Cara Membuka Link Google Drive yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error dan Alasannya !

Cara Membuka Link Google Drive yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error dan Alasannya !

Keberadaan Google Drive sebagai penyimpanan awan bisa menjadi sarana mudah untuk berbagi file antar sesama pengguna. Akan tetapi tidak jarang pengguna mengalami masalah saat membuka link Google Drive tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut ini akan dibahas cara membuka link google drive yang tidak bisa dibuka atau error.

1. Membuka Pada Akun Yang Sesuai

Saat hendak membuka link Google Drive, diharapkan pengguna telah mengecek bahwa akun yang digunakan telah sesuai. Terlebih apabila pada perangkat pengguna ada beberapa akun Gmail yang terpasang. Pasalnya, beberapa orang yang membagikan link Google Drive mereka,  sebelumnya telah memasukkan mana daftar akun yang diperbolehkan untuk mengakses link tersebut.

Jadi, ketika pengguna tidak menggunakan akun yang sesuai, sudah dipastikan link tidak bisa dibuka. Ini menjadi poin penting yang harus diingat.

Baca Juga »  Begini Cara Merubah Lokasi GPS di HP dengan Aplikasi Fake GPS

2. Bersihkan Data Aplikasi, Bisa Jadi Terlalu Penuh

Menjadi salah satu cara membuka selanjutnya adalah dengan menghapus berbagai data yang sudah tidak berguna atau data sampah pada aplikasi Google Drive.  Pasalnya banyaknya  cache yang menumpuk akan mengganggu kinerja aplikasi. Terlebih hal ini terjadi sering terjadi pada para pengguna di Android.

Lalu bagaimana cara menghapusnya? pengguna bisa masuk bagian pengaturan HP, kemudian pilih aplikasi. Untuk itu pilih Google Drive kemudian tinggal hapus data dan cache.  Setelah itu, pengguna bisa coba kembali pada akun Google Drive dan membuka link yang tadi tidak bisa diakses.

3. Melakukan Update Google Drive

Usahakan selalu melakukan update pada aplikasi yang digunakan. Salah satu tujuan update ini tidak hanya memperbaharui berbagai fitur, namun juga mempermudah aplikasi dalam memproses data. Oleh karena itu, melakukan update ini bisa menjadi cara agar Google Drive yang tidak bisa terbuka bisa kembali normal.

Baca Juga »  Download Dan Install Aplikasi Kamera Tembvs P4ndan9 Untuk Androidmu

Untuk itu, pengguna bisa masuk playstore. Kemudian memilih icon Google Drive dan klik bagian update. Untuk update sendiri membutuhkan beberapa beberapa saat hingga proses selesai. Pastikan internet dan penyimpanan cukup ya.

4. Memastikan Bahwa Pengguna Memiliki Izin Mengakses File

Kebanyakan orang tidak memperhatikan masalah yang menjadi link Google Drive tidak bisa diakses yang satu ini. Link Google Drive yang hendak dibuka harus mempunyai izin dari pemilik sebelumnya. Jadi, apabila pengguna belum memiliki izin aksesnya  bisa segera menghubungi pemiliknya agar akun email pengguna bisa dimasukkan sebagai salah satu akun yang mampu mengakses file tersebut.

Salah satu ciri jika link tersebut belum memiliki izin akses adalah saat pengguna sudah merasa bahwa link benar. Namun, saat proses membukanya akan tertulis “file tidak ditemukan”. Bisa jadi hal tersebut adalah akibat pada link yang diakses tersebut belum diizinkan oleh pemiliknya.

Baca Juga »  Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

5. Akun Google Drive Mengalami Limit Akses

Akun yang terlalu banyak mengunduh file disatu hari penuh tentunya akan mengalami limit akses. Oleh karena itu sebenarnya pengguna bisa mengakses atau mendownload dilain hari. Namun, jika file tersebut harus segera dibuka maka bisa lakukan cara berikut.

Pertama masuk akun Google Drive, kemudian copy id google dan hapus bagian lain hingga yang tersisa tulisan drive.google.com. Kemudian menambahkan /file/d/idgoogledrive dan lakukan enter pada link tersebut. Lalu klik add to my drive dan otomatis file dalam link tadi akan tersimpan pada pada akun Google Drive pengguna.

Demikian itu beberapa cara membuka link google drive yang tidak bisa dibuka atau error serta alasannya. Diharapkan dengan pengguna mengetahui alasan tersebut, saat pengguna mengalami hal serupa tidak lagi panik. Dan tentunya bisa mengatasi permasalahan tersebut sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.