Cara Membuka Hp yang Lupa Kata Sandinya dengan Mudah dan Aman

Cara Membuka Hp yang Lupa Kata Sandinya dengan Mudah dan Aman

Hp tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi merupakan salah satu masalah besar yang sering sekali dialami oleh para pengguna. Hal ini tentu saja memicu kepanikan. Apalagi bila pengguna tidak mengetahui cara membuka hp yang lupa kata sandinya, kepanikan pasti akan bertambah parah.

Padahal, ada beberapa cara mudah yang dapat membantu masalah ini. Apa sajakah cara-cara itu? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini :

1. Mengganti Kata Sandi Melalui Find My device

Alih-alih mengingat-ingat kata sandi lama, masalah ini dapat diatasi dengan membuat kata sandi baru, salah satunya dengan melalui laman Find My Device. Pertama, kunjungi layanan Find My Device di Google melalui komputer ataupun laptop. Setelah itu, pilih akun Google yang tersambung pada hp tersebut, lalu pilih menu lock.

Selanjutnya, buat kata sandi baru untuk mengunci. Nah, setelah itu, kata sandi lama di hp akan tertimpa oleh kata sandi yang baru saja dibuat. Mudah, bukan? Akan tetapi, layanan Find My Device ini hanya dapat dipergunakan pada Android dengan versi minimal 2.3.

Baca Juga »  Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Secara Online, Mudah dan Tidak Butuh Banyak Waktu

2. Melalui Google

Untuk hp Android yang versinya sudah berada di atas 4.4 atau di atasnya lagi, masalah lupa kata sandi ini dapat diatasi dengan hanya mengandalkan akun Google. Caranya, cobalah untuk masukkan kata sandi salah sebanyak lima kali hingga tidak dapat mencoba lagi. Kemudian akan muncul opsi berupa tulisan “lupa pola” di bagian bawah.

Tekan opsi “lupa pola” tersebut dan pilih opsi untuk masuk ke akun Google yang sudah tersambung dengan hp. Setelah permohonan untuk dapat masuk ke perangkat divalidasi oleh Google, buat kata sandi baru yang lebih mudah dihafalkan untuk membuka kunci layar hp. Terakhir, coba buka kembali hp tersebut dengan kata sandi yang baru saja dibuat tersebut.

3. Smart Lock

Cara untuk membuka kunci layar yang satu ini hanya dapat diterapkan di hp Android dengan versi minimal 5.0. Dalam kondisi tertentu, pengguna Android dengan versi minimal 5.0 dapat membuka kata sandi secara otomatis. Misalnya, Smart Lock dapat membuka kunci layar hp otomatis apabila tersambung di wifi rumah yang tentu telah disetting sebelumnya.

Baca Juga »  5 Cara Membuka File RAR di Laptop

4. Menggunakan ADB

Cara ini merupakan salah satu cara membuka HP yang lupa kata sandinya dengan aman. Sebab data yang tersimpan di dalam hp tidak akan hilang selama prosesnya. Pertama-tama, tancapkan kabel data untuk menyambungkan hp dengan perangkat laptop ataupun komputer. Kemudian, masuk ke bagian direktori instalasi ADB.

Setelah berhasil masuk, masukkan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key di sana. Tekan tombol enter dan lepas sambungan antara hp dengan perangkat tersebut.

Reboot hp dan tunggu hingga layar menyala kembali. Ketika menyala, hp akan dapat dibuka tanpa perlu memasukkan kata sandi tetapi hanya untuk sementara. Segera ganti kata sandi lama dengan kata sandi baru yang lebih mudah diingat di pengaturan.

5. Melalui Layanan Samsung Find My Mobile

Beruntunglah para pengguna Samsung karena disana tersedia layanan yang dapat membantu penggunanya ketika terjadi masalah lupa kata sandi. Selain sangat mudah cara penggunaannya, tentu saja cara ini aman sebab layanan disediakan langsung oleh pihak Samsung.

Baca Juga »  Ini Dia 5 Cara Membuka File XML

Pertama, kunjungi laman Find My Mobile di browser manapun baik melalui laptop maupun komputer. Kemudian, masukkan akun Samsung pengguna yang sesuai dengan hp tersebut atau segera mendaftar apabila belum mempunyai.

Di sisi kiri, akan ada opsi Lock My Screen. Tekan opsi tersebut. Terakhir, buat kata sandi baru di halaman tersebut lalu tekan opsi lock. Setelahnya, kunci layar pada hp Samsung dapat dibuka dengan menggunakan kata sandi yang baru saja dibuat, tidak perlu mengingat-ingat kembali kata sandi lama.

Itulah 5 cara membuka hp yang lupa kata sandinya dengan beberapa langkah mudah dan tentu saja terjamin keamanannya. Apabila tidak satupun cara berhasil mengatasi masalah tersebut, terpaksa harus dilakukan Factory Reset yang tentu dapat membahayakan data yang tersimpan di perangkat. Sekian, semoga dapat bermanfaat.