5 Cara Membuka Akses Google Drive dengan Orang Lain

5 Cara Membuka Akses Google Drive dengan Orang Lain

Terdapat beberapa fitur yang tersedia di Google Drive lho. Fitur unggulan yang membedakan Google Drive ini dengan aplikasi sejenis lainnya adalah kemampuannya untuk diakses dan disunting bersamaan. Berikut ini adalah beberapa cara membuka akses Google Drive yang dapat dilakukan dengan mudah.

Google Drive sendiri merupakan layanan yang disediakan pihak Google untuk mengolah serta menyimpan pekerjaan dari para penggunanya tanpa perlu menghabiskan memori di perangkat keras pengguna. Nah, ini dia cara buka akses pada GDrive:

1. Membuka Akses Google Drive ke Publik

Cara yang dapat dilakukan untuk membuka akses Google Drive ke publik adalah dengan mengatur setting pada Google Drive itu sendiri. Pertama-tama, pilih dokumen yang akan dibuka aksesnya atau buat sebuah dokumen baru. Pada dokumen tersebut, pilih tanda Share berwarna hijau yang terdapat di ujung kanan atas layar.

Ketika ditekan, akan muncul sebuah kotak dialog baru. Melalui kotak dialog tersebut, dapat diatur siapa-siapa saja yang akan memiliki akses terhadap dokumen ini. Pilih bagian Anyone With the Link untuk memastikan dokumen dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki tautan dokumen tersebut. Setelahnya, bagikan tautan tersebut ke orang-orang yang diinginkan.

2. Membuka Akses Google Drive pada Orang Tertentu

Cara membuka akses Google Drive lainnya adalah ketika hanya orang tertentu yang diperbolehkan mengakses dokumen ini. Berbeda dengan sebelumnya yang terbuka secara publik. Untuk melakukannya, klik kanan pada dokumen lalu pilih Share. Bisa pula dengan membuka dokumen yang bersangkutan dan klik tombol Share di ujung kanan atas.

Baca Juga »  Cara Merubah Pesan Suara Menjadi Teks di Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

Sebuah kotak dialog akan muncul. Pada bagian yang bertuliskan Add People and Groups dengan lambang orang diatasnya, masukkan alamat email orang yang hendak dibuka aksesnya. Dengan demikian, orang yang bersangkutan akan menerima notifikasi email berupa tautan untuk membuka dokumen yang bersangkutan. Dokumen ini pun tidak terbuka untuk umum, melainkan hanya untuk orang yang alamat emailnya dimasukkan.

3. Menghilangkan Batas Akses Google Drive

Apabila akses diberikan pada orang-orang tertentu saja, bagi yang tidak berakses takkan mampu memberikan akses dokumen tersebut untuk orang luar. Untuk menghilangkan batas akses ini, pengguna bisa klik kanan dan pilih Share. Lalu pada Under Get Link, pilih setting, lalu klik Public Link. Orang yang sebelumnya dibatasi pun kini dapat membagikan dokumen tersebut pada yang lainnya.

4. Membuka Akses Sunting

Cara membuka akses Google Drive yang telah disebutkan diatas hanyalah sebatas membuka akses dokumen pada orang yang diinginkan. Namun seringkali, orang yang berhubungan tersebut tidak dapat menyunting apa-apa pada dokumen tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, maka klik bagian Share pada dokumen. Pada sisi Get Link, pilih Editor. Hal ini berarti siapapun yang memiliki akses terhadap dokumen akan bisa menyunting dan mengubah-ubah isi dokumen.

5. Membuka Akses Komentar

Apabila orang yang memiliki akses terhadap dokumen tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan apa-apa, maka terdapat beberapa pilihan yang bisa dilakukan. Masuk Share seperti sebelumnya, jangan pilih Editor, melainkan pilih Viewer (jika akses hanya sebatas melihat dokumen)

Atau dapat memilih Commenter (jika akses sebatas memberikan komentar pada dokumen). Kedua pilihan ini membuat orang dengan akses takkan mampu mengedit isi dokumen.

Dengan demikian, beberapa poin diatas merupakan cara membuka akses Google Drive yang patut untuk dicoba. Google Drive ini mampu mempermudah pekerjaan yang membutuhkan kerja sama dari para anggotanya. Selamat mencoba.

Baca Juga »  Cara Mengatur Bandwidth WiFi agar Kecepatannya Bisa Disesuaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *