5 Cara Mengatasi Play Store Kesalahan Server Tanpa Ribet

5 Cara Mengatasi Play Store Kesalahan Server Tanpa Ribet

Play Store ialah aplikasi yang disediakan Google untuk para pemakai ponsel Android sebagai aplikasi untuk mengunduh berbagai macam aplikasi lainnya. Tidak jarang Play Store juga dapat mengalami kendala, seperti tidak bisa dibuka, tidak dapat mengunduh beberapa aplikasi, termasuk kesalahan server. Beberapa macam cara mengatasi Play Store kesalahan server bisa diatasi oleh penggunanya sendiri, sebelum meminta bantuan dari penyedia jasa servis.

Kesalahan dari server dapat terjadi pada beberapa Play Store, namun masih bisa dicoba untuk diperbaiki sendiri. RH-01 ialah salah satu kode yang menunjukkan jika terjadi kendala di server Play Store. Berikut ini langkah untuk mengatas kendala yang terjadi di Play Store karena kesalahan server :

1. Menghapus Data

Pengguna bisa hapus data yang ada di aplikasi Google Play Store dengan cara masuk ke settings, lalu memilih menu yang tersedia, yaitu menu pengelolaan aplikasi. Setelah masuk ke pengelolaan aplikasi, pengguna memilih lagi menu aplikasi Google Play Store. Lalu pengguna dapat melakukan penghapusan data dengan cara menekan tombol dengan tulisan clear data yang tersedia dalam menu tersebut.

Baca Juga »  Cara Mengatasi Multiple Display Tidak Muncul Windows 10 yang Mudah Dilakukan

2. Mengatur Waktu dan Tanggal

Apabila sudah dilakukan penghapusan data tapi masih belum bisa digunakan kembali, pengguna bisa mencoba mengatur ulang waktu dan tanggal. Atur tanggal dan waktu yang sesuai, karena tanggal dan waktu yang tidak sesuai akan berpengaruh terhadap kinerja dari sistem Play Store. Hal tersebut menjadikan pengaturan tanggal dan waktu yang sesuai sangat perlu dilakukan pada ponsel yang dipakai.

3. Menghapus Akun

Penghapusan akun juga dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah yang terjadi karena kesalahan server. Pengguna bisa masuk ke pengaturan, kemudian memilih menu account, lalu pilih lagi menu account Google serta memilih account Play Store yang perlu dihapus. Setelah itu, pengguna bisa memencet tombol menu, lalu pilih remove akun pada akun yang telah dipilih.

Baca Juga »  Sangat Mudah! Inilah Cara Menghubungkan Whatsapp ke Instagram

4. Menghapus Data Pada Aplikasi Kerangka

Selain dari aplikasi Google Play Store langsung, pengguna juga dapat menghapus data aplikasi kerangka dari Google Play Store itu sendiri. Aplikasi kerangka tersebut juga biasanya sudah tersedia di ponsel, karena merupakan bawaan dari ponsel tersebut.

Pengguna bisa masuk ke menu pengaturan, kemudia scroll ke bawah dan pilih kembali menu pengelolaan aplikasi. Setelah masuk ke menu pengelolaan aplikasi, scroll lagi sampai menemukan aplikasi Google Service Framework. Aplikasi itu terletak tak jauh dengan aplikasi Google Play Store. Lalu pilih aplikasi Google Service Framework, pilih lagi clear data untuk melakukan penghapusan data pada aplikasi tersebut.

5. Gunakan Penyedia Jasa

Apabila cara mengatasi Play Store kesalahan server telah dicoba tetapi belum berhasil juga, pengguna lebih baik menggunakan jasa servis. Bisa saja kesalahan juga terjadi sistem operasi pada ponsel, sehingga cara-cara tersebut tidak cukup ampuh untuk mengatasinya.

Baca Juga »  Cara Memperbaiki Memory Card Rusak pada Smartphone

Biaya yang diperlukan untuk menggunakan jasa servis pun tergantung dari bagaimana tingkat kesulitan atau kerusakan yang terjadi terhadap ponsel. Ponsel dengan masalah yang mudah diatasi akan mengeluarkan biaya lebih murah. Namun, jika ponsel membutuhkan perawatan lebih, maka biaya yang dikeluarkan akan cukup mahal.

Berbagai cara mengatasi Play Store kesalahan server yang telah dijelaskan, sebagian besar bisa terbukti jitu untuk memperbaikinya. Jika pengguna masih kurang paham, pengguna dapat meminta bantuan teman atau orang terdekat yang memahami untuk melakukan cara tersebut. Terutama untuk orang yang belum terlalu paham dengan penggunaan ponsel, sebaiknya diajari tahap demi tahapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.