lulur alami untuk memutihkan kulit

6 Lulur Alami Untuk Memutihkan Kulit, Aman dan Mudah Digunakan

Putih bukanlah sebagai acuan ketika mengatakan seseorang terlihat cantik. Akan tetapi saat kulit terlihat cerah dan bersih, outfit apa pun dapat langsung serasi ketika dikenakan. Itulah sebabnya banyak orang mengharapkan kecerahan kulitnya meningkat dengan cara menggunakan lulur. Salah satunya dengan mencoba lulur alami untuk memutihkan kulit secara aman menggunakan aneka bahan yang mudah ditemukan.

Meski terdapat beragam produk lulur mandi yang dapat diperoleh dari toko kosmetik, akan tetapi lulur berbahan alami akan lebih aman ketika digunakan. Bahkan bahan-bahan yang digunakan juga dapat ditemukan sehari-hari, sehingga memakai lulur dapat dilakukan kapan saja. Adapun untuk mengetahui bahan apa saja yang mampu mencerahkan kulit, berikut penjelasan 6 rekomendasi lulur berbahan alami:

1. Parutan Bengkoang

Beragam kosmetik mengkombinasikan bahan aktif dengan kandungan yang terdapat pada bengkoang. Sebab, bahan alami ini banyak kandungan vitamin yang diperlukan bagi kulit. Harga terjangkau serta ketersediaan yang melimpah membuat bengkoang menjadi salah satu rekomendasi untuk dijadikan sebagai lulur mandi. Bengkoang sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit dapat diaplikasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, bersihkan beberapa bengkoang lalu haluskan dengan cara memarutnya.
  • Gunakan hasil parutan sebagai lulur pada wajah ataupun permukaan badan.
  • Manfaatkan parutan bengkoang sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Endapan Cucian Beras

Biasanya bahan yang satu ini seringkali terlewati, karena ketidaktahuan akan manfaatnya yang besar, salah satunya sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit. Agar memperoleh lulur dengan tekstur yang pas dan mudah diaplikasikan ke tubuh, ada baiknya menunggu beberapa menit hingga larutan mengendap. Endapan inilah yang kemudian diaplikasikan pada kulit sebagai lulur berbahan alami.

Baca Juga »  5 Cara Memilih Warna Bedak, Jangan Sampai Salah Pilih

3. Tomat

Bukan sekedar sebagai sayur, kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya akan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Menghaluskan tomat segar menggunakan blender akan membuat teksturnya lebih kental membentuk gel. Lulur alami dari bahan tomat juga mampu membantu mengatasi penggelapan kulit, sehingga kulit terlihat kencang dan cerah.

4. Susu dan Madu

Guna meningkatkan kelembapan kulit, susu segar dapat menjadi salah satu bahan yang direkomendasikan. Perpaduan antara susu segar dan beberapa sendok madu akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan kenyal. Untuk memperoleh lulur alami dengan memanfaatkan kedua bahan ini, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan segelas susu, lalu tambahkan madu secukupnya. Aduk rata sehingga lulur siap digunakan.
  • Oleskan lulur pada area tubuh dan tunggu selama kurang lebih 30 menit agar kandungan susu dan madu meresap ke kulit.
  • Bilas menggunakan air yang bersih

5. Gel Lidah Buaya

Sama halnya dengan bahan alami sebelumnya, lidah buaya memiliki peran penting untuk bantu mencerahkan kulit. Caranya cukup dengan mengambil bagian gel dari lidah buaya, lalu mengoleskannya perlahan ke permukaan tubuh. Tunggu kurang lebih 15 menit, setelah lulur meresap segera mandi menggunakan air bersih.

6. Timun

Bahan alami yang satu ini seringkali dimanfaatkan untuk menjadi masker wajah. Sebab, mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi kulit untuk mengatasi masalah penggelapan. Caranya sangat mudah, cukup blender beberapa buah timun hingga teksturnya kental dan aplikasikan pada tubuh. Diamkan selama 30 menit, kemudian mandi hingga bersih.

Demikianlah rekomendasi 6 lulur alami untuk memutihkan kulit menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh serta tidak menimbulkan ketergantungan. Upaya meningkatkan kecerahan warna kulit dapat dilakukan secara rutin menggunakan lulur. Baik pria maupun wanita dapat mengaplikasikan lulur alami sesuai dengan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas dengan mudah.

Baca Juga »  5 Cara Agar Wajah Awet Muda dan Imut, Ternyata Tidak Mahal dan Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *