reksa dana syariah mandiri

Keuntungan Melakukan Investasi Reksa Dana Syariah Mandiri yang Perlu Diketahui 

Bank Mandiri Syariah sempat menyediakan tempat bagi para investor yang ingin menginvestasikan modal dalam bentuk Reksa Dana Syariah Mandiri. Efek Reksa Dana Syariah ini juga telah terdaftar OJK. Hal ini tentu menjadi kekuatan dan menghilangkan kekhawatiran investor saat akan melakukan investasi berupa Reksa Dana.

Nah, namun pada Februari 2021 Bank Syariah Mandiri melebur dan melakukan Merger dengan BNI Syariah serta BRI Syariah menjadi BSI.  Penggabungan tiga bank ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat tidak terkecuali di bidang Reksa Dana Syariah. Lalu, apa sih sebenarnya Reksa Dana Syariah itu? Mari simak ulasan berikut ini:

Apa Itu Reksa Dana Syariah?

Reksa Dana bisa dibilang merupakan suatu bentuk investasi dengan cara penghimpunan dana yang dijadikan satu. Dana itu sendiri akan berasal dari sekelompok orang atau masyarakat yang kemudian diinvestasikan dalam bentuk Efek Reksa Dana.

Hampir mirip dengan Reksa Dana Konvensional di beberapa aspek, Reksa Dana Syariah juga menyediakan jasa jual beli Reksa Dana. Bedanya adalah investor akan melakukan kegiatan mengikuti peraturan syariah Islam. Mulai dari Efek Portofolio yang diperjual belikan hingga tata cara pendapatan yang didapatkan akan ditentukan menurut Islam.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi setiap orang yang masih ragu melakukan investasi konvensional yang memiliki banyak resiko. Peraturan dan tata cara yang dijalankan menurut syariat Islam ini juga bisa dikatakan akan lebih terpercaya serta aman.

Baca Juga »  Perbedaan Transaksi Trading Emas Secara Langsung Dan Online

Lalu Apa Saja Keuntungan Reksa Dana Syariah?

Reksa Dana Syariah Mandiri yang kini bergabung dalam BSI mengacu pada tata cara Islam tentunya akan membuat investor dapat memperoleh penghasilan dengan lebih aman. Bila melihat dari pengertian diatas, lalu apa saja sih keuntungan melakukan investasi Reksa Dana Syariah? Simak ulasan berikut ini:

1. Likuiditas yang Tinggi

Salah satu keuntungan dari melakukan investasi Reksa Dana Syariah adalah memperoleh hak likuiditas yang tinggi. Hal ini tentunya akan memudahkan para investor saat ingin mencairkan Reksa Dana yang dimiliki. Pencairan ini juga bisa dilakukan kapan saja tentunya tetap dalam koridor aturan setiap Reksa Dana.

2. Memperoleh Keuntungan Disertifikasi Investasi

Keuntungan satu ini tentu menjadi satu hal yang sangat diinginkan oleh investor karena akan mengurangi persentase kerugian investasi. Disertifikasi investasi ini akan memungkinkan Reksa Dana tidak hanya berfokus pada satu efek. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi nilai kerugian meskipun tentu saja tetap tidak dapat dihilangkan.

3. Proses Transparansi

Investasi Reksa Dana Syariah  juga memungkinkan investor untuk dapat memantau secara langsung perkembangan yang terjadi. Hal ini tentunya akan memberikan keleluasaan investor untuk dapat mengetahui keuntungan serta kegiatan Reksa Dana yang dimiliki.

4. Proses yang Mudah

Bank Mandiri juga memberikan akses yang mudah bagi para investor. Reksa Dana yang diawasi oleh Manager Profesional tentunya akan memudahkan investor dalam memantau Reksa Dana. Proses diawal juga akan dipandu serta diarahkan dengan tepat serta mudah sesuai dengan syariah Islam.

5. Dana Rendah

Satu keuntungan lain yang bisa didapatkan melalui Reksa Dana Syariah adalah penanaman modal yang rendah. Tentu bukan rahasia umum lagi bila dana yang dibutuhkan untuk melakukan Reksa Dana memang tergolong lebih rendah.

Baca Juga »  Rekomendasi Broker Forex Terbaik Yang Bisa Anda Pilih

Itulah tadi sedikit tentang Reksa Dana Syariah Mandiri yang sudah bergabung dalam BSI. Tentunya dengan tetap mematuhi koridor yang berlalu pada perusahaan serta syariah Islam, semua kegiatan Reksa Dana akan berjalan lancar dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *