Cara menggunakan vpn bawaan android

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android dengan Mudah Wajib Dicoba!

Ada banyak sekali jenis VPN yang tersedia dan dapat diunduh jika mengunjungi google play store seperti misalnya VPN turbo. Meski begitu, sebenarnya setiap android sudah menyediakan VPN sendiri tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan VPN bawaan android agar dapat menghemat penyimpanan, sebab tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain.

Semua android sudah menyediakan atau dilengkapi dengan VPN beserta aksesnya masing-masing. VPN ini tidak membutuhkan email atau semacamnya untuk mengaktifkan, hanya saja membutuhkan username dan password agar dapat terhubung dengan server dan mendapatkan IP private. Untuk memasuki pembahasan mengenai cara menggunakannya, ada baiknya tahu apa itu  VPN yang berguna bagi penggunanya.

Apa yang Dimaksud dengan VPN?

VPN sendiri merupakan sebuah aplikasi atau fitur yang sering digunakan untuk melindungi data diri saat mengunjungi situs tertentu. Jadi, pengguna yang menggunakannya bisa dengan mudah mengakses berbagai situs tanpa ada larangan. Bahkan, situs yang diblokir pemerintah pun tetap bisa diakses dengan menggunakan VPN.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk streaming anime, forum Reddit atau Netflix. Mungkin ada sebagian orang yang menyalahgunakan aplikasi ini, namun nyatanya aplikasi ini cukup bermanfaat bila digunakan. Koneksi ini selain dapat dijalankan dengan menggunakan data seluler, bisa juga dijalankan menggunakan WiFi. Jadi, lebih memudahkan pengguna saat menggunakannya.

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan VPN dan beberapa kegunaannya, pengguna perlu mengetahui cara menggunakan VPN bawaan android. Tujuannya, agar fitur ini lebih bermanfaat di ponsel pengguna. Berikut adalah cara menggunakan VPN yang ada pada android agar dapat berfungsi dan bisa digunakan:

Baca Juga »  Cara Merubah Whatsapp ke Akun Bisnis yang Perlu Diketahui Pebisnis

1. Buka Web Vpnbook.com

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi web/situs vpnbook.com pada crome atau google  untuk mendapatkan VPN gratis. Jika sudah, pilih menu PPTD dan klik untuk masuk. Pilih salah satu server yang tersedia, kemudian salin data tersebut. Jangan sampai lupa dengan data yang disalin, karena nanti ini akan dibutuhkan.

2. Buka VPN di Pengaturan

Cara selanjutnya adalah membuka VPN di menu pengaturan/setting yang umumnya berbentuk ikon roda bergerigi. Biasanya letak pengaturan ini ada dibagian kanan atas. Kemudian, cari opsi VPN lalu masuk. Setelah itu, pilih tambahkan VPN di bagian bawah.

3. Mengisi Data

Apabila langkah di atas untuk menambahkan VPN sudah berhasil, maka akan langsung ditampilkan kolom-kolom yang harus diisi terlebih dahulu. Nantinya, kolom-kolom tersebut diisi dengan data yang sempat di salin tadi (pada poin satu). Ketika sudah selesai mengisi, tap centang di bagian kanan atas.

4. Tes Apakah VPN Sudah Terhubung

Ketika semua langkah sudah berhasil, maka tinggal mengecek saja apakah sudah terhubung atau belum. Caranya hidupkan data terlebih dahulu atau WiFi. Kemudian aktifkan VPN tadi di pengaturan. Apabila muncul kata tersambung atau muncul logo bertuliskan VPN, maka proses tadi sudah berhasil.

Jika belum berhasil, maka ulangi lagi dengan mencoba server yang berbeda pada situs vpnbook.com tadi. Ulangi langkah-langkahnya secara teliti. Pastikan juga untuk memasukan username dan password dengan benar.

Itulah pengertian tentang VPN dan cara menggunakan VPN bawaan android yang dapat dicoba oleh pengguna android. VPN sendiri merupakan sebuah fitur gratis, namun tetap harus dalam keadaan online saat menjalankannya. Jadi, pastikan koneksi internet yang dimiliki memadai untuk dapat menggunakan VPN.

Baca Juga »  Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *