Simak Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Main Game Di Hp Android

Simak Cara Mengatasi Wifi Lemot Saat Main Game Di Hp Android

Game yang ada di  Android memang populer untuk diunduh di kalangan umum dengan kebijakan pembatasan usia sesuai aturan game.  Akan tetapi, terdapat beberapa game yang membutuhkan jaringan internet agar dapat dimainkan secara lancar. Di sisi lain karena kebutuhan tersebut muncul keingintahuan untuk mengetahui cara mengatasi Wifi lemot saat main game di Android.

Beberapa game yang membutuhkan jaringan seluler atau sambungan Wifi. Mungkin sebagian pengguna akan memilih Wifi sebagai pilihan. Hal tersebut disebabkan karena internet yang tidak terbatas, mudah disambungkan, dan lebih menghemat baterai. Lantas apabila terdapat kendala, bagaimana cara mengatasi Wifi lemot saat main game di Android? Simak langkah-langkah yang dapat dilakukan berikut ini:

1. Menghapus Cache atau Sampah Pada Gawai

Keberadaan sisa cache yang dimiliki oleh aplikasi-aplikasi yang ada sangat mungkin memengaruhi kinerja gawai. Begitu juga ketika handphone atau gawai mencoba untuk menghubungkan ke sinyal Wifi, cache yang ada bisa menghambat hal tersebut. Cara untuk menanganinya adalah dengan membersihkan sisa sampah melalui menu setting yang tersedia.

Dimulai dengan meengunjungi menu setting kemudian pilih aplikasi game atau aplikasi lain yang mungkin memiliki penyimpanan besar. Kemudian klik aplikasi tersebut dan klik hapus cache, riwayat, atau sampah yang tersisa untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi atau browser. Perlu diperhatikan bagi para pengguna agar jangan sampai salah dalam menghapus data aplikasi.

2. Pemilihan Wifi

Wifi yang dipilih haruslah memiliki sinyal penuh atau setidaknya menjangkau hingga ke gawai pengguna agar tidak menghalangi ketika bermain game. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk cara mengatasi Wifi lemot saat main game. Pengguna dapat memastikan dengan mengecek bar sinyal pada Wifi yang tersambung.

Baca Juga  Ini Dia Cara Membuka Aplikasi yang Disembunyikan Paling Mudah

3. Case Gawai Yang Memperburuk Sinyal

Case atau pelindung handphone yang kini populer ternyata dapat menjadi salah satu penyebab memperburuk sinyal Wifi. Beberapa casing handphone terbuat dari logam dapat menghambat sinyal Wifi untuk ditangkap gawai. Kemudian untuk memastikan apakah casing yang dimiliki menghambat atau tidak dapat di tes dengan melihat keadaan jaringan ketika case dilepas atau digunakan

4. Memperbaharui Firmware

Firmware biasanya merupakan bawaan dari handphone yang berfungsi untuk melakukan pembacaan secara berkala kepada memori internal. Ketika update tidak dilakukan secara berkala oleh pengguna maka akan menjadi salah satu penyebab Wifi lemot. Untuk itu, pengguna harus memeriksa dan memberikan pembaharuan kepada Firmware di menu setting.

5. Memindahkan Router Wifi

Cara lainnya yang dapat digunakan untuk menangani sinyal Wifi yang lemot adalah dengan memindahkan tempat router Wifi. Tempat pemindahan yang baik dapat diatur ke arah yang berbeda atau tempat yang lebih tinggi. Apabila sinyal yang ditangkap oleh router Wifi baik, maka akan membuat perbedaan pengiriman sinyal pula pada handphone pengguna.

6. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store seperti aplikasi Wifi Boost & Analyzer yang menawarkan fitur untuk memperkuat sinyal Wifi di handphone. Menggunakan aplikasi tambahan juga diyakini dapat meningkatkan kemampuan handphone untuk menangkap sinyal Wifi. Beberapa aplikasi tersedia dan dapat diunduh secara gratis untuk Android.

Itu merupakan tahap-tahap yang digunakan sebagai cara mengatasi Wifi lemot saat main game oleh para pengguna. Penggunaan Wifi memang lebih mudah untuk digunakan dan lebih menghemat baterai ketika bermain game. Jika pengguna masih merasakan kesulitan untuk menggunakan Wifi tersebut, mungkin akan lebih baik jika di cek ketersediaan internet atau sinyal Wifi.

Baca Juga  Inilah Cara Membuka iCloud yang Lupa Password dan Email!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *