Inilah Cara Mengatasi FB Kena Spam Dengan Tepat

Inilah Cara Mengatasi FB Kena Spam Dengan Tepat

Tanpa disadari banyak orang yang seringkali  terjebak dengan tawaran aplikasi tertentu, yang ternyata merupakan spam. Sebagaimana yang marak akhir-akhir ini , banyak akun facebook terindikasi korban spam. Sehingga secara otomatis akun tersebut membagikan status dan konten negatif yang terlalu vulgar. Untuk itu lah diperlukan cara mengatasi FB kena spam dengan tepat.

Para pemilik akun FB tentu akan sangat dirugikan, apalagi jika dampak dari spam tersebut berimbas kepada keluarga dan koleganya. Akan menjadi semakin buruk lagi jika, spam terbut juga menyebar ke dalam grup-gru yang dikuti pemilik akun tersebut. Alhasil reputasi pemilik akun pun menjadi buruk, bahkan dapat memancing ketidaknyaman dalam hubungannya di dunia nyata.

Secepatnya Lakukan Pemulihan

Cara mengatasi FB kena spam adalah dengan secepatnya melakukan pemulihan, sebelum dampaknya semakin meluas. Spam biasanya disebarkan lewat berbagai penawaran instal perangkat lunak tertentu yang berbahaya atau dapat juga dengan meng-klik tautan terselubung yang jahat. Dengan tujuan agar oknum penipu memperoleh  akses masuk ke akun FB orang lain, yang  juga akan dimanfaatkan untuk menyebarkan spam.

Jadi ketika menerima atau mendapat kiriman tautan atau penawaran piranti lunak dalam linimasanya, sebaiknya pemilik akun FB mewaspadai hal tersebut. Namun jika pengguna sudah terlanjur meng-klik atau menginstal piranti lunak yang ternyata spam, maka, segera laukan pemulihan akun FB miliknya. Nah, cara mengatasi FB kena spam, dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

    • Pertama, lakukan pengamanan pada akun FB-nya terlebih dulu, dengan mencoba login. Namun jika gagal, sebaiknya pemilik akun ambil tindakan dengan meng-klik lupa sandi , untuk kemudian mengganti kode sandi login. Nah, jika seseorang atau oknum tersebut terus membagikan postingan yang di-indikasikan sebagai spam, segera hapus dan blokir pertemannan atau melaporkannya.
    • Kedua, segera periksa aktivitas selama beberapa waktu terakhir. Untuk memeriksa adanya aktivitas login yang dianggap mencurigakan. kemudian periksa notifikasi terbaru dan hapus yang dianggap mencurigakan. Selanjutnya cek aplikasi maupun game yang terinstal dan hapus bila mencurigakan. Demikian juga dengan postingan atau konten baik di halaman maupun grup.
    • ketiga, lakukan pelaporan ke facebook, untuk mencegah semakin meluasnya perilaku tidak terpuji tersebut.
Baca Juga »  Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan Paling Ampuh

Siapkan Langkah Antisipasi Pencegahan Spam

Hampir semua pemilik akun FB dipastikan pernah mengalami gangguan yang ditimbulkan oleh munculnya spam. Namun kebanyakan pemilik akun mengabaikannya, padahal cara mengatasi FB kena spam terbilang cukup gampang. Akan tetapi yang paling penting adalah upaya pencegahan atau langkah antisipasi, agar aman dari kemugkinan spam.

Selalu lakukan pemeriksaan aktivitas dalam waktu tertentu secara konsisten, seperti setiap 3 hari atau 1 minggu sekali. Hal ini mengakibatkan adanya aktivitas maupun sesuatu yang mencurigakan, akan dapat segera diketahui. Meskipun langkah ini terbilang sederhana, namun cukup efektif untuk mengantisipasi atau pencegahan kemungkinan adanya spam.

Selain itu secara rutin mengganti kata sandi untuk login ke akun FB, demikian juga dengan foto profile. Hal ini akan menyulitkan seseorang atau oknum yang mencoba melakukan tindakan tidak terpujinya. Jangan biarkan akun FB tersebut tanpa aktivitas, meskipun hanya sekedar sapa atau posting sederhana.

Waspadai setiap penawaran piranti lunak yang sering muncul dalam linimasa. Sebab spam biasa disebar melalui berbagai posting dan penawaran di linimasa orang lain. Tujuannya untuk memudahakan mendapatkan target atau korban baru melaui spam yang ditebarkannya, yang kemudian akan dimanfaatkan untuk suatu tidak kejahatan atau lainnya.

Nah, demikian cara mengatasi FB kena spam dengan tepat. Spam yang biasa muncul dalam linimasa tersebut, disusupkan dengan berbagai klik tautan maupun beragam penawaran piranti lunak. Sehingga orang lain tidak menyadarinya, sampai suatu masalah mulai timbul sebagai dampak dari spam yang merugikan  tersebut. Tindakan pencegahan atau antisipasi menjadi solusi terbaik.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *