Saham Pertamina Berikut Penjelasan Lebih Detail dan Cara Membelinya (republika.co.id)
Saham Pertamina Berikut Penjelasan Lebih Detail dan Cara Membelinya (republika.co.id)

Saham Pertamina Berikut Penjelasan Lebih Detail dan Cara Membelinya

Saham Pertamina tentunya bukan suatu hal yang asing lagi. Bagi Anda seorang pemula yang ingin memulai investasi tak ada salahnya untuk pemilik saham yang satu ini.

Siapa yang tidak kenal Pertamina? Memiliki nama resmi PT Pertamina merupakan sebuah perusahaan BUMN yang memiliki tugas untuk mengelola penambangan minyak serta gas bumi yang ada di Indonesia. Pertamina masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 tahun 2013 lalu.

Selain itu Pertamina juga merupakan perusahaan milik negara BUMN terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan serta labanya. perusahaan ini juga aktif pada sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Hulu meliputi eksplorasi serta produksi minyak gas dan energi panas bumi. Untuk kegiatan Hilir mencakup pengolahan, pemasaran, perdagangan serta pengiriman.

Saham Pertamina Rekomendasi untuk Pemula

Bagi para pemula, jangan ragu untuk memilih saham Pertamina. Karena dari penjelasan diatas sudah menunjukkan bahwa perusahaan milik negara ini merupakan perusahaan terbesar dan terbaik.

Perusahaan ini juga sudah berdiri sejak tahun 1957. Kemudian tahun 1970-an Pertamina menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah Orde Baru yakni Presiden Soeharto. PT Pertamina juga memproduksi banyak komoditas. Misalnya adalah bahan bakar, minyak tanah, LPG, LNG serta Petrokimia.

Tak heran juga jika banyak orang yang memilih untuk investasi dengan saham Pertamina. Selain memiliki pendapatan dan laba yang menjanjikan, perusahaan ini juga merupakan perusahaan terbesar kedua penghasil minyak mentah setelah Chevron Pacific Indonesia. Kemudian, saat ini Pertamina memiliki 6 kilang minyak di Indonesia yang memiliki kapasitas produksi gabungan dengan besar satu juta barel minyak per harinya.

Baca Juga »  PGAS Saham Berikut Tutorial Mengenai Cara Membelinya Serta Harganya

Pemegang Saham PT Pertamina

PT perusahaan tambang minyak nasional merupakan perusahaan energi nasional yang sahamnya 100% dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia. Jadi, untuk para investor maupun nasabah, tak perlu khawatir lagi karena pemegang saham atau pemilik Pertamina hanya satu yakni pemerintah Republik Indonesia.

Cara Membeli Saham BUMN

Bagi pemula mungkin cara membeli saham Pertamina merupakan suatu hal yang membingungkan. Pemilik saham juga mempunyai hak supaya mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Pastikan juga broker pilihan yang Anda pilih adalah anggota bursa.

Untuk cara membeli saham Pertamina yang pertama adalah Anda harus membuka akun saham di kantor online maupun sekuritas. Salah satu instrumen investasi titik satuan yang berlaku dalam pembeliannya biasanya adalah lot. Dimana satu lot = 100 lembar saham.

Setelah Anda bisa login dengan menggunakan ID dan password, silahkan mencari menu buy. Setelah itu masukkan jumlah lot saham yang Anda inginkan. Perlu Anda ketahui juga untuk membeli saham Pertamina ini minimal 1 lot.

Setelah selesai memasukkan jumlah lot, nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai pemesanan. Apabila pesanan sudah sesuai, maka silahkan menekan menu Yes atau Ya.

Apabila permintaan belum sesuai maka, Anda bisa mengulangi pembelian.

Harga Saham Milik Republik Indonesia

Bagi yang tertarik untuk membeli saham Pertamina ini, perlu Anda ketahui mengenai harganya. Bagi Anda yang pemula, ada catatan penting.

Pasalnya, sekarang ini perusahaan PT Pertamina memiliki tiga anak buah Pertamina. Jika Anda ingin menjadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut, perlu diketahui saham-saham pada perusahaan tersebut dijual kurang lebih sebesar Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja per lotnya.

Pertamina sebagai salah satu investasi di masa mendatang tak perlu khawatir. Karena untuk anak perusahaan Pertamina sendiri setidaknya sudah ada 26 perusahaan. Walaupun begitu tidak semuanya juga melantai di bursa saham yang Anda miliki.

Baca Juga »  Kenali Saham Astra International, Analisis dan Sejarahnya

Seperti pada penjelasan bagian sebelumnya bahwa perusahaan Pertamina memiliki pendapatan serta laba yang sangat memuaskan. Jadi untuk Anda yang memilih saham ini sebagai investasi sudah pasti akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Meskipun semua saham memiliki risiko tersendiri, tetapi saham Pertamina akan memberi keuntungan yang lebih untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *