Cara Memutus Jaringan WiFi IndiHome dari Pengguna Lain

Cara Memutus Jaringan WiFi IndiHome dari Pengguna Lain

Berselancar di internet adalah aktivitas yang dilakukan sebagian besar masyarakat. Era teknologi seperti sekarang, berbagai urusan dapat diselesaikan dengan bantuan internet. Salah satu fasilitasnya adalah memasang WiFi di rumah. Cara memutus jaringan WiFi IndiHome sering dicari pengguna karena terkadang ada perangkat lain yang ikut memakai jaringan WiFi. Hal ini membuat koneksinya menjadi lambat. Tidak perlu bingung, atasi dengan cara di bawah ini:

1. Menghubungkan dengan Halaman ZTE

Buka browser yang biasa digunakan. Boleh menggunakan browser apa saja baik Mozilla, Chrome, dan sebagainya. Kelebihan modem milik IndiHome yaitu dilengkapi dengan fitur yang bisa mengatur perangkat mana saja yang dapat mengakses WiFi. Ketikkan alamat IP pada kolom pencarian dengan 192.168.1.1, pengguna akan dibawa ke halaman log in milik ZTE.

Baca Juga »  6 Cara Mengatasi Play Store Error Di Android

2. Log In

Masuk dengan menuliskan username beserta passwordnya. Isilah username dan kata sandi dengan “user” atau “admin”. Ini merupakan default yang bisa digunakan untuk masuk oleh penggunanya. Setelah berhasil masuk, cara memutus jaringan WiFi IndiHome berikutnya adalah tab di opsi “Network” lalu pilih tulisan “Lan”. Didalamnya terdapat daftar nama perangkat apa saja yang pernah terhubung dengan WiFi IndiHome.

3. Memilih Mac Address

Cari tahu Mac Address dari perangkat apa saja yang ingin digunakan (misalnya milik pribadi atau orang terdekat saja). Mac Address adalah alamat yang dimiliki oleh setiap perangkat dan berbeda satu sama lain. Jadi, lebih memudahkan untuk mendeteksi perangkat asing.

Setelah itu lakukan reboot agar dapat menghentikan kinerja sebuah sistem yang sedang berjalan. Kemudian semuanya dimulai ulang. Oleh karena itu pastikan sudah mencatat dan menyimpan Mac Address yang dikenali saja.

Baca Juga »  5 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Acer yang Mudah Dilakukan

4. Reboot WiFi

Akses menu “Administration”, lanjutkan dengan “System Management” kemudian tekan “Reboot”. Tunggu sampai prosesnya selesai, lalu pilih restart pada browser dan login kembali ke halaman ZTE yang tadi. Sekarang daftar Mac Address telah hilang, pengguna bisa melakukan koneksi lagi pada perangkat yang digunakan, kemudian simpan.

5. Memasukkan Mac Address Pribadi

Sesudah Mac Address milik pribadi terdeteksi, cara memutus jaringan WiFi Indihome selanjutnya yaitu memilih “Access Control List” di menu “Network”. Masukkan Mac Address pribadi, lalu sebelum input pengguna bisa memilih “Permit”. Melalui fitur ini pengguna bisa memblokir perangkat lain dan hanya bisa mengakses WiFi melalui perangkat pribadi yang Mac Addressnya sudah didaftarkan saja.

6. Block Perangkat yang Tidak Diperlukan

Fitur “Block” juga tersedia untuk memblokir perangkat tertentu. Caranya masih melalui halaman ZTE yang sama, di sana pilih “WLAN” lalu “Associated Devices”. Nanti akan muncul daftar Mac Address yang pernah terkoneksi dengan jaringan WiFi IndiHome. Salin Mac Address mana yang ingin diblokir. Tidak perlu khawatir salah karena blokiran ini bisa dibuka kembali.

Baca Juga »  Tak Ribet, Berikut Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Biasa. Yuk Ikuti Langkahnya!

Selanjutnya buka opsi “Access Control List” lalu pilihlah SSID sesuai dengan WiFi IndiHome yang digunakan. Ganti modenya menjadi “Block”, lalu Mac Address yang telah disalin tadi bisa ditempel. Ketuk “Add”, dengan demikian Mac Address yang dipilih tadi sudah berhasil diblokir dan tidak bisa terhubung lagi. Lakukan restart pada WiFi untuk melihat perubahan yang sudah dibuat. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar tiga menit.

Demikian cara memutus jaringan WiFi IndiHome yang efektif dan bisa dipraktekkan sendiri. Tidak hanya memutus jaringan, pengguna juga bisa melakukan pengaturan pada jaringannya sesuai kebutuhan. Contohnya menambah atau mengurangi jumlah perangkat, memblokir perangkat tertentu, dan lainnya. Dengan demikian WiFi bisa lebih aman dari pengguna asing, koneksinya terjaga, serta hemat bandwidth.