Cara Memperbaiki Memory Card Rusak pada Smartphone

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak pada Smartphone

Ketika penyimpanan ponsel terbatas, keberadaan memory card sangat berguna untuk menambah kapasitasnya. Dengan memory card, pengguna ponsel bisa memiliki tambahan ruang untuk menyimpan foto, video, ataupun file penting lainnya di ponsel. Memang menyusahkah jika memory card mengalami masalah. Jangan panik, coba dulu beberapa cara memperbaiki memory card rusak dibawah ini untuk mengatasinya.

1. Bersihkan Memory Card

Membersihkan konektor memory card yang rusak merupakan cara pertama yang perlu di coba. Biasa saja konektornya kotor atau lembab karna tak pernah dibersihkan. Akibatnya kartu memory tidak bisa terbaca. Keluarkan kartu SD dari perangkat smartphone, lalu bersihkan pin konektornya.

Cara memperbaiki memory card rusak dengan menggosok perlahan pin konektor. Yaitu bagian yang berupa lempengan tembaga berwarna kekuningan pada kartu SD. Jangan membersihkannya menggunakan air. Setelah terlihat kinclong, coba cek dengan memasangkannya kembali pada smartphone.

2. Restart Smartphone

Jika langkah diatas belum berhasil, coba restart smartphone. Ada kemungkinan kartu memori tidak terbaca akibat adanya gangguan dalam sistem perangkat. Gangguan sistem kadang terjadi ketika pengguna terlalu sering melepas dan memasangkan SD card. Dapat pula terjadi akibat serangan virus atau malware.

Menghidupkan ulang smartphone bisa membantu menangani masalah tersebut. Ketika perangkat di restart, maka sistem perangkat akan kembali dimulai dari awal. Jadi gangguan yang sebelumnya terjadi akan hilang. Kartu memori yang awalnya tidak terbaca pun, akan dapat terbaca kembali.

3. Pasangkan Kartu Memori di Perangkat Lain

Bisa juga perangkat smartphone tempat SD card terpasang mengalami kerusakan. Akibatnya kartu memory jadi tidak dapat dibaca atau dideteksi. Untuk mengeceknya, coba pindahkan kartu memori tersebut ke perangkat lain. Misalnya ke smartphone lain, tablet,  atau PC.

Baca Juga »  Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan Paling Ampuh

Pindahkan memory card pada smartphone lain. Setelah itu lakukan pengecekan, apakah SD card dapat dideteksi dan dibaca menggunakan perangkat tersebut. Jika bisa, berarti permasalahan ada pada smartphone, bukan memorycard nya. Bisa jadi komponen yang bertugas membaca SD card mengalami kerusakan

4. Gunakan Aplikasi untuk Memperbaiki Memory Card

Cara memperbaiki memory card rusak juga dapat diatasi oleh beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play. Ketikkan kata kunci SD card Repair pada bagian pencarian aplikasi. Google play akan menunjukkan beberapa list aplikasi terkait. Sebaiknya pilih aplikasi yang memiliki rating tinggi dan ulasan yang baik.

Kartu memory yang rusak dapat mengakibatkan data yang disimpan rusak, terkorupsi, bahkan hilang. Aplikasi pemulihan data dapat diandalkan untuk mengatasi hal ini. Misalnya aplikasi SD card Recovery atau  sejenisnya. Ada banyak aplikasi yang bisa dicoba dengan mengetikkan kata kunci ‘SD card recovery’.

5. Format Kartu Memory

Terakhir, memformat SD card bisa jadi pilihan cara memperbaiki memory card rusak. Mungkin cara ini pilihan terakhir. Sebab memformat kartu memori berarti menghapus semua data dalam memori card. Semua data, termasuk data yang tidak sempat terselamatkan akan hilang. Namun patut dicoba, setidaknya memory card masih bisa digunakan lagi kedepannya.

Untuk memformat memory card, pengguna bisa melakukannya melalui menu pengaturan perangkat pada smartphone. Cari menu penyimpanan, lalu buka tab Kartu SD, selanjutnya pilih opsi format kartu SD. Cara lain pengguna bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di unduh dari Google Play. Misalnya aplikasi Format SD Card.

Demikian kelima cara memperbaiki memory card rusak pada smartphone yang bisa dicoba. Cara lain pengguna bisa menggunakan laptop atau PC untuk mencoba memperbaikinya. Baik menggunakan cara perbaikan yang disediakan sistem komputer atau dengan menggunakan software perbaikan SD card. Semoga bermanfaat.

Baca Juga »  5 Aplikasi Untuk Menyetem Gitar Ini Memudahkan Para Gitaris Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *