Informasi dan Cara Membuka Proxy Google Chrome Terlengkap

Informasi dan Cara Membuka Proxy Google Chrome Terlengkap

Proxy dan Google Chrome adalah dua hal penting dalam dunia internet. Mempelajari cara membuka proxy google chrome sangat berguna demi kenyamanan berselancar di internet. Tetapi apa itu proxy? Proxy adalah istilah jaringan internet yang sudah lama ada. Tetapi sepertinya masih banyak orang yang tidak mengetahui dan mengenali istilah ini.

Dalam dunia internet, hubungan server (penawaran) dan klien (permintaan) tidak bisa dipisahkan. Banyaknya klient yang ada, mengharuskan data yang diberikan server diolah secara komunal. Lalu bagaimana jika data yang diminta bersifat personal? Inilah fungsi proxy. Dengan proxy, hubungan server-klien bisa dilakukan secara personal sehingga tidak melibatkan klien lain.

1. Manfaat Proxy

Ada beberapa manfaat yang berguna dalam proxy, salah satunya adalah keamanan. Proxy dapat melindungi privasi pengguna. Di beberapa kasus, website dapat mengetahui alamat IP pengaksesnya. Hal ini sangat beresiko bagi pengguna internet. Dengan proxy, alamat IP pengguna tersamarkan dengan alamat IP proxy sehingga resiko pelacakan dan pencurian data menjadi lebih rendah.

Selain itu proxy juga dapat mengabaikan setiap pembatasan regional. Beberapa informasi mungkin tidak terdapat atau dibatasi di suatu regional karena beberapa regulasi. Dengan proxy, pengguna internet dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut. Proxy juga dapat membantu memberikan sistem keamanan internet lainnya seperti memblokir situs yang mengganggu atau yang tidak diinginkan.

2. Saat Tepat Menggunakan Proxy

Proxy dapat digunakan ketika menginginkan informasi yang bersifat privasi atau dibatasi dalam suatu jaringan. Selain itu proxy sangat dibutuhkan dalam institusi perkantoran, pendidikan, dan pemerintahan yang menuntut adanya kerahasiaan informasi. Jaringan terbuka seperti WIFI pun sangat rentan bagi perangkat untuk disusupi, sehingga proxy sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Baca Juga »  Cara Melihat Stalker FB dengan Aplikasi Mudah Melalui Aplikasi

Terkadang dalam institusi formal, pengguna jaringan sering sekali melakukan kenakalan dengan mengunjungi situs yang tidak disarankan. Selain sebagai proteksi dan pembuka akses, proxy juga dapat menjadi media monitoring. Hal ini sangat berguna bagi institusi formal terutama pendidikan untuk mengetahui kemana saja akses yang dilalui oleh pengguna jaringan.

3. Macam-Macam Proxy

Meskipun proxy memberikan manfaat yang banyak, tetapi pada dasarnya manfaat Proxy dibagi berdasarkan cara kerjanya. Pertama Transparancy Proxy. Nah, Proxy jenis ini tidak mengubah IP menjadi anonim sehingga pengguna jaringan rentan terkena tracking. Berbanding terbalik dengan yang pertama, Anonymous Proxy menyamarkan IP pengguna menjadi IP Proxy untuk memberikan perlindungan pengguna jaringan.

Hampir sama dengan Anonymous Proxy, Distorting Proxy mampu mengubah IP pengguna dengan Ip palsu. Fungsinya juga untuk melindungi pengguna jaringan. Terakhir High Anonymity Proxy. Jenis yang satu ini memiliki proteksi lebih tinggi. Server proxy tidak akan memberikan IP pengguna jaringan dan IP dirinya sendiri melainkan menggantinya dengan alamat IP acak.

 4. Kekurangan

Meskipun memiliki berbagai manfaat, server proxy juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Beberapa proxy tidak melakukan tindakan enkripsi. Padahal, enkripsi sangat berguna untuk melindungi informasi dengan cara membuatnya menjadi tidak terbaca. Hal ini biasanya ditemui pada jenis Transparancy Proxy. Sebelum menggunakan proxy, pengguna disarankan untuk mengetahui jenis proxy yang digunakan.

Di Beberapa kasus, server proxy juga tetap menyimpan catatan riwayat aktifitas yang lewat melalui proxy. Tentu saja hal ini mengurangi perlindungan terhadap privasi pengguna jaringan. Setiap informasi termasuk identitas akan tetap tercatat di setiap aktifitas yang melalui server proxy. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan pengguna jaringan dalam beraktifitas.

Baca Juga »  Jawab Rasa Penasaran! Berikut Cara Membuka Chat WA yang Sudah Dihapus dengan Mudah

 5. Cara Aktivasi

Untuk aktivasi server proxy di Google Chrome, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut adalah cara-cara membuka proxy Google Chrome:

  • Pergi ke menu Option, biasanya digambarkan dengan titik tiga.
  • Pilih setting dan akan masuk ke menu pengaturan Chrome.
  • Klik simbol garis tiga pada bagian kiri atas.
  • Pilih Advance kemudian Setting.
  • Ada beberapa list pilihan setting, pilih open proxy setting dan jendela internet properties akan terbuka.
  • Di jendela baru pilih LAN setting.
  • Kemudian Ceklis pada “Use a server proxy for your LAN (These setting will not apply to dial up or VPN connection)”.
  • Isilah Address dan Port penyedia proxy, kemudian OK.

Demikianlah informasi serta cara membuka proxy Google Chrome. Pentingnya proxy dalam aktivitas berselancar memang tidak bisa dipungkiri, tetapi disisi lain penggunaan proxy memang sangat beresiko. Berhati-hatilah dalam memilih proxy yang ada. Pilihlah pelayanan proxy yang terbukti kredibilitasnya. Bijak dalam berinternet dapat mengurangi resiko kejahatan. Berhati-hatilah dan selalu waspada dalam berselancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *