Inilah Cara Membuka Word yang Terkunci, Coba Sekarang!

Inilah Cara Membuka Word yang Terkunci, Coba Sekarang!

Muncul keterangan Read Only pada halaman Word? Itu tandanya dokumen Microsoft Word sedang terkunci. Jika mendapati hal tersebut, dokumen tidak akan dapat diedit ataupun di copy paste. Biasanya pemilik data asli mengunci file-nya agar dokumen penting miliknya aman dan terhindar dari seorang plagiator.

Namun, bagaimana jika materi di dalam Word tersebut sebenarnya penting dan sangat dibutuhkan untuk referensi? Jangan khawatir, inilah beberapa cara membuka Word yang terkunci dengan mudah. Simak pemaparannya berikut ini:

Membuka File Melalui Tools Bawaan

Beragam cara yang bisa digunakan untuk membuka file Word yang terkunci, salah satunya adalah melalui tools di perangkat Microsft Word itu sendiri. Cara mengubah tools bawaan tergolong simple, tanpa membutuhkan perangkat pihak ke tiga. Pengguna cukup mengubah pengaturan-pengaturan tertentu sebagaimana pemaparan berikut ini:

1. Enable Editing

Cara efektif yang pertama adalah dengan menonaktifkan keterangan “Protected View”. Keterangan tersebut sebenarnya berfungsi melindungi file dari segala bentuk editing dan memungkinkan file tetap aman dari virus. Pengguna cukup menekan opsi Enable Editing yang tertera pada tool bar berwarna kuning pada dokumen Word.

2. Mengubah Properties

Selanjutnya, pengguna bisa mengatur bagian Properties. Menu ini bisa dilihat dengan klik kanan pada nama file sebelum dibuka. Selanjutnya, buka opsi General. Pada bagian bawah terdapat kotak dengan keterangan Read Only, lalu klik tanda centangnya hingga hilang. Tekan tombol Apply maka Word akan terbuka.

Membuka Dokumen Melalui Aplikasi

Cara membuka Word yang terkunci dari tools bawaan Ms Word memang terbilang sederhana untuk di praktikkan. Namun, jika dirasa cara di atas belum berhasil, pengguna bisa mencoba cara lain yaitu dengan bantuan aplikasi tambahan. Apa saja aplikasi yang bisa membantu membuka dokumen Word yang terkunci?

Baca Juga »  Ciri dan Penyebab IC HP Rusak

1. WordPad

WordPad bisa membantu membuka Word yang terkunci? Tentu bisa. Aplikasi ini mendukung beberapa permasalahan dari Microsoft Word dari segala versi, seperti versi 2007 hingga 2016. Kegunaan aplikasi WordPad tidak jauh berbeda dengan Ms. Word, yaitu untuk membuat format visual berupa gambar dan tulisan. Begini cara membuka Word yang terkunci melalui aplikasi Word Pad:

  • Unduh Word Pad;
  • Bukalah file yang terkunci dan simpan melalui tab “Save As”;
  • Ubah penyimpanan dengan format .rtf;
  • Kemudian buka dokumen yang baru saja di simpan;
  • Pilih opsi Open With Word Pad, lalu klik Save;
  • Selanjutnya, pengguna bisa membuka dan editing dokumen secara langsung dari apk Word Pad atau reopen dokumen menggunakan Microsoft Word.

2. G-Drive

Ternyata aplikasi Google Drive juga bisa berfungsi untuk membuka file Word yang terkunci. Pastikan G-Drive sudah terhubung dengan email pribadi terlebih dahulu agar fungsinya optimal. Pemakaian Google Drive sebaiknya terhubung dengan internet (WiFi recommended). Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuklah ke web G-Drive atau download aplikasinya;
  • Tekan tab Baru dan pilihlah Upload Dokumen;
  • Tambahkan file yang terkunci;
  • Proses upload sedang berjalan, tunggu hingga prosesnya selesai;
  • Setelah itu, file tersebut akan terbuka secara otomatis;
  • Download As dan ubah menjadi format .docx, lalu download;
  • File akan tersimpan pada folder dan sudah tidak terkunci.

Cara membuka Word yang terkunci bisa dilakukan dengan menggunakan tools bawaan Ms. Word atau dengan bantuan aplikasi pihak ke tiga. Dokumen Word yang semula terkunci, sekarang sudah bisa di edit dengan mengikuti beberapa cara mudah di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *