langkah-langkanhnnya yaitu sebaigai berikut :

Pertama, bukalah laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id atau bisa anda buka dengan cara klik DISINI. Akan tetapi jika terdapat kendala karena banyaknya guru atau operator atau tenaga kependidikan yang mengakses laman ini, maka anda dapat mencoba link alternatif berikut:

Kedua, Jika berhasil terbuka maka akan tampak laman info GTK untuk anda Login seperti gambar berikut:

Laman Info GTK
Laman Info GTK
Laman Progres penarikan data DAPODIK
Laman Progres penarikan data DAPODIK

Ketiga, Perhatikan laman Info GTK pada langkah Kedua, yakni terdapat Form/Formulir/Isian Untuk login, Seperti gambar berikut :

Laman login GTK
Laman login GTK

Keempat, Ikuti langkah sebagai berikut dalam pengisian data login pada gambar langkah ketiga:

  1. Masukkan pada baris login pertama yaitu Acoount PTK pada dapodik.
  2. Masukkan pada baris kedua yaitu Password PTK pada dapodik.
  3. Masukkan pada baris login Ketiga yaitu Kode unik / Captcha.
  4. Lalu Klik login.
  • Jika koneksi anda bagus dan server Kemendikbud sedang tidak sibuk, maka info mengenai data diri anda di DAPODIK akan segera ditunjukkan oleh laman INFO GTK ini.
  • Jika pada saat login terdapat ketidaksesuaian data di dalam laman INFO GTK ini dengan data pada keadaan sebenarnya di lapangan (di sekolah), maka anda dapat meminta operator dapodik untuk memperbaiki dan melakukan synkronisasi kembali. Setelahnya silakan dicek kembali data anda.

Panduan penggunaan aplikasi daftar hadir GKT (DHGTK)

Agar dapat mencatatkan kehadiran guru ke dalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses ke dalam sistem yaitu :

  • Pertama Login dengan user id kepala sekolah
  • Kedua Login dengan user id operator dapodik

Di dalam aplikasi DHGTK ini terdapat tiga menu utama yaitu :

  • Beranda, dengan sub menu yang terdiri dari :a) Profil Sekolah; b) Data Pengguna; dan c) Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudahh terbit SKTP.
  • Kehadiran dengan sub menu yang terdiri dari :a) Data Sekolahb) Data GTKc) Tampilan Informasi Kehadiran.
  • Keluar Aplikasi, jika pengerjaan atau mengisi kehadiran GTK telah selesai maka silahkan logut atau keluar aplikasi, sehingga untuk keluar dari aplikasi menggunakan menu ini.
  • Untuk kepala sekolah Alamat login aplikasi DHGTK ini dapat diakses pada laman berikut :http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/http://223.27.144.195:2017/index.php
  • Sedangkan untuk alamat login operator / petugas absen sekolah sama dengan halaman login kepala sekolah seperti sebelumnya yaitu :http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/http://223.27.144.195:2017/index.php
  • Lalu apa perbedaan laman login oleh kepala sekolah dan lama login operator sekolah? Perbedannya hanya pada hak akses untuk “Pembuatan dan Pencetakan SPTJM“. Jika anda login dengan user id operator atau staf sekolah, maka pembuatan dan pencetakan SPTJM tidak dapat ditampilkan seperti pada user id kepala sekolah.

Untuk tutorial lengkap cara dan penggunaan aplikasi DHGTK untuk tingakt sekolah PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, SMK.

Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK,dapat anda pelajari pada file PDF berikut, yang dapat anda download pada link dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment