Cara Mengatasi Error 0xc0000005 yang Mudah dan Anti Ribet

Cara Mengatasi Error 0xc0000005 yang Mudah dan Anti Ribet

Cara mengatasi error 0xc0000005 adalah pertanyaan yang sering sekali dicari di mesin pencarian Google. Para pengguna perangkat komputer biasanya sudah akrab dengan pesan ini. Ini biasa terjadi ketika hendak membuka file berekstensi EXE atau dengan kata lain Executable File. Apa itu error 0xc0000005 dan bagaimana cara mengatasiya?

Pesan kesalahan 0xc0000005” biasa ditemui jika file EXE mengalami masalah. File EXE memiliki fungsi untuk memicu suatu program berjalan atau dengan istilah lain eksekusi. Sederhananya, suatu program bisa berjalan ketika manusia memberikannya perintah dengan menekan file EXE. File EXE dapat ditemukan pada setup installer atau file utama suatu software.

Penyebab Masalah

File EXE bisa bermasalah biasanya karena beberapa keadaan. Pertama serangan virus. Virus dapat secara tidak disadari memanipulasi nilai System File. Perubahan nilai itu dapat mempengaruhi proses eksekusi menjadi berjalan tidak baik. Selain itu virus juga dapat merusak sistem file atau membebani Harddisk dan RAM sehingga file sistem tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga »  Ingin Mengurangi Ukuran Video? Gunakan 7 Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi Ini

Selain virus, adapula penyebab lainnya seperti kesalahan hardware configuration. Kesalahan tersebut dapat menyebabkan perintah dan penerima perintah tidak melakukan pekerjaan secara sinkron sehingga eksekusi menjadi kacau dan timbulah error. Selain kedua permasalahan tersebut ada pula permasalahan karena sistem registri error, kerusakan harddisk dan lain-lain. Masalah-masalah tersebut dapat mempengaruhi kinerja file sistem.

Solusi

Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini. Mulai dari memperbaiki registri hingga pemulihan beberapa file sistem. Beberapa solusi memerlukan kehati-hatian lebih agar tidak menimbulkan masalah baru. Berikut adalah rangkuman cara mengatasi error 0xc0000005:

1. Pulihkan File System Registry

Registry adalah seperangkat kode data yang tersusun secara struktural untuk menjalankan suatu program. Kerusakan file registry bisa menyebabkan data menjadi berantakan dan membuat proses eksekusi program menjadi terganggu. Sebelum melakukan pemulihan, sebaiknya persiapkan antisipasi terhadap kesalahan pemulihan yaitu dengan membuat terlebih dahulu back up file registry. Berikut adalah cara yang perlu dilakukan:

  • Masuklah ke fitur run dengan cara pergi menuju tombol start, atau dengan menekan tombol Winkey+R.
  • Ketik Regedit dan enter.
  • Pada jendela Regedit, tekan tab file dan pilih eksport.
  • Ketik nama dan save.

Setelah melakukan back up, lakukanlah pemulihan dengan cara seperti dibawah ini:

  • Ketik Regedit pada fitur run, kemudian enter.
  • Bukalah tag <Computer HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft Windows NT CurrentVersion Windows AppInit_Dlls>.
  • Cari AppInit_DLLs dan double klik disana.
  • Isi value dengan nilai 0.
Baca Juga »  5 Perbedaan Ps2 Hardisk dan Matrix Slim

2. System File Checker

System File Checker (SFC) adalah salah satu manfaat yang dimiliki Microsoft Windows. Fungsinya untuk men-scan dan me-restore setiap sistem yang bermasalah. Sehingga dapat diketahui dan diperbaiki jika sistem didapati rusak. Proses scan dan restore akan dilakukan secara otomatis oleh SFC.

Cara menggunakan SFC utuk menanggulangi error adalah:

  • Ketik perintah CMD pada run untuk mencari ke command prompt.
  • Jalankan CMD dengan perintah run as administrator.
  • Ketika program terbuka, ketik SFC /scannow kemudian
  • Program akan melakukan scanning beberapa saat.

3. Update Disk Driver

Updating disk driver terkadang seringkali mendapat pengabaian. Mungkin karena terlalu sering dilupakan atau dianggap bukan permasalahan yang penting. Pada beberapa kasus, keusangan disk driver bisa saja menjadi sumber masalah. Terkadang file sistem hanya ingin bekerja dengan disk driver yang lebih muktahir. Memperbaharui driver menjadi solusi terbaik dalam hal ini.

Baca Juga »  Cara Membuat Graphic Design Twibbon 17 Agustus Untuk Profile Media Sosial Anda

Inilah langkah memperbaharui Disk Driver:

  • Cari devmgmt.msc pada run untuk membuka device manager.
  • Cari tag disk drive, klik kanan pada drive yang berisi file
  • Pilih update driver Software.
  • Pilih search automatically for updated driver software untuk mencari driver terbaru secara otomatis
  • Tunggu sebentar hinga driver ter-update didapati.
  • Terkadang driver tidak berhasil ditemukan. Jika demikian unduhlah dari situs resminya.

Lakukan updating secara berkala, agar permasalahan demikian tidak terjadi kembali.

Demikianlah cara-cara mengatasi error 0xc0000005.  Semoga dengan langkah-langkah tadi dapat menjadi solusi bagi para pecinta komputer kedepannya. Jangan biarkan masalah menjadi alasan untuk berhenti. Hadapilah dan taklukkanlah.

Pencarian Popular

0xc000005 adwpah,cara memperbaikin eror 0xc000005,apa itu 0xc000005,apa itu kesalahan 0xc0000005,apa kesalahan 0xc0000005,cara atasi error 0xc0000005,cara error xc0000005,cara mengatasi 0cx0000005,cara mengatasi eror 0x000005,cara mengatasi error 0xc000005,error 0xc000005,exe bermasalah 0xc0000005,google megakami 0xc000005,program mengalami kesalahan 0xc0000005,program mengalami kesalahan 0xc000005

Leave a Reply

Your email address will not be published.