Cara Mengatasi Gangguan Indihome

5 Cara Mengatasi Gangguan Indihome agar Internet Lancar

Penggunaan internet saat ini menjadi kebutuhan primer. Karena semua aktivitas manusia berkaitan dengan internet. Apalagi kondisi pandemi yang mengharuskan bekerja dari rumah, tentu saja internet sangat dibutuhkan. Namun ada kalanya internet mengalami gangguan, seperti yang sering dialami oleh pengguna Indihome. Berikut ini cara mengatasi gangguan Indihome yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Kurangi Jumlah Pengguna Modem Indihome

Jaringan Indihome yang terpasang di rumah, bisa mengalami lemot karena banyaknya penghuni rumah yang memakai jaringan Indihome. Hal ini dikarenakan paket internet yang sedang dipakai akan dibagi dengan jumlah pengguna jaringan. Contohnya, jika berlangganan paket yang memiliki jaringan 50 mbps, sedangkan jumlah pemakainya ada 10 orang. Maka masing-masing orang hanya bisa menggunakan 5 mbps saja.

Cara untuk mengatasinya yaitu bisa berlangganan ke paket internet yang lebih besar dan lebih cepat, jika ingin dipakai oleh banyak pengguna. Selain itu, bisa juga dengan memutuskan sambungan internet. Jadi sebagian pengguna harus memutuskan sambungan supaya pengguna lain bisa memiliki koneksi internet yang cepat.

2. Adanya Perbaikan dari Pusat Indihome

Sebagai perusahaan penyedia fasilitas internet, tentu saja Indihome akan terus berupaya untuk memperbaiki koneksi internetnya supaya pengguna betah memakainya. Salah satu upaya yang terus dilakukan yaitu melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap jaringan internetnya.

Pada saat proses pemeliharaan inilah jaringan internet tidak bisa digunakan secara maksimal. Alhasil terjadilah internet yang lemot pada saat digunakan oleh penggunanya. Maka dari itu, pengguna perlu memaklumi hal ini dan bersabar dalam menunggu proses pemeliharaan sampai selesai.

Baca Juga »  Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Cara mengatasi gangguan Indihome dalam hal ini yaitu coba lakukan restart pada modem. Bisa dilakukan beberapa kali untuk mengecek apakah proses pemeliharaan sudah selesai atau belum. Selain itu, bisa gunakan paket data dari provider lainnya apabila dalam kondisi darurat yang butuh menggunakan koneksi internet.

3. Perbaiki Kabel Modem

Gangguan pada jaringan internet bisa disebabkan karena perangkat modem yang digunakan mengalami kerusakan. Pada kasus Indihome, biasanya yang terjadi yaitu adanya kabel optik yang terhubung pada modem mengalami putus atau tidak terpasang dengan rapat. Untuk mengetahui adanya kabel yang putus, bisa dilihat dari lampu indikator di modem yang menyala merah.

Untuk memperbaikinya, tentu saja harus meminta bantuan langsung dari pihak Indihome. Indihome akan mengirimkan teknisi untuk mengecek kondisi modem. Untuk memanggil teknisi dari Indihome, pengguna perlu melakukan pengaduan terlebih dahulu. Setelah pengaduan diterima, pelapor perlu menunggu teknisi hingga beberapa hari.

4. Membayar Tagihan Jatuh Tempo

Untuk menikmati layanan internet Indihome, tentu saja pengguna harus membayar sejumlah tagihan yang dibebankan sesuai dengan paket internet yang digunakan. Pembayaran tagihan pada saat ini terbilang mudah, karena bisa membayarnya di e-commerce maupun e-wallet. Adanya kemudahan ini, masih saja ada pengguna yang tidak membayar tepat waktu.

Dalam hal ini, layanan Indihome masih bisa digunakan, namun dalam jangka waktu tertentu, tagihan masih belum dibayar maka layanan internet akan diputus. Hal ini yang menyebabkan internet mengalami gangguan. Cara mengatasi gangguan Indihome dalam kasus ini yaitu pengguna diharuskan untuk membayar tagihan yang menunggak.

5. Atur Kembali Penempatan Modem

Gangguan sinyal internet juga bisa terjadi pada penempatan modem yang salah. Penempatan modem yang benar yaitu diletakkan pada tempat yang tidak terhalang oleh benda supaya sinyal berhasil ditangkap dan disalurkan dengan optimal. Sedangkan penempatan yang salah yaitu ditempatkan di ruang yang tertutup. Kondisi ruang yang tertutup membuat sinyal sulit untuk diterima dan disalurkan.

Baca Juga »  Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi Nomor HP Tidak Aktif Lewat HP dengan Mudah

Itulah 5 cara mengatasi gangguan Indihome. Apabila masih belum berhasil, maka perlu melakukan pengaduan ke pusat bantuan Indihome. Karena bisa jadi ada kerusakan tertentu yang hanya bisa diselesaikan oleh tim teknisi dari Indihome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *