Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Bisa Terhubung di Hp_ Laptop

Cara Mengatasi Wifi yang Tidak Bisa Terhubung di Hp & Laptop

Wifi di perangkat laptop atau hp tidak bisa terhubung? Hal tersebut sudah sering ditemui. Biasanya perangkat sedang terkena virus atau sedang dalam keadaan disabled. Berikut adalah beberapa cara mengatasi Wifi yang tidak bisa terhubung dengan mudah. Simak pemaparannya di bawah ini:

1. Mode Pesawat

Cara mudah untuk mengatasi Wifi yang tidak dapat terhubung yaitu dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Pengguna bisa menemukan menu tersebut di bagian atas bar smartphone atau menu pengaturan untuk laptop. Mengaktifkan Mode Pesawat akan me-refresh fungsi perangkat agar lebih optimal.

Aktifkan Mode Pesawat beberapa menit, lalu matikan kembali. Cara ini tergolong sederhana dan mudah. Selanjutnya cek koneksi perangkat dengan mengaktifkan tab Wifi. Pastikan Wifi sudah bisa terhubung. Jika cara ini masih belum berhasil maka cobalah cara yang kedua.

2. Restart Perangkat

Fungsi dari restart sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya, yaitu untuk mengoptimalkan kembali fungsi-fungsi di suatu perangkat. Pasalnya, Wifi yang tidak dapat terhubung bisa juga disebabkan oleh kondisi perangkat yang mengalami bug atau error sehingga perlu penyegaran. Oleh sebab itu, cara kedua adalah me­­-restart perangkat.

Menu restart di laptop bisa dijumpai pada tab Power. Jika perangkat yang akan dikoneksikan dengan Wifi menggunakan hp maka dengan menekan tombol power dan vol down secara bersamaan. Proses restart membutuhkan waktu beberapa menit dan terbilang lebih lama dari Airplane Mode. Setelah restart selesai, coba koneksikan perangkat dengan Wifi.

3. Mode Wifi

Jika beberapa cara di atas belum berhasil, cara mengatasi Wifi yang tidak bisa terhubung berikutnya adalah dengan mengubah pengaturan mode Wifi. Cara mengubah mode Wifi juga cukup mudah. Pengguna bisa membuka browser dengan mengetik angka 192.162.0.1, masuklah dengan nama dan kata sandi yang sudah diatur sebelumnya.

Baca Juga »  WiFi Lambat? Inilah Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Hp

Jika belum mempunyai nama dan password maka bisa menggunakan Admin. Setelah tahap tersebut selesai, carilah menu Pengaturan Wireless. Ubahlah mode Wifi menjadi 11bgn mixed a, Save. Setelah proses tersebut selesai, restart lagi perangkat hp ataupun laptop. Coba koneksikan Wifi dan lihat hasilnya.

4. Lupakan Jaringan

Cara selanjutnya adalah menghapus semua jaringan Wifi yang pernah terhubung di perangkat. Menghapus semua jaringan Wifi dari perangkat berarti membersihkan perangkat dari virus-virus yang tersembunyi. Cara ini dipastikan aman, mudah dan akan membuat kinerja perangkat termasuk fungsi Wifi berjalan optimal.

Pengguna harus membuka tab Wifi terlebih dahulu. Beberapa daftar jaringan Wifi bisa dihapus dan dibersihkan dengan cara klik Lupa Jaringan. Dengan begitu, jaringan-jaringan yang terdaftar akan hilang. Setelah itu, lakukan restart perangkat. Cobalah untuk menghubungkan ulang koneksi perangkat dengan Wifi dan pastikan keduanya terhubung.

5. Google Public DNS

Langkah satu ini bisa dicoba dari perangkat komputer atau laptop. Wifi yang tidak bisa terhubung pada laptop atau komputer sebelumnya berada dalam pengaturan DMS. Pengguna bisa mengubah DMS menjadi DNS melalui Google DNS dengan cara membuka jaringan dan pusat berbagi melalui pengaturan Control Panel.

Ketika hendak membuka halaman informasi, pengguna bisa klik nama perangkat Wifi. Selanjutnya masuk pada menu Properties dan pilih TCP/IPV4. Ketikkan alamat Google pada TCP dan lakukan proses tersebut untuk IPV6 juga. Hidupkan ulang perangkat jaringan Wifi dan coba koneksikan dengan perangkat.

Cara mengatasi Wifi yang tidak bisa terhubung memang cukup mudah. Secara keseluruhan, restart menjadi solusi yang masih tergolong ampuh. Apapun cara yang dilakukan, proses restart tidak pernah ketinggalan. Fungsinya yang signifikan bisa membuat perangkat menjadi lebih segar dan membantu agar kinerjanya optimal.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat! Cara Merubah Font di Bio Instagram Tanpa Aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *