Multiple display tidak muncul windows 10

Cara Mengatasi Multiple Display Tidak Muncul Windows 10 yang Mudah Dilakukan

Menggunakan layar komputer lebih dari satu sangatlah dianjurkan bagi beberapa profesi. Misalnya programmer, music engineer dan animator. Untuk menunjang hal tersebut, Windows 10 memiliki fitur multiple display. Fungsi ini juga bisa digunakan untuk layar proyektor. Hanya saja, terkadang terdapat kendala yang mengakibatkan multiple display tidak muncul Windows 10 atau tidak terdeteksi.

Tentunya ini sangat merepotkan, apalagi saat pekerjaan sudah sangat menumpuk. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

1. Cek Hardware Secara Manual

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab multiple display tidak muncul Windows 10. Biasanya beberapa penyebabnya antara lain karena masalah pada software, hardware, maupun keduanya. Disamping itu, mungkin pengguna PC lupa memasang kelengkapannya.

Jadi, saat menghubungkan ke monitor baru, pastikan semua kabel sudah terkoneksi dengan tepat di PC dan sumber listrik. Bila memang sudah terkoneksi tetapi multiple display belum muncul juga, coba cabut koneksi baik dari monitor maupun PC. Tunggu sekitar satu menit, kemudian pasang dan nyalakan kembali perangkat komputer.

2. Restart PC

Jika terlalu lama menyala, biasanya komputer maupun laptop akan sulit mengenali driver lain yang baru terhubung. Terutama saat komputer sudah masuk ke sleep mode dan terlalu lama dibiarkan tanpa aktivitas. Jadi, meskipun tidak ada masalah khusus pada komputer maupun monitor, ini dapat menyebabkan multiple display tidak muncul Windows 10. Salah satu solusi mudahnya yaitu hanya dengan restart perangkat komputer yang digunakan tersebut.

3. Tekan Windows Key+P

Meskipun semua hardware sudah menyala dan sudah di restart, masih ada kemungkinan monitor kedua belum bisa dipakai. Mungkin komputer perlu ditunggu beberapa saat untuk mendeteksi dan mengenali monitor. Bila sudah terdeteksi tetapi belum juga menyala, bisa jadi alasannya karena belum tersetting dengan baik. Ada pun cara setting yang bisa diikuti, yaitu sebagai berikut :

  • Tekan tombol Windows Key pada keyboard dan huruf P secara bersamaan.
  • Tunggu sampai terdapat beberapa pilihan terkait multiple display di sebelah kanan monitor.
  • Pilih ‘Extend’ untuk menambahkan monitor yang digunakan.
Baca Juga »  6 Cara Mengatasi Play Store Error Di Android

4. Cek VGA

Apabila masalah pada multiple display ini masih belum terselesaikan, coba cek driver VGA card atau On Board VGA yang digunakan. Hal ini karena, ada kemungkinan penyebab multiple display tidak muncul Windows 10 adalah karena driver VGA belum terupdate. Jadi, sebelum mencoba menyambungkan lagi ke monitor tambahan ada baiknya di update terlebih dahulu, dengan cara berikut ini:

  • Klik kanan Start.
  • Pilih Device Manager tunggu sampai muncul tampilan.
  • Pilih Display Adapter, kemudian di bawahnya akan muncul nama VGA yang digunakan,
  • Klik kanan, kemudian pilih Update Driver.

5. Ganti Kabel atau Konverter

Jika semua solusi di atas belum menyelesaikan permasalahan pada multiple display, mungkin penyebabnya adalah kabel maupun konverter yang rusak atau tidak sesuai persyaratan. Untuk itu, satu-satunya cara yaitu dengan mengganti kabel atau konverter yang digunakan. Sebelum mengganti keduanya, ada baiknya mencoba menyambungkan kabel dan konverter tersebut ke komputer lain. Bisa jadi hanya salah satunya yang perlu diganti.

Dengan lima solusi yang terjabarkan di atas, pastinya tidak bingung lagi apabila multiple display tidak muncul Windows 10. Perhatikan dahulu penyebab utamanya, setelah itu silahkan coba langkah yang disarankan. Jangan sampai hanya karena masalah sepele saja, semua perangkat pada komputer yang digunakan pengguna harus diganti dan justru hal itu akan merugikan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *