5 Cara Membuka File RAR di Laptop

5 Cara Membuka File RAR di Laptop

RAR merupakan format yang dipakai guna menyimpan berkas yang sudah dikompresi dan bisa menyimpan file lebih dari satu file didalamnya. RAR ini membutuhkan software yang khusus untuk membuka file. Namun seiring dengan canggihnya teknologi zaman modern, ternyata cara membuka file RAR di laptop ini bisa dilakukan dengan online juga loh.

Selain online, ekstraksi juga bisa dilakukan offline. Berikut 5 langkah mudah dan dapat diterapkan oleh semua jenis laptop. Baik versi Mac maupun Windows semuanya bisa.

1. Bisa Melalui Extract.me

Hal pertama dari cara membuka file RAR di laptop adalah melalui extract.me. Dalam extract.me tersedia archive extractor yang bisa membuka 70 file RAR secara bersamaan. Cara mengaksesnya adalah login ke situsnya lalu masukkan file RAR. Pilih menu dan klik unggah. Tunggu hingga proses ekstrak benar – benar selesai.

Jika sudah selesai semuanya, maka file RAR yang sudah di ekstraksi pun sudah dapat diakses dengan baik. Dan jangan khawatir, untuk file yang ada pada situs ini tidak akan tersimpan dan otomatis akan terhapus. Jadi, mau sebanyak apapun file bisa dibuka dengan baik.

2. Bisa Melalui B1.Org

Situs lain yang menyediakan ekstraksi online untuk membuka file RAR adalah dengan B1.org. Dalam B1.org ini tersedia berbagai pilihan ekstrak file dengan gratis tanpa harus mendownload. Caranya adalah login dahulu maka akan langsung terhubung. Setelah itu, pilih click here pada menu select archive. Pilih dokumen lalu klik file untuk diunggah.

Tunggu sampai file berhasil di ekstrak kemudian simpan. Sama seperti extract.me, file yang ada pada situs akan otomatis terhapus dan tidak akan tersimpan dalam webnya.

Baca Juga »  5 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Acer yang Mudah Dilakukan

3. Bisa Melalui UnRAR Online

Situs lain dari cara membuka file RAR di laptop selanjutnya ada UnRAR online. Dalam situs tersedia sistem penyimpanan cloud dan data. Jangan lupa untuk internet tetap stabil. Cara pemakaiannya klik menu click to choose a file untuk mengunggah.

Nah, lalu tunggulah hingga ekstraksi selesai lalu simpan file. Jika sudah selesai ekstraksi, pastinya untuk file akan otomatis terhapus. Jadi jangan khawatir ya.

4. Bisa Melalui WinZip

Membuka file RAR selanjutnya dibuka secara offline melalui bantuan WinZip. Ekstraksi ini diperlukan install aplikasi dahulu. Caranya install aplikasi WinZip versi windows. Kemudian, masuk pada tempat penyimpanan dan pilih file, klik 2 kali dan file akan langsung masuk otomatis ke aplikasi WinRAR.

Jika sudah, klik extract to dan pop up, biasanya pada windows akan muncul dengan isi pilihan penyimpanan berkas lalu klik ok. Selesai deh!

5. Bisa Melalui Unarchiver

Terakhir yang dapat digunakan dari cara membuka file RAR di laptop adalah dengan menggunakan Unarchiver. Ini hanya ada pada Mac. Cara memakainya adalah buka Unarchiver lalu pilih file yang akan diekstrak. Klik RAR archive lalu klik kanan pada file serta pilih Unarchiver.

Setelah itu, otomatis folder untuk menyimpan pun akan terbuka. Pilih, lanjutkan tekan extract. Nah, RAR pun bisa dibuka.

Diatas adalah 5 cara membuka file RAR di laptop yang dapat dicoba dengan mudah. Baik secara online maupun offline keduanya sangat praktis untuk dicoba. Dan juga jika online tidak harus khawatir karena file yang sudah diekstrak akan otomatis terhapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *