Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Saat menggunakan WiFi, terkadang ada perangkat lain yang juga tersambung dengan jaringan sehingga mau tak mau kecepatannya terbagi dan menjadi lebih lambat. Jadi, banyak pengguna yang membutuhkan informasi tentang cara menyembunyikan WiFi IndiHome. Hal ini penting diketahui agar koneksi WiFi tidak dipakai oleh orang lain sehingga mengganggu aktivitas berselancar di internet. Berikut langkah untuk menyembunyikan nama WiFi (SSID):

Menyembunyikan WiFi lewat PC

Pada saat ini semakin banyak orang yang memakai laptop atau PC dalam menggunakan internet. Wajar, karena layar yang lebih lebar membuat tampilan browsing terasa lebih maksimal. Langkah menyembunyikan jaringan WiFi IndiHome dapat dilakukan seperti berikut ini:

1. Menghubungkan dengan Halaman Pengguna

Sambungkan laptop atau PC dengan modem IndiHome yang digunakan. Hal ini juga bisa dilakukan dengan kabel LAN IndiHome agar bisa tersambung ke jaringan WiFinya. Kemudian langsung log in ke modem ZTE dengan mengetikkan alamat 192.168.1.1 pada kolom pencarian browser.

Baca Juga »  Ingin Mengurangi Ukuran Video? Gunakan 7 Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi Ini

ZTE merupakan salah satu modem dengan pengguna paling banyak. Setiap modem baik itu ZTE, TP-Link, Fiberhome dan sebagainya memiliki cara yang sama, hanya berbeda di alamat IP nya saja. Setelah memasukkan alamat, akan muncul halaman berwarna hijau dengan tulisan ZTE di kiri atas. Halaman ini adalah halaman khusus pengguna.

2. Log In dan Sembunyikan WiFi

Lakukan log in dengan mengetikkan username dan kata sandinya. Username diisi dengan “user”, demikian pula password juga diisi “user”. Selanjutnya tekan “log in” untuk masuk ke sambungannya. Setelah berhasil masuk tab di opsi “Network” lalu pilihlah menu “Basic”. Di bawahnya terdapat empat sub menu, pilih yang “Multi SSID Settings”.

Pengguna hanya perlu memilih mana saja nama WiFi (SSID) yang akan disembunyikan. Cara menyembunyikan WiFi IndiHome berikutnya yakni pilih bagian “Hide SSID”, lanjutkan dengan klik “Submit” dengan menyelesaikan langkah ini, WiFi sudah tersembunyi dari pengguna lain di sekitar.

Baca Juga »  5 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Acer yang Mudah Dilakukan

Menyembunyikan WiFi lewat Hp Android

Apabila sedang tidak sempat membuka komputer, opsi lainnya adalah menyembunyikan SSID melalui hp Android. Cara ini bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan lebih simpel dan pastinya mudah dilakukan.

1. Login ke Halaman ZTE

Pastikan bahwa hp Android sudah disambungkan dengan WiFi modem ZTE. Sama seperti di laptop, ketikkan alamat IP 192.168.1.1 pada browser yang digunakan. Halaman ZTE akan muncul, cara menyembunyikan WiFi IndiHome selanjutnya pengguna harus melakukan login untuk melanjutkan prosesnya

Masukkan username berupa “user” dan juga passwordnya yakni “user”. Tekan “login”, maka sudah berhasil masuk di panel admin ZTE. Nantinya pengguna dapat membuat pengaturan untuk modem WiFi IndiHome yang digunakan.

2. Menyembunyikan Jaringan WiFi

Tekan pada tulisan “Network” untuk membuka pengaturan jaringan. Cara menyembunyikan WiFi IndiHome selanjutnya yaitu klik “WLAN” kemudian “SSID Settings”. Ketuk pada opsi “Hide SSID” untuk memilih mana nama jaringan yang ingin disembunyikan dari perangkat lain. Sesudah itu pengguna dapat merubah nama SSID-nya (apabila perlu). Nama ini sebaiknya dicatat agar tidak lupa dan bingung ketika hendak menyambungkannya lagi.

Baca Juga »  Cara Menghubungkan HP ke Audio Mobil Avanza Mudah dan Cepat

Klik “Submit” untuk menyelesaikan proses menyembunyikan WiFi IndiHome. Setelah itu, biasanya perangkat yang digunakan akan terputus dari koneksi WiFi. Tidak perlu khawatir, hal ini wajar setelah melakukan hide SSID. Cara menghubungkan kembali ke WiFi yang disembunyikan ini adalah buka menu WiFi pada menu bar, kemudian cari “Hidden Network: dan diisi dengan nama SSID yang sudah dibuat. Masukkan kata sandinya, maka WiFi sudah berhasil terhubung.

Demikian cara menyembunyikan WiFi IndiHome yang bisa dicoba sendiri dengan komputer ataupun hp. Sekarang pengguna WiFi IndiHome tak perlu khawatir koneksi internetnya terhambat karena harus berbagi dengan perangkat lain. SSID yang disembunyikan membuatnya tidak terlihat di perangkat orang lain.

Pencarian Popular

makanan yang berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published.