7 Cara Mengatasi Baterai Boros Paling Ampuh Pada HP

7 Cara Mengatasi Baterai Boros Paling Ampuh Pada HP

Saat ini, penggunaan smartphone sudah sangat kompleks. Orang tidak hanya memanfaatkan untuk alat komunikasi saja. HP juga dipergunakan untuk main game, berselancar di dunia maya, dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuat baterai HP bisa cepat habis alias boros. Sebetulnya, ada cara mengatasi baterai boros pada HP yang cukup ampuh.

Pengguna jadi tidak perlu khawatir, jika tiba-tiba perangkatnya sering kehabisan daya. Bukan berarti perangkat HP-nya yang rusak. Sebagian besar memang disebabkan karena beberapa hal, seperti penggunaan HP yang tidak semestinya. Untuk mencegah baterai HP cepat habis, bisa dilakukan cara-cara di bawah ini:

1. Aktifkan Dark Mode

Pengguna smartphone masa kini pasti sudah kenal dengan mode gelap atau dark mode. Beberapa smartphone, memang terbukti sudah menambahkan fitur ini pada perangkatnya. Jika ingin baterai HP tidak cepat habis, mode ini ada baiknya selalu diaktifkan.

Baca Juga »  Download Dan Install Aplikasi Kamera Tembvs P4ndan9 Untuk Androidmu

Bila perlu aktifkan juga dark mode pada aplikasi yang sedang digunakan, seperti WhatsApp, Youtube, atau Instagram. Dark mode akan otomatis menonaktifkan piksel sehingga baterai HP bisa lebih awet dan tahan lama.

2. Matikan GPS

Cara mengatasi baterai boros pada HP selanjutnya adalah coba matikan fitur GPS. Fitur GPS faktanya punya keunggulan untuk memberikan informasi lokasi secara real time. Pengguna harus berhati-hati juga, karena mengaktifkan fitur GPS ini secara terus menerus akan beresiko menghabiskan lebih banyak baterai. Jadi, aktifkan GPS ini hanya seperlunya saja misalnya ketika sedang mencari lokasi alamat tertentu.

3. Memaksimalkan Penggunaan WiFi

Penggunaan data seluler juga berpengaruh pada konsumsi daya baterai. Semakin sering data seluler digunakan, maka daya yang dibutuhkan juga makin besar. Akibatnya, baterai bisa jadi cepat habis. Jadi, sebisa mungkin gunakan jaringan WiFi saja untuk lebih menghemat baterai.

Baca Juga »  Informasi dan Cara Membuka Proxy Google Chrome Terlengkap

4. Jangan Pakai Wallpaper Bergerak

Orang-orang mungkin lebih tertarik menggunakan wallpaper dengan tampilan yang bisa bergerak. Hanya saja, pengguna juga harus mengetahui banyak kelemahan dari penggunaan wallpaper jenis tersebut. Salah satunya adalah membuat baterai HP cepat habis.

5. Minimalkan Penggunaan Vibrasi

Pengguna smartphone, bisa jadi belum tahu jika vibrasi nyatanya juga berpengaruh pada daya tahan baterai. Oleh sebab itu, ada baiknya kurangi penggunaan fitur getar atau vibrasi. Lebih baik matikan saja bila perlu agar penggunaan baterai bisa lebih irit.

6. Matikan Aplikasi Yang Berpotensi Membuat Baterai HP Boros

Pada kenyataannya, ada beberapa aplikasi HP yang bisa berpotensi membuat boros baterai. Ketika menemukan aplikasi seperti ini dalam mode aktif, sebaiknya matikan saja jika tidak seberapa dibutuhkan. Apabila tidak begitu tahu aplikasi apa yang beresiko membuat baterai cepat habis, ada caranya.

Silakan masuk saja ke menu pengaturan. Setelah berhasil masuk, cari opsi “battery” dan pilih “battery usage power usage”. Semua informasi tentang aplikasi yang bisa menghabiskan banyak baterai akan ditampilkan pada menu tersebut.

Baca Juga »  6 Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp yang Lama_ Langsung Berhasil Anti Gagal

7. Kurangi Aplikasi yang Berjalan di Background

Pengguna HP rata-rata terlalu malas atau lupa menutup aplikasi setelah dipergunakan. Akibatnya, terjadi penumpukan aplikasi yang aktif dan tetap berjalan di latar belakang. Jika ini dibiarkan, maka dapat berpotensi membuat baterai HP cepat habis dan terlalu boros.

Jadi, periksa kembali pada bagian latar belakang HP. Apakah masih ada aplikasi yang berjalan padahal sesungguhnya sudah tidak dibutuhkan. Apabila menemukannya, segera matikan aplikasi tersebut. Dengan begitu, daya baterai tidak akan mudah cepat habis.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai boros pada HP smartphone. Mulai sekarang, jangan panik dulu jika mengetahui baterai HP boros dan cepat habis. Bukan berarti HP tersebut rusak, karena sebenarnya baterai bisa dihemat penggunaanya. Pakai saja cara-cara yang sudah dijabarkan di atas.