Cara Mengetahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Cara Mengetahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

AC mobil yang mati bisa bikin bete, apalagi saat berkendara jauh dalam cuaca panas. Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin biasanya karena kebocoran atau masalah kompresor. Namun, untuk mengetahui penyebabnya secara pasti harus dicari tahu terlebih dahulu. Untuk menemukan masalah seperti ini, tidak perlu harus pergi ke bengkel. Ikuti panduan berikut ini!

Mendiagnosa Masalah AC Mobil

Jika AC sudah disetel ke suhu dingin maksimal dan kipas menyala maksimal tetapi AC tetap tidak mau dingin. Atau hanya meniupkan udara saja, coba periksa permasalahannya dengan cara ini:

  • Periksa apakah kipas pendingin pada kondensor atau radiator bekerja saat AC menyala.
  • Periksa dengan seksama jika ada yang menghalangi, seperti daun, serangga, atau kotoran yang akan menyumbat udara melewati kondensor.
  • Periksa cabin air filter untuk memastikan tidak tersumbat.
  • Jika semua sudah diperiksa, langkah selanjutnya adalah selalu memeriksa tekanan dalam sistem menggunakan alat pengukur manifold.
  • Tekanan sisi tinggi dan sisi rendah yang direkomendasikan dapat ditemukan di manual perbaikan kendaraan, jika tidak ada bisa dicari secara online.
  • Setelah pengukur dipasang, lanjutkan dengan mengamati kompresor AC itu sendiri
Baca Juga »  Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC serta Keunggulan Lampu LED

Jika semua sudah diperiksa dan tidak ada masalah, maka lanjutkan untuk melakukan pemeriksaan pada kompresornya.

Memeriksa Kompresor

Untuk mengetahui penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin, cara termudah adalah memulai dari kompresor. Tanda yang paling mudah dikenali adalah saat menyalakan AC akan terdengar suara kasar dan ketika dimatikan suaranya berhenti. Untuk melakukan pemeriksaan lebih lengkap ikuti cara di bawah ini:

  • Pertama nyalakan mesin mobil, hidupkan AC pada suhu maksimal, setel kipas tinggi, dan pastikan kopling terpasang pada kompresor.
  • Jika kopling tidak terhubung dan refrigerant masih berfungsi, gunakan voltmeter untuk memeriksa tegangan yang masuk ke kompresor.
  • Gunakan voltmeter untuk memeriksa tegangan yang masuk ke kompresor..
  • Jika ada tegangan kemungkinan permasalahan ada pada kopling.
Baca Juga »  Cara Mengemudi Mobil Manual yang Baik Untuk Pemula, Dijamin Cepat Mahir!

Masalah Kebocoran AC

Kebocoran adalah masalah paling umum yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Untuk mengetahui masalah ini ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Magnetic switch berjalan dengan normal.
  • Untuk mengetahui berfungsi atau tidaknya Magnetic switch, kenali dengan suara ketukan di kompresor. Biasanya saat AC dinyalakan akan terdengar suara seperti ketukan halus pada kompresor. Jika terdengar suara kasar, maka dipastikan ada masalah dengan kompresor.
  • Cek dari lobang AC untuk memastikan blower dalam keadaan normal.
  • Periksa di ruang mesin untuk melihat apakah kipas berfungsi.
  • Periksa secara menyeluruh pada bagian saluran sistem AC, jika memang ada kebocoran freon akan terlihat dengan adanya rembesan di sekitar bagian selang.
  • Menggunakan alat deteksi kebocoran AC sebagai cara termudah untuk menemukan kebocoran, alat yang biasanya dipakai bernama Manifold AC tester
  • Jika saat mesin dinyalakan dan jarum indikator pada Manifold tidak bergerak, maka ada kerusakan pada kompresor
Baca Juga »  5 Jenis Oli Diesel Terbaik yang Bisa Digunakan pada Mesin Diesel

Cara lain untuk mengetahui kebocoran pada AC adalah dengan tekanan udara. Cara ini memang lebih ribet karena perlu membongkar di bagian sistem AC-nya. Untuk mengetahui kebocoran yang ada di selang, rendam selangnya di air.

Lalu semprotkan angin dengan tekanan tinggi dari salah satu lobang dan tutuplah lobang yang satu lagi. Jika memang ada kebocoran akan muncul gelombang udara di permukaannya.

Sebelum pergi ke bengkel, tidak ada salahnya melakukan panduan yang disebutkan di atas.  Jika dengan pemeriksaan sendiri penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin dapat diatasi, maka akan lebih menghemat uang biaya perawatan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.