Bagaimana Cara Beli Saham Asing Indonesia Dengan Mudah (money.kompas.com)
Bagaimana Cara Beli Saham Asing Indonesia Dengan Mudah (money.kompas.com)

Bagaimana Cara Beli Saham Asing Indonesia Dengan Mudah

Cara beli saham asing Indonesia tidak membutuhkan modal yang banyak. Prospek saham besar seperti Apple, Microsoft, Amazon, dan lainnya yang membuat Anda tertarik.

Sebelumnya, membeli saham asing hal yang sangat sulit dan ribet. Bursa Efek Indonesia tidak mempunyai jaringan Bursa Luar Negeri, sehingga saham-saham terkenal tidak terdaftar di listing resmi BEI. Akibatnya Anda akan mengakses sendiri Bursa Saham Luar Negeri jika ada keinginan mengikuti partisipasi investasi saham yang ada di luar negeri.

Tapi zaman sekarang teknologi mempermudah segala cara membeli saham asing tanpa kesulitan. Bagaimana caranya? Simak dan bacalah langkah berikut ini.

Alasan Saham Luar Negeri dalam Portofolio Investasi

Sebelum Anda berpikir cara beli saham asing indonesia harus mengetahui alasan saham luar negeri dalam portofolio Investasi

Investasi di pasar saham lokal, tentu mudah karena lebih familier. Disini saya jelaskan kenapa instrumen Investasi saham di luar negeri sangat penting bagi portofolio. Berikut alasannya.

Potensi Besar

Pasar luar negeri mempunyai potensi sangat besar. Karena itu Anda bisa menjadi saham perusahaan global dengan investasi di pasar Internasional, seperti:

1. McDonald

McDonald adalah perusahaan fast food. Bahkan di seluruh Indonesia ada gerai McDonald dengan standar pelayanan dan kualitas yang bagus.

2. Nike

Adalah produsen sepatu yang bagus tidak ada yang bisa menjaganya menurut saya.

3. Johnson

Johnson merupakan perusahaan yang menaungi obat dan farmasi terbesar dunia yang produknya sudah populer di dunia ini.

Baca Juga »  Kustodian: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Berdasarkan Peraturan SEBI

Dari kesimpulan di atas bahwa bermain saham pasar luar negeri akan menjadikan Anda pemilik perusahaan berkelas. Maka dari itu disini nanti akan memperjelaskan tentang cara beli saham asing Indonesia.

Contoh ETF di USA

  1. Indeks Saham-S&P 500

Total marketnya saham yang ada di bursa USA. Seperti saham kapitalisasi kecil

2. Komoditas-ETF

Dengan berdasarkan harga komoditas, misalnya emas, nikel, perak, dan lain-lain.

3. Real Estate-ETF

Berdasarkan Indeks harga real estate propertinya.

4. Obligasi-ETF

Berdasarkan indeks harga real estate property.

BEI sebenarnya sudah ada ETF tapi skalala dan pilihannya dibawah Wall Street. Biaya komisi free gratis. Trend Broker Wall Street memberikan gratis fee komisi transaksi. Transaksinya adalah nol. Sebelumnya, Schwab meminta komisi $14 per transaksi flatnya. Biasanya membeli saham relatif kecil dengan kebijakan Zero Commision sangat menguntungkan bagi Investor ritel.

Bisa Beli 1 Lembar Saham

Di New York Stock Exchange (NYSE) atau Nasdaq minimum pembelian sahamnya 1 lembar saja. Berbeda dengan di Bursa Efek Indonesia minimum pembelian sahamnya 100 lembar.

Good Governance

Wall Street berjalan sudah lama berpuluhan tahun dengan kapabilitas pasar terbesar dunia. Amerika Serikat mempunyai porsi 50%+ dari total pasar saham global.

Inilah Cara Beli Saham Asing Indonesia

Cara beli saham asing Indonesia Anda harus buatlah rekening di salah satu broker saham yang punya izin trading di USA. Anda tidak bisa trading tanpa dengan broker.

  1. Kewarganegaraan

Broker ada yang bisa menerima Investor warga negara USA sendiri, namun ada juga broker yang bisa menerima semua kewarganegaraan.

2. Minimum Investasi

Minimum investasi persyaratannya yaitu membuka akun. Ada broker yang meminta minimum investasi mulai dari ribuan US$ tetapi ada juga yang berapa $ saja.

Baca Juga »  Divestasi Adalah Salah Satu Cara Untuk Mengurangi Asset

3. Pajak

Menjadi investor USA maka diharuskan tanda tangan untuk pernyataan pajak sebagai laporan pajak di setiap masing-masing negara. Itu tadi beberapa cara beli saham asing Indonesia. Semoga bermanfaat dan membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *