bahan skincare yang tidak boleh dicampur

5 Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur Agar Wajah Terhindar dari Iritasi

Merawat wajah pada dasarnya memerlukan kesabaran dan kehati-hatian memilih skincare. Sebab, produk kecantikan wajah yang dipilih seharusnya sesuai dengan keluhan serta kondisi wajah pemakai. Ada beberapa bahan skincare yang tidak boleh dicampur, meskipun masing-masing sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Namun, ketika digunakan bersamaan justru malah menimbulkan efek samping yang buruk.

Demi memperoleh kulit bersih dan cantik dengan cara instan, seringkali wanita mencoba beberapa macam skincare. Padahal biasanya masing-masing produk memiliki zat aktif yang berbeda dan menimbulkan masalah ketika seseorang salah mengkombinasikan beberapa produk. Adapun 5 bahan skincare yang seharusnya tidak digunakan bersama dijelaskan dalam uraian berikut:

1. Niacinamide yang Digunakan Bersama dengan Vitamin C

Setiap wanita pasti mengharapkan krim atau serum pilihannya dapat berfungsi secara maksimal pada kulit. Agar keluhan seperti kerutan, bruntusan, hingga kulit kusam dapat teratasi. Umumnya guna memperbaiki masalah kecerahan kulit wajah, biasanya komposisi skincare yang dilengkapi vitamin C akan sangat baik. Sebab, zat aktif ini bekerja untuk meningkatkan kecerahan kulit wajah.

Selain itu, bisa juga dengan diatasi dengan memilih skincare yang menggunakan kandungan niacinamide. Namun, keduanya justru tidak akan bekerja maksimal ketika digunakan dalam satu waktu. Efek lain yang dapat muncul ketika zat aktif ini dicampur dalam satu produk yaitu dapat menimbulkan kemerahan pada wajah.

2. Vitamin C dan Retinol dalam Satu Waktu

Kombinasi bahan skincare yang tidak dapat dicampur selanjutnya adalah vitamin C dan retinol yang penggunaannya bersamaan dalam satu waktu. Karena, keduanya membutuhkan kadar pH khusus dan tidak akan efektif saat digunakan bersamaan. Apabila keduanya dibutuhkan selama perawatan wajah, sebaiknya pisahkan penggunaan masing-masing pada pagi dan malam.

Baca Juga »  5 Bahan Kain yang Cocok Untuk Celana Kulot, Tak Perlu Bingung Lagi_

3. AHA maupun BHA yang Digunakan Bersamaan dengan Vitamin C

Masing-masing bahan aktif tersebut memiliki peran yang diperlukan kulit wajah, akan tetapi efek sampingnya justru berbahaya bagi kulit saat diaplikasikan bersamaan. Peran vitamin C akan menurun ketika diaplikasikan dengan AHA atau BHA. Dampak lain dari penggunaan kedua bahan ini dalam satu yaitu timbulnya kemerahan pada wajah hingga iritasi.

4. Scrub Exfoliants bersamaan dengan Retin-A

Apabila memerlukan skincare yang mampu mempermudah eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati, maka kedua zat aktif ini dapat direkomendasikan. Akan tetapi masing-masing kandungan zat aktif akan menyebabkan kulit kering dan pengelupasan berlebih pada saat digunakan bersama. Sehingga lebih baik memilih produk skincare dengan salah satu kandungan bahan aktif saja.

5. Hindari Penggunaan Bahan yang Kinerjanya Serupa

Setiap bahan aktif tentu memerlukan waktu untuk bekerja dan menampilkan hasilnya pada kulit. Untuk itu, pengguna skincare tidak boleh tergesa-gesa lalu menggunakan bahan aktif sejenis bersamaan guna memperoleh hasil yang cepat. Sebab, salah satu bahan skincare yang tidak boleh dicampur adalah bahan skincare yang memiliki fungsi serupa.

Contohnya ketika seseorang ingin lekas menyembuhkan masalah jerawat. Maka bahan aktif yang seringkali dicari dalam produk skincare adalah retinol, benzoyl peroxide, atau pun salicylic acid. Ketiganya memiliki pengaruh yang besar dalam mengatasi masalah jerawat dan eksfoliasi kulit. Namun bila digunakan dalam satu waktu, kemungkinan besar kulit menjadi kering bahkan timbul iritasi.

Demikian penjelasan dari 5 bahan skincare yang tidak boleh dicampur untuk meminimalisir terjadinya iritasi serta efek samping lainnya. Sebaiknya, konsumen benar-benar memperhatikan komposisi pada kemasan skincare yang akan digunakan. Ada baiknya bila pemilihan skincare sesuai dengan anjuran dokter kecantikan, sehingga bahan yang terkandung dalam skincare sesuai dengan kondisi dan keluhan wajah.

Baca Juga »  5 Cara Agar Wajah Awet Muda dan Imut, Ternyata Tidak Mahal dan Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *