Bingung Membuka File Rar Tenang Dua Cara Membuka File Rar di Android Ini Solusinya

Bingung Membuka File Rar? Tenang Dua Cara Membuka File Rar di Android Ini Solusinya

Setiap berkas memiliki format penyimpanan yang berbeda, tergantung bagaimana berkas tersebut digunakan. Dalam penyimpanan dokumen, terdapat format seperti zip dan rar, yang tidak bisa dibuka begitu saja. Cara membuka file rar di Android dengan tools pendukung, baik yang sudah tersedia maupun hasil unduh.

Berkas dengan ekstensi rar memiliki hasil output yang lebih sedikit dibandingkan dengan berkas dengan ekstensi zip. Hal tersebut menjadikan berkas dengan ekstensi rar lebih baik. Output yang dihasilkan oleh rar juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjalankan pemadatan berkas, karena itu hasilnya pun menjadikannya lebih baik. Berikut cara untuk membuka berkas ekstensi rar dengan memakai Android :

Menggunakan Aplikasi Unduh

Aplikasi unduh banyak tersedia di Google Play Store yang dapat memudahkan penggunanya. Aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan baik oleh pemula, maupun pengguna yang telah terbiasa membuka berkas rar. Berikut adalah aplikasi tersebut:

1. ES File Explorer File Manager

Sebuah aplikasi unduh terbaik yang mampu dijalankan untuk melihat berkas dengan ekstensi rar ataupun zip. Mampu dipakai untuk menyimpan serta mengekstrak berkas dengan ekstensi rar serta mengelola berkas lainnya dengan ekstensi sejenisnya. Merupakan aplikasi yang dibuat oleh ES Global dan sudah 300 juta lebih unduhan pada Google Playstore oleh pemakai Android. ES File Explorer pun menjadi aplikasi pengelolaan berkas yang cukup populer dan bisa diunduh secara gratis.

2. RAR

RARLAB telah meluncurkan aplikasi untuk mengelola berkas ekstensi rar dengan nama yang serupa, yakni RAR. Salah satu cara membuka file rar di Android bisa dengan pertolongan aplikasi dari RARLAB ini. Download terlebih dahulu pada Google Playstore. Kemudian ikuti langkah di aplikasi, karena aplikasi tersebut terbilang mudah untuk digunakan meskipun oleh pemula.

Baca Juga »  Tak Perlu Risau, Ini Cara Membuka Akun Grab yang Dibekukan Paling Mudah

3. AndroZip

Meskipun aplikasi tersebut bernama AndroZip, aplikasi ini tetap bisa melakukan pengelolaan berkas dengan ekstensi rar. Aplikasi ini juga termasuk yang populer di Google Play Store, karena sudah banyak di-download oleh pengguna Android. Cara menjalankan aplikasi tersebut hampir sama dengan aplikasi RAR. Aplikasi ini termasuk mudah bagi pengguna pemula.

Menggunakan Aplikasi Yang Tersedia

Beberapa jenis Android memiliki aplikasi bawaan yang dapat memudahkan pemakainya. Salah satunya aplikasi pengelolaan berkas ekstensi rar maupun zip. Namun, tidak semua jenis maupun brand Android menerapkan aplikasi pengelolaan berkas, jadi pengguna harus tetap mengunduhnya. Jika smartphone telah dilengkapi aplikasi pengelola berkas rar, maka cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Berkas

Pengguna bisa memilih berkas dengan format rar yang akan diekstrak maupun dikelola. Pilih dengan cara tap beberapa saat sampai muncul kotak untuk diberi tanda ceklis, tanda ceklis tersebut berarti pengguna memilih berkas tersebut.

2. Pilih Unzip

Setelah berkas berhasil dipilih dan terdapat ceklis di kotak, tap titik tiga yang merupakan opsi lainnya, tersedia pada pojok kanan bawah. Tap sampai tampil menu pilihan unzip, lalu memilih menu unzip.

3. Nama Berkas

Selanjutnya pengguna dapat memberi nama di berkas yang perlu disimpan. Kemudian pengguna bisa memilih tempat penyimpanan berkas, bisa di dalam maupun di luar folder.

4. Berkas Berhasil

Berkas akan berhasil dikompres serta disimpan pada tempat yang telah dipilih sebelumnya. Cara tersebut juga berlaku untuk berkas dengan ekstensi rar.

Membuat berkas dengan ekstensi rar dapat memudahkan pengguna jika kemungkinan akan melakukan beberapa kali pemindahan data. Beberapa cara membuka file rar di Android pun bisa dijalankan dengan gampang oleh pemula memakai bantuan aplikasi bawaan di ponsel maupun aplikasi unduh yang terdapat di Google Play Store. Namun, untuk lebih leluasa dalam pengelolaan data, sebaiknya pengguna memakai aplikasi unduhan dari Google Play Store.

Baca Juga »  Anti Lemot! Inilah Cara Menggunakan Anonytun Internet Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *