Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online, Mudah dan Tidak Butuh Banyak Waktu

Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online, Mudah dan Tidak Butuh Banyak Waktu

Terkadang karena suatu hal tertentu mengharuskan untuk mengganti jadwal kereta api yang terlanjur jauh-jauh hari dipesan. Menghadapi hal itu, tidak perlu merasa bingung perihal bagaimana prosedur penggantiannya. Pada uraian di bawah ini akan dipaparkan mengenai cara merubah jadwal tiket kereta api secara online.

Apa Persyaratan dan Ketentuan Mengubah Jadwal Kereta Api Secara Online?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara merubah jadwal tiket kereta api secara online, alangkah baiknya tahu apa persyaratan beserta ketentuannya, supaya nantinya akan mudah dalam melakukan prosedur mengurus perubahan jadwal kereta api. Apa saja syarat dan ketentuannya? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Jadwal tiket dapat diubah untuk kereta api yang sama pada hari yang berlainan.
  • Jadwal tiket bisa juga diubah untuk kereta api yang berlainan pada hari yang sama maupun lain hari.
  • Ubah jadwal bisa dilakukan jika masih terdapat kapasitas kursi pada kereta api pengganti.
  • Upaya ubah jadwal harus dilakukan oleh calon penumpang yang teregistrasi dalam aplikasi rilisan PT. KAI (Persero) KAI Access dengan ketentuan waktu maksimal 3 jam sebelum jadwal kereta berangkat.
  • Biaya ubah jadwal kereta api dipatok 25% dari tarif kereta api pada tiket sebelumnya.
  • Bilamana kereta api pengganti kelas lebih atas, maka akan dikenai biaya tambahan sekaligus biaya administrasi.
  • Bilamana kereta api pengganti kelas lebih bawah, tidak diberikan dana pengembalian dan tetap berlaku biaya administrasi.
  • Khusus layanan bagasi tempat sepeda berlainan dengan prosedur ubah jadwal ini, sehingga penumpang perlu memesan kembali.
Baca Juga »  Inilah 6 Cara Merubah Background Video Menjadi Green Screen, Tidak Perlu Kain Hijau Lagi!

Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online

Melakukan ubah jadwal tiket kereta api secara online tentu saja akan lebih memudahkan masyarakat. Tidak perlu kerepotan antri dan datang ke lokasi loket tiket, dan tentu saja akan efisien waktu dan tenaga. Inilah cara mudah mengubah jadwal tiket kereta api via online:

1. Buka dan Log in pada Aplikasi KAI Access

Ketika akan mengubah tiket kereta api secara online, sudah menjadi keharusan untuk memiliki aplikasi KAI Access. Aplikasi ini bisa dengan mudah didapatkan dari ponsel Android. Kemudian, buat akun dengan mengisikan informasi diri yang diminta. Selepas itu, baru bisa masuk pada menu aplikasi ini.

Baca Juga »  Tak Perlu Risau, Ini Cara Membuka Akun Grab yang Dibekukan Paling Mudah

2. Mengakses Menu Ubah Jadwal

Selanjutnya, masuk pada menu “Ubah Jadwal”. Perubahan untuk jadwal tiket kereta api hanya berlaku bagi tiket yang sudah dilunasi pembayarannya serta memiliki kode booking. Perubahan ini bisa dilakukan dalam batas waktu maksimal 3 jam dari jadwal keberangkatan kereta api.

3. Mencari Tiket Pengganti

Setelah itu, memilih nama penumpang yang akan berganti jadwal keberangkatannya. Lalu, memilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Tidak lupa pula disesuaikan dengan tanggal dan jam keberangkatan.

4. Mengkonfirmasi Pemesanan dan Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya memeriksa kembali detail pemesanan. Setelah dianggap sudah benar, lakukan konfirmasi pemesanan. Silahkan lakukan pembayaran dengan beberapa metode yang telah disediakan. Selanjutnya, langsung dari aplikasi akan muncul konfirmasi pembayaran.

Baca Juga »  Tak Ribet, Berikut Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Biasa. Yuk Ikuti Langkahnya!

5. Konfirmasi Pemesanan Telah Berhasil

Jika sudah berhasil, aplikasi KAI Access akan memberikan laporan konfirmasi pemesanan. Pada tampilan aplikasi akan muncul “Selamat Pemesanan Berhasil”. Dengan demikian, perubahan jadwal tiket kereta api telah selesai dilakukan.

Cukup mudah, bukan? Hanya dengan satu genggaman saja sudah bisa mengubah jadwal tiket kereta api. Tidak perlu berlama-lama antri di depan loket pembelian tiket atau mengurus di customer service tentunya. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan pada pelanggan yang tidak punya waktu luang untuk pergi ke loket hanya untuk mengubah jadwal kerta api.

Pencarian Popular

bagaimana cara mendapatkan izin lokasi oss,bagan golongan sim

Leave a Reply

Your email address will not be published.