Cara Pinjam Uang di Bank Syariah, Syarat dan Dokumen yang Diperlukan (financialexpress.com)
Cara Pinjam Uang di Bank Syariah, Syarat dan Dokumen yang Diperlukan (financialexpress.com)

Cara Pinjam Uang di Bank Syariah, Syarat dan Dokumen yang Diperlukan

Ketika membutuhkan uang dalam jumlah yang banyak dalam waktu cepat, maka Anda bisa menggunakan pinjaman dari bank. Anda bisa menggunakan bank syariah jika ingin menggunakan pinjaman yang aman. Cara pinjam uang di bank syariah juga sangat mudah.

Melakukan pinjaman ke bank harus ekstra berhati-hati, dan memastikan apakah Anda mampu untuk mengembalikan uang tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bank tersebut memiliki bunga yang besar atau tidak.

Kebanyakan bank konvensional, memberikan bunga yang besar setiap bulannya. Sehingga, Anda akan kesulitan untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Berbeda jika Anda menggunakan bank syariah, dimana uang pengembalian sama dengan peminjaman.

Berikut Cara Pinjam Uang di Bank Syariah

Bank syariah merupakan, bank yang berjalan dengan memenuhi syariat Islam. Bank ini, sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin mendapatkan uang yang banyak ketika melakukan transaksi peminjaman uang.

Baca Juga »  Pahami Cara Menggunakan Aplikasi Binomo Untuk Pemula dengan Gampang

Selain itu, dalam bank ini juga tersedia berbagai layanan yang tak kalah menguntungkan dari berbagai bank konvensional.  Bank Syariah Indonesia merupakan gabungan antara tiga bank yaitu, Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

Untuk meminjam, Anda bisa menggunakan berbagai jenis pinjaman yang disediakan. Sebelum Anda mengetahui berbagai, jenis pinjaman yang diberikan. Sehingga Anda bisa mengetahui cara pinjam uang di bank syariah yang benar.

Jenis Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Pinjaman bank ada banyak, ada tiga jenis yaitu Mikro, BSI Kur, dan BSI Kur Petani. Ketiga jenis tersebut bisa memberikan pinjaman beberapa hal untuk Anda.

BSI Kur

Bisa digunakan untuk pinjaman usaha. Memberikan jenis pinjaman bantuan yang lebih besar hingga 500 juta. Tenor 48 hingga 60 bulan. Untuk Anda yang memiliki usaha, namun tidak memiliki modal lebih untuk mengembangkanya.

Baca Juga »  Terungkap! Inilah Alasan Trading Menjadi Sangat Populer!

Maka, Anda bisa menggunakan jenis pinjaman ini. Dengan pinjaman tersebut, usaha Anda bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa terus mengembangkanya, sehingga dananya bisa digunakan sebagai pengembalian pinjaman.

BSI Usaha Mikro

Pinjaman ini, bisa Anda dapatkan mulai dari 5 juta hingga 200 tahun, dan tenor hingga 60 bulan. Karena itu, Anda bisa menggunakan pinjaman ini untuk berbagai hal.

BSI Kur Petani

Sesuai dengan namanya, pinjaman ini digunakan untuk para petani. Pinjaman ini bekerjasama dengan dengan Kementerian Pertanian RI, dimaksudkan untuk memajukan perkembangan industri pertanian Indonesia.

Syarat dan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda perlu mengetahui apa saja syarat dan dokumen yang diperlukan. Berikut, berbagi persyaratan yang dan dokumen yang diperlukan.

Persyaratan:

  • Berumur minimal 21 atau telah menikah
  • Warga negara indonesia
  • Memiliki bisnis atau usaha yang sudah berjalan lebih dari 6 bulan
  • Riwayat kredit lancar
  • Sektor usaha dari industri pengolahan, jasa dan perdagangan
Baca Juga »  Mengenal Investasi Reksa Dana BCA yang Sangat Aman

Dokumen yang diperlukan:

  • Fotokopi KTP suami dan istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat nikah (FC) untuk yang sudah menikah
  • Buku tabungan 3 bulan terakhir fotocopy
  • Pas foto suami istri ukuran 4×6
  • Fotokopi bukti tempat usaha
  • NPWP
  • Fotokopi agunan
  • Fotokopi keterangan usaha

Akad Pinjaman Syariah

Cara pinjam uang di bank syariah selanjutnya Anda perlu melakukan akad. Saat melakukan pinjaman, Anda juga perlu melakukan akad. Berbeda dengan bank konvensional, Anda bisa melakukan akad dalam tiga yang dipakai dalam pinjaman syariah.

Berbagai jenis pinjaman tersebut, adalah akad Mudharabah, akad Al Musyarakah dan akad Al Muzara’ah. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan jenis pinjaman yang Anda gunakan.

Itulah cara pinjam uang di bank syariah yang bisa kami berikan. Anda bisa menggunakan cara ini dan melengkapi berbagai persyaratan tersebut. Sehingga proses peminjaman, bisa berjalan lancar dan kegiatan Anda juga berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.