Cara Membuka Blokir Wifi di Android Dengan Mengganti Mac Address

Cara Membuka Blokir Wifi di Android Dengan Mengganti Mac Address

Wifi termasuk perangkat penghubung internet yang sangat dibutuhkan seseorang. Hal tersebut dikarenakan aksesnya yang cepat dan tidak terbatas. Hanya saja terkadang akses Wifi dibatasi dan pemilik WIfi memblokir perangkat yang terhubung. Jika perangkat diblokir jangan khawatir ada cara membuka blokir Wifi di Android yang mudah dilakukan melalui Mac Address.

Pemilik Wifi kebanyakan membatasi akses koneksi Wifi agar tidak tersebar luas dan dipakai secara berlebihan. Dengan menggunakan Mac Addres maka bisa membuka akses Wifi yang terblokir tapi sifatnya tidak permanen. Bagi pengguna Android yang ingin membuka blokir Wifi, Inilah cara mudah membuka aksesnya:

Mengubah ID Mac Address Tanpa Root

Cara pintar yang bisa digunakan untuk membuka blokir Wifi di Android adalah dengan mengubah ID. Mengubah nama ID dapat dilakukan tanpa menggunakan root. Sebelum mengubah ID yang baru, catat Mac Address lama untuk dokumentasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Berikut cara ubah Mac Address tanpa root supaya bisa akses Wifi.

  • MTK Engineering Mode
Baca Juga »  Cara Membuka Akun Fb yang Sudah Ditutup Permanen dengan Banding

Aplikasi yang dapat digunakan bernama MTK Engineering Mode. Unduh terlebih dahulu melalui Playstore tanpa bayar. Kalau aplikasi ini telah terpasang di perangkat Android, selanjutnya buka aplikasinya dan temukan MTK Settings, klik. Kemudian pilih Connectivity dan klik opsi NVRAM. Buka Byte String Access dan silahkan mengganti Mac Address yang disesuaikan dengan keinginan.

  • VPN Thunder

Aplikasi VPN Thunder berfungsi mengalihkan Mac Address Indonesia menjadi Mac Address negara lain. Setelah VPN Thunder dibuka, muncul loading teks Checking Network Setting. Tunggu hingga loading selesai dan muncul The Connection is Ready. Klik menu Connect hingga statusnya berubah Connected. VPN yang sudah aktif siap digunakan untuk menghubungkan Wifi yang diblokir.

Baca Juga »  Paling Ampuh! 7 Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Mengubah Mac Address Dengan Menggunakan Root

Selain tanpa root, cara membuka blokir Wifi di Android dengan ubah Mac Address menggunakan root hp lebih dahulu. Inilah beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk dapat ubah Mac Address Wifi tanpa root di android. Simak ulasannya di bawah ini:

  • ChameleMac

Seperti aplikasi sebelumnya, ChameleMac juga tersedia di Playstore dan bisa diunduh secara gratis. Ketika aplikasi ini terbuka, secara otomatis Mac Address yang aslinya akan terlihat. Catat dan ingat ID yang asli tersebut. Selanjutnya, ubah ID pada menu Generate Random Mac disesuaikan dengan keinginan. Setelah muncul ID yang baru, tap Apply New Mac dan lalu klik saja Change Address.

  • BusyBox

Download aplikasi BusyBox melalui Playstore. BusyBox bisa didapatkan jika perangkat smartphone sudah di root. Setelah BusyBox diunduh, download aplikasi pendukung lain yaitu Terminal Emulator untuk menjalankan command berbentuk teks di perangkat Android. Setelah dua aplikasi tersebut terpasang, lakukan cara berikut ini:

    1. Buka aplikasinya;
    2. Ketik kata su di halaman yang sudah disediakan, tekan enter;
    3. Selanjutnya akan tampak tab pertanyaan, pilih Allow untuk menyetujui;
    4. Ketikkan busybox iplink show eth0, lalu tap enter;
    5. Apabila muncul kalimat “can’t find device”, ubah kata eth0 menjadi wlan0, klik enter;
    6. Selanjutnya, Mac Address yang asli akan tampak dan ubah sesuai keinginan;
    7. Ketik busybox ifconfig eth0 hw ether (mac address yang sesuai keinginan);
  • Selesai.
Baca Juga »  5 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Acer yang Mudah Dilakukan

Demikian informasi mengenai cara membuka blokir Wifi di Android dengan mengubah Mac Address. Pengguna bisa mengubah Mac Address dengan melakukan root atau tanpa root dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah mencoba cara-cara di atas, cek dan pastikan Wifi yang di blokir sudah bisa dihubungkan kembali pada perangkat Android.