Cara Membuka Blokiran Wifi di Android yang Sudah Diroot

Cara Membuka Blokiran Wifi di Android yang Sudah Diroot

Di masa sekarang ini, wifi menjadi hal yang sangat penting di kalangan masyarakat. Namun, bagaimana jika perangkat Android yang digunakan tidak dapat tersambung ke wifi? Ya, mungkin saja perangkat Android tersebut telah diblokir oleh pemilik wifi. Lalu, bagaimana cara membuka blokiran wifi tersebut?

Ya, ada beberapa cara yang dapat digunakan pada perangkat Android. Tentu saja cara-cara ini tidak terlepas dari bantuan aplikasi tambahan. Pada ulasan ini akan dibahas 2 cara yang dapat digunakan pada Android yang sudah di root. Jadi, apabila perangkat Android yang akan digunakan belum di root, rootlah Android itu dahulu.

Membuka Blokiran Wifi Menggunakan Aplikasi ChameleMac

Aplikasi ChameleMac merupakan aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store. Akan tetapi, apabila aplikasi tersebut tidak dapat diunduh, berarti perangkat Android yang sedang digunakan merupakan Android dengan versi yang terlalu tua. Atau mungkin sudah saatnya Google Play pada perangkat Android tersebut melakukan pembaruan.

Baca Juga »  Intip Cara Mengatasi Wifi First Media Lemot. 100_ Work!

Cara membuka blokiran wifi menggunakan bantuan ChameleMac cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, unduh aplikasi ini dahulu. Setelah itu, buka aplikasi dan apabila muncul permohonan untuk mengakses root, tekan saja opsi allow atau grant.

Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan alamat MAC dari perangkat yang asli. Pastikan untuk mengingat alamat tersebut entah dengan menulisnya atau mengambil tangkapan layar. Lalu, ubah alamat tersebut. Gunakan fitur Generate Random Mac supaya lebih mudah.

Setelah alamat baru muncul, tekan Apply Mew Mac. Terakhir tekan Change apabila muncul permintaan untuk mengonfirmasi.

Membuka Blokiran Wifi Menggunakan BusyBox dan Terminal Emulator for Android

Cara yang kedua ini mungkin akan sedikit lebih rumit dari cara sebelumnya. Namun tidak perlu khawatir, apabila melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan, semuanya akan berjalan dengan mudah. Baik, langsung saja, simak langkah-langkahnya di ulasan berikut ini :

Baca Juga »  5 Cara Merubah Ukuran Foto menjadi 200kb di Android dengan atau Tanpa Aplikasi

1. Unduh BusyBox dan Terminal Emulator for Android

Sebelum mulai melangkah, pastikan dulu bahwa sudah terpasang dua aplikasi ini pada perangkat Android yang akan digunakan. Kedua aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah di Google Play Store. Pastikan Google Play Store sudah diaktifkan supaya tidak ada kendala dalam proses mengunduh.

Tunggu saja proses mengunduhnya hingga selesai. Jika sudah, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Ingat Alamat IP dan Alamat MAC Asli

Sebelum mengubah alamat tersebut, sebaiknya ingat baik-baik alamat tersebut untuk berjaga-jaga. Untuk dapat melihat alamat tersebut, pertama-tama bukalah pengaturan atau settings. Kemudian pilih menu wifi dan pilih lagi menu pengaturan lanjut atau advanced setting. Nah, geser layar ke atas dan kedua alamat tersebut akan terlihat di sana.

Catatlah alamat tersebut atau lakukan tangkapan layar untuk mengingatnya. Pastikan catatan atau tangkapan layar tidak hilang supaya dapat diingat.

3. Ketik Kode Perintah di Terminal Emulator

Setelah membuka aplikasi Terminal Emulator, akan muncul halaman dimana pengguna dapat memberikan perintah di sana. Pertama-tama ketikkan perintah $ su pada halaman tersebut. Selanjutnya pilih opsi allow apabila muncul permohonan untuk mengakses root.

Baca Juga »  5 Cara Mengatasi Play Store Kesalahan Server Tanpa Ribet

Berikutnya, masukkan lagi kode perintah. Ketik $ busybox iplink show eth0dan tekan enter untuk melanjutkan. Apabila yang muncul di sana malah tulisan can’t find device, ganti kode perintah menjadi $ busybox iplink show wlan0.

4. Ubah Alamat MAC

Alamat MAC asli akan muncul setelah kode perintah tersebut dikirim. Untuk mengubah alamat tersebut, kirimkan lagi kode perintah. Ketik $ busybox ifconfig eth0 hw ether [Alamat Mac baru sesuai keinginan]. Tekan enter dan alamat MAC akan berubah sesuai dengan keinginan. Untuk membuat alamat baru, jadikan alamat asli sebagai acuan.

5. Periksa

Masukkan kembali kode perintah $ busybox iplink show eth0atau $ busybox iplink show wlan0 untuk memeriksa apakah alamat MAC sudah diubah atau belum. Jika sudah berubah, berarti proses selesai sampai di sini.

Itulah dua cara membuka blokiran wifi yang dapat diterapkan pada Android yang sudah di root. Dengan mengubah alamat MAC, perangkat akan dapat tersambung kembali dengan wifi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.