Cara Mengemudi Mobil Manual yang Baik Untuk Pemula, Dijamin Cepat Mahir!

Cara Mengemudi Mobil Manual yang Baik Untuk Pemula, Dijamin Cepat Mahir!

Banyak yang beranggapan bahwa mobil manual sulit untuk dikendarai, padahal cukup gampang bila sudah tahu caranya. Bila memang ingin mengemudikan mobil manual, maka ada baiknya untuk melihat cara-caranya dibawah ini. Berikut cara mengemudi mobil manual yang baik untuk pemula, dijamin akan cepat bisa:

1. Mengenal Fitur Dalam Mobil

Sebelum mengemudikan mobil manual, ada baiknya untuk mengenal fitur dan fungsi dalam mobil. Bagi pengemudi pemula penting untuk mengetahui letak pedal kopling, rem, dan gas. Penting juga untuk mengetahui fungsi-fungsi dari gigi, serta fungsi rem tangan. Itulah beberapa fitur penting yang harus diingat.

Jangan lupa juga untuk mempelajari fitur sein, wiper, serta lampu. Keseluruhan fitur ini yang akan membantu pengemudi tetap selamat, saat mengendarai mobil manual.

Baca Juga »  Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC serta Keunggulan Lampu LED

2. Mulai Menyalakan Mesin

Tahap selanjutnya ialah mulai menyalakan mesin mobil. Kelihatannya biasa saja memang, namun banyak pemula yang salah saat melakukannya. Untuk menyalakan mesin mobil manual, gigi harus dalam keadaan netral. Jika gigi sudah dalam netral, barulah memutar kunci agar mesin mobil bisa menyala.

Saat proses menyalakan ini, tidak perlu menginjak pedal apapun. Hal terpenting hanyalah memastikan gigi netral, agar mobil tidak berjalan atau loncat saat dinyalakan.

3. Mulai Jalankan Mobil

Mulai menjalankan mobil merupakan cara mengemudi mobil manual paling sulit, sebab harus bisa menyeimbangkan gas, kopling, serta gigi. Untuk mulai menjalankan mobil, pindahkan gigi dari netral ke gigi 1 sambil menginjak kopling. Jika sudah berpindah gigi, lepaskan kopling perlahan dan mulai injak gas dengan pelan.

Intinya ingat bahwa setiap mau memindahkan gigi, harus menginjak kopling. Jangan sampai menginjak kopling dan gas secara bersamaan, sebab mobil tidak akan jalan bahkan mati. Rajinlah untuk latihan mengendalikan gas dan kopling, agar mobil berjalan mulus tanpa tersendat.

Baca Juga »  Apa Saja Merek Lampu LED Motor yang Bagus_ Ini Daftarnya!

4. Melakukan Pergantian Gigi

Pastinya pengemudi mobil manual pemula akan bingung, mengenai waktu pergantian gigi. Mudahnya ingat saja bahwa semakin cepat mobil, maka gigi harus dinaikkan. Saat mengganti gigi ini, jangan lupa untuk menekan kopling dan melepas gas sebentar. Usahakan untuk melakukan pergantian menginjak pedal lebih cepat, agar kecepatan tidak turun drastis.

Perlu diperhatikan pemula agar tidak mengganti gigi berbarengan dengan saat menginjak kopling, sebab bisa membuat roda gigi terbentur. Jadi tekan dahulu pedal kopling, baru setelahnya mengganti gigi.

5. Kendalikan Kemudi

Jika sudah bisa mengendalikan pedal dan gigi, selanjutnya ialah bisa mengendalikan kemudi atau setir. Meski jalanan lurus, bukan berarti kemudi bisa dibiarkan saja, tetap harus dikendalikan sambil berkonsentrasi. Latihlah kemampuan memegang setir saat di tikungan, dan saat akan mendahului kendaraan lain.

Baca Juga »  Merk Carbon Cleaner Mobil yang Bagus- Wajib Tahu Bagi Pemilik Mobil

Pengendalian kemudi juga sangat penting untuk menghindari lubang, atau hal tidak terduga di jalan. Intinya selalu konsentrasi, serta memegang penuh kemudi mobil saat berkendara.

6. Jangan Lupa Rem dan Jagalah Konsentrasi

Terakhir ialah cara mengemudi mobil manual yang tak kalah penting, yakni memperhatikan rem serta berkonsentrasi. Pengemudi pemula sering panik atau terlalu mendadak saat menginjak rem. Hal tersebut sangat berbahaya, sebab bisa menyebabkan kecelakaan beruntun. Ada baiknya untuk menginjak rem perlahan, sambil memperhatikan kecepatan.

Jika mobil sudah terlalu cepat, injak perlahan pedal rem guna mengurangi kecepatan. Jangan lupa memakai rem tangan jika sedang berhenti, agar mobil tidak bergerak maju atau mundur.

Sangat gampang bukan mengemudikan mobil manual? Mungkin awalnya memang sulit, namun dengan mengikuti cara mengemudi mobil manual diatas dan latihan, pasti akan mahir akhirnya. Latihan mengemudi mobil manual usahakan di tempat sepi, agar tidak mengganggu pemakai jalan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.