cara mengatasi mobile legends stuck di loading

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading Berdasarkan Penyebabnya

Menghadapi stuck pada saat loading game memang menyebalkan. Apalagi jika kejadiannya dialami saat bermain Mobile Legends yang notabenenya bisa mengusir kebosanan. Adapun cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading menjadi satu-satunya solusi. Sebenarnya setiap game pasti pernah mengalami processing crash.

Hal ini juga berlaku pada game Mobile Legends. Ada beberapa indikator yang menyebabkan game ini tidak berproses pada saat loading. Mulai dari faktor eksternal hingga faktor internal. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya berdasarkan penyebabnya, antara lain:

1. Menghapus Cache yang Menumpuk

Cache adalah suatu kumpulan data yang disimpan dari suatu proses perhitungan sebelumnya dalam suatu aplikasi. Fungsinya adalah untuk mempercepat proses aplikasi ketika data diminta kembali di masa mendatang. Menumpuknya cache bisa menyebabkan space memori habis dan sistem tidak berjalan baik.

Solusi terbaik permasalahan ini adalah dengan menghapus file cache yang tidak diperlukan. Player dapat beralih ke pengaturan handphone dan masuk ke menu aplikasi. Pilihlah aplikasi yang tidak begitu penting. Pada bagian cache ini tekan hapus cache. Tunggulah hingga cache terhapus.

2. Ganti Koneksi yang Buruk

Ketersedian konektivitas internet memang sangat diperlukan bagi permainan buatan Mooton ini. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab buruknya koneksi internet. Mulai dari cuaca yang buruk, handphone yang error, provider bermasalah, hingga kondisi geografis yang tidak didukung konektivitas yang bagus.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengganti konektivitas dari 4G ke 3G. Hal ini karena beberapa wilayah terkadang tidak didukung konektivitas 4G. Jika masih tidak bisa, cobalah mematikan sinyal dan menyalakannya kembali. Seandainya masih tidak bisa, cobalah untuk melakukan restart handphone karena terkadang kesalahan sistem yang membuat sinyal menjadi tidak bagus.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat! Cara Merubah Font di Bio Instagram Tanpa Aplikasi

3. Hentikan Beberapa Aplikasi Saat RAM Kepenuhan

RAM berfungsi sebagai penyimpanan data yang bekerja secara realtime dan kode mesin. Banyaknya aplikasi yang bekerja, akan membuat RAM kepenuhan dan mempengaruhi kinerja sistem. Cara terbaik mengatasi kepenuhan RAM adalah dengan menghentikan aplikasi yang memberatkan RAM untuk bekerja.

Cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading karena kepenuhan RAM bisa dengan menghentikan beberapa aplikasi. Player bisa pergi ke pengaturan kemudian pilih menu aplikasi. Pilihlah aplikasi yang tidak diperlukan dan tekan paksa berhenti. Jika tetap tidak merespon, cobalah uninstal beberapa aplikasi.

4. Lakukan Uninstal Saat File Rusak

Salah satu yang bisa menjadi penyebab selanjutnya adalah adanya kerusakan file dari game satu ini. File ini sangatlah penting, sehingga adanya kerusakan akan sangat mempengaruhi kinerja game. Virus hingga proses download yang tidak sempurna bisa menjadi penyebabnya.

Untuk menanggulangi masalah ini, lakukanlah proses uninstal pada game satu ini. Hapus file yang tersisa, selanjutnya download dan instal kembali. Pastikan koneksi internet dan kapasitas penyimpanan dalam keadaan baik. Pasang juga anti virus untuk memastikan ponsel bebas dari virus.

5. Menunggu Server Up Kembali Saat Downtime

Downtime adalah suatu kondisi dimana server tidak dapat bekerja normal seperti biasanya. Kejadian ini bisa disebabkan oleh faktor disengaja dan tidak disengaja. Faktor disengaja biasanya karena adanya perawatan secara rutin, sedangkan faktor tidak disengaja biasanya karena kerusakan sistem pada server.

Permasalahan ini hanya bisa diatasi oleh pihak developer game Mobile Legends. Satu-satunya solusi bagi player game ini adalah dengan bersabar. Tidak ada hal yang bisa dilakukan lagi selain dari menunggu server “up” kembali.

Demikian beberapa cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading berdasarkan penyebabnya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Kuncinya hanya satu yaitu mau mencari tahu. Dimana ada masalah, disitu ada solusinya.

Baca Juga »  Cara Memutus Jaringan WiFi IndiHome dari Pengguna Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *