Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

Papan ketik (Keyboard) adalah alat untuk mengetik yang dapat muncul pada layar sesuai dengan keinginan pengguna. Ketika adanya kerusakan, ada juga cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi secara normal dengan penanganan mudah. Laptop akan kehilangan fungsinya sebagai alat yang mudah digunakan untuk menyelesaikan tugas karena kerusakan yang terjadi.

Penggunaan dengan waktu yang cukup lama tanpa henti dan juga kurangnya perawatan hanya akan membuat error dan rusak. Ketika kerusakan terjadi membuat pengguna kesal dan resah. Dua penyebab ini bisa diatasi dengan mengetahui cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi pada laptop, berikut ini:

1. Pengecekan Dasar Num Lock

Pertama-tama pengguna dapat melakukan pengecekan dasar yaitu dengan melakukan pengecekan num lock. Ketika pengguna mengaktifkan numlock, maka kata kunci huruf tidak dapat digunakan. Numlock yang aktif biasanya karena pengguna ingin menggunakan komputer hanya untuk memasukkan angka saja.

Baca Juga »  Ingin Mengurangi Ukuran Video? Gunakan 7 Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi Ini

Untuk menonaktifkan numlock yang mengganggu kinerja papan ketik seperti biasanya dapat melakukan cara ini. Tekan tombol Fn dalam waktu bersamaan dengan tombol NumLock. Maka otomatis dinonaktifkan dan dapat berfungsi seperti biasanya.

2. Mulai Ulang Laptop

Keyboard yang error dapat diperbaiki dengan memulai ulang komputer sehingga dapat kembali berfungsi dengan baik. Hal ini dapat dilakukan ketika cara pertama sudah dilakukan namun tidak kunjung baik.

Menyalakan ulang komputer dapat memperbaiki semua kesalahan yang sedang terjadi sehingga dapat dipulihkan. Salah satunya papan ketik yang sedang error dapat kembali normal ketika laptop atau komputer diaktifkan kembali.

3. Membersihkan dengan Rutin

Memberikan perawatan terbaik dengan rutin membuat kerusakan barang terjadi sangat minim. Ini merupakan cara mengatasi keyboard yang tidak berfungsi dengan normal. Pengguna seringkali melakukan pekerjaan dengan melakukan sambilan yaitu ngemil sehingga percikkan makanan dapat masuk pada rongga-rongga keyboard. Selain itu, bisa saja peletakan yang sembarangan sehingga mudah dimasuki oleh debu.

Baca Juga »  Cara Merubah Pesan Suara Menjadi Teks di Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

Kondisi laptop yang tidak bersih akan menjadi pengaruh besar untuk munculnya suatu masalah seperti eror dan tidak berfungsi. Pengguna dapat membersihkan keyboard dengan memiringkannya atau menggunakan selotip sehingga bisa mengangkat kotoran yang terselip.

4. Melepaskan Baterai Pada Laptop

Untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada keyboard perlu untuk melepaskannya. Pertama-tama pengguna dapat mematikan laptop tersebut dan menunggu beberapa menit untuk mencabut baterai. Selanjutnya pengguna dapat menekan tombol power hingga laptop hidup kembali.

Cara ini akan berhasil jika tidak mengalami kerusakan parah pada bagian tertentu. Baterai menjadi peran penting ketika laptop sedang error atau komponennya yang tidak berfungsi. Pengguna dapat melakukan langkah selanjutnya jika keyboard tidak kunjung baik dan terus error.

Baca Juga »  Cara Merubah Facebook Pribadi Menjadi Bisnis dengan Mudah

5. Menggantinya Dengan Yang Baru

Kondisi keyboard yang tidak tertolong lagi membuat pemilik resah sehingga mengharuskan untuk menggantinya. Cara ini dapat dilakukan ketika langkah lainnya tidak memulihkan fungsi komponen laptop tersebut. Kerusakan yang parah akan membuat cara lainnya tidak berpengaruh sehingga mengharuskan pengguna membeli penggantinya yang baru.

Pengguna dapat membeli keyboard yang sama persis dengan sebelumnya dan mulai merawatnya agar tidak mengalami kerusakan lagi. Tanpa adanya papan ketik akan sulit digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang mengharuskan memberikan kata kunci huruf dan angka.

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi secara tiba-tiba agar kembali seperti keadaan semula. Error yang terjadi akan mempengaruhi pekerjaan penggunaan numerik dan abjad, namun dapat diatasi dengan mengikuti cara di atas. Pastikan pengguna selalu merawat agar kerusakan tidak terjadi lagi di masa depan. Sangat membuang waktu ketika laptop harus berada di tempat service.

Leave a Reply

Your email address will not be published.