Kenali Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca

Kenali Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca

Memory card atau dikenal sebagai Kartu SD adalah penyimpanan eksternal yang digunakan untuk ponsel atau kamera. Artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi memory card tidak terbaca atau damage yang sering membuat panik pengguna ponsel. Untuk mengetahui cara mengatasinya, tentu saja harus terlebih dahulu mengetahui masalah yang terjadi dalam memory card.

Penyebab Kartu Memori Rusak

Kartu memori adalah sebuah alat penyimpanan eksternal berupa data digital, suara digital, dan video digital. Jenis kartu memori biasanya berdasarkan besarnya muatan yang dapat dimuat di dalam kartu memori tersebut. Yuk simak masalah penyebab kerusakan memori dibawah ini:

1. Memori Rusak Secara Fisik

Ketika fisik dari kartu memori mengalami kerusakan seperti lecet, patah, ataupun retak akan mempengaruhi kerja memory card. Memory card bisa saja mengalami error atau tidak terbaca ketika dipindai di handphone.

Penyebab kartu memori mengalami kerusakan juga beragam yaitu tertekan, bergesekan dengan benda keras, atau mungkin tercuci ketika dimasukkan ke dalam kantung. Kerusakan ringan seperti seperti lecet mungkin kurang disadari oleh pemilik memory card, oleh karena itu banyak tidak diketahui hingga baru sadar jika memori tidak terbaca.

2. Terdapat File Virus

Ketika mendownload ataupun melakukan transfer file sering kali juga memasukkan virus ke dalam ponsel tanpa disadari oleh pengguna. Virus yang ada dalam ponsel dapat menyebabkan memori tidak bisa dibaca oleh sistem.

Baca Juga »  Inilah Cara Membuka iCloud yang Lupa Password dan Email!

Untuk kasus ini memang sangat sering terjadi. Oleh karena itu, sebagai pengguna harus sangat hati-hati ketika ingin mengunduh file, entah berupa file biasa, audio, ataupun video. Jangan asal menekan segala bentuk tombol yang nampak di dalam situs web.

3. Slot Kartu Memori Rusak

Ketika slot memory card hp rusak atau mungkin kotor, akan menyulitkan sistem untuk memindai isi memori tersebut. Kasus ini dapat disebabkan karena adanya karat pada logam yang terdapat pada slot kartu memori atau mungkin ada yang patah.

4. Sering Pasang dan Copot Kartu Memori

Pasang copot kartu memori biasanya dilakukan tanpa maksud sebenar-benarnya untuk memasang copot kartu memori. Ketika slot kartu memori jadi satu dengan slot kartu sim, maka kartu memori juga akan terlepas ketika ingin mengeluarkan kartu sim.

Kasus ini memang sangat sering terjadi karena banyak pengguna yang membutuhkan untuk berganti kartu sim ketika kuota paket internet habis. Hal ini juga berbahaya karena bisa saja slot kartu memori dan kartu sim rusak atau yang lebih parah lagi dapat menyebabkan slot patah.

Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca

Setelah sebelumnya mengetahui penyebab dari rusaknya memory card hingga tidak bisa terbaca, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi memory card tidak terbaca. Cara-cara yang dapat dilakukan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

1. Bersihkan Kartu Memori Secara Fisik

Jika penyebab tidak dapat dibacanya kartu memori adalah rusaknya atau kotornya memori, maka cara mengatasi yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan kartu memori secara fisik. Pembersihan dilakukan pada lempengan tembaga memory card yang fungsinya adalah sebagai konektor.

Baca Juga »  Cara Membuka Hp yang Lupa Kata Sandinya dengan Mudah dan Aman

2. Format Kartu Memori Melalui HP atau Laptop

Cara paling singkat dan mudah yang dapat dilakukan ketika menghadapi memori yang tidak terbaca adalah dengan melakukan format, baik melalui ponsel ataupun laptop. Yang perlu diketahui sebelum melakukan format adalah bahwa data-data yang telah diformat tidak dapat dikembalikan lagi.

3. Cari File yang Mengandung Virus

Pencarian virus bisa dilakukan dengan menyambungkan memory card dengan laptop. Kemudian melakukan pemindaian virus dengan aplikasi antivirus yang ada pada laptop. Jika virus sudah ditemukan langkah selanjutnya adalah dengan melakukan karantina.

Pemindaian virus juga bisa dilakukan secara langsung melalui ponsel, baik dengan fitur bawaan dari hp ataupun menginstal aplikasi tambahan. Sebaiknya pemindaian virus ini dilakukan secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian adalah cara mengatasi memory card tidak terbaca sekaligus beberapa penyebab yang dapat diaplikasikan oleh pengguna. Kenali dulu penyebab dari masalah yang terjadi, baru kemudian langkah untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *