cara mengatasi kartu telkomsel tidak ada layanan

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan Paling Ampuh

Permasalahan pada handphone bermacam-macam, tidak hanya pada fisiknya saja tapi juga pada layanan kartu SIMnya. SIM yang dimaksud disini adalah SIM card. SIM card bermacam-macam, salah satunya yang menjadi primadona adalah Telkomsel. Permasalahan yang sering ditemukan adalah SIM card tidak ada layanan. Berikut ini cara mengatasi kartu telkomsel tidak ada layanan, antara lain:

1. Coba Mode Pesawat

Cara ini sangat mudah dan pengguna tidak perlu membongkar handphonenya. Apabila pengguna menemukan layanan tidak muncul pada handphone nya, coba hidupkan mode pesawat. Caranya cari ikon pesawat pada menu atas handphone atau smartphone.

Klik ikon tersebut hingga muncul ikon pesawat pada layanan jaringan di atas. Tunggu sebentar, kemudian klik lagi agar mode pesawat hilang. Secara otomatis jaringan akan melakukan refresh, kemudian layanan akan muncul.

2. Lakukan Boot Ulang atau Restart

Selain cara pertama diatas, pengguna juga bisa lakukan boot ulang. Tips kedua ini fungsinya hampir sama dengan mode pesawat. Hanya saja restart atau boot ulang akan merefresh handphone secara menyeluruh. Sedangkan mode pesawat hanya pada layanan jaringannya saja.

Caranya mudah, tekan tombol power agak lama. Kemudian akan muncul menu matikan daya dan restart atau boot. Pilih restart atau boot, kemudian secara otomatis HP pengguna akan merestart sistemnya. Cara ini biasanya juga sering berhasil.

3. Melepas, Memeriksa dan Mencoba lagi SIM Card

Lepas SIM card yang sudah terpasang untuk memeriksa apakah ada kesalahan atau kurang tepat saat memasangnya. Periksa juga kebersihannya. Bersihkan secara perlahan, jangan terlalu keras hingga membuat tembaga rusak. Cara ini juga secara tidak langsung refresh sistem layanan jaringan. Jadi setelah dibuka kemudian diperiksa, silakan coba untuk masukan lagi. Pastikan memasangnya dengan tepat.

Baca Juga »  Anti Lemot! Inilah Cara Menggunakan Anonytun Internet Gratis

4. Coba SIM Card di HP Lain

Tahap keempat ini penting dilakukan untuk cek sebenarnya apa yang menjadi masalah. Apakah SIM cardnya atau jangan-jangan handphonenya. Lepas SIM card dengan aman, kemudian masukan pada Hp lain. Bisa pinjam Hp keluarga atau HP teman. Cara ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman untuk memulai tindakan selanjutnya.

5. Periksa ke Kantor Grapari

Apabila cara mengatasi kartu telkomsel tidak ada layanan di atas belum juga bisa memberikan jawaban. Pengguna bisa membawanya ke kantor grapari. Kantor grapari adalah kantor pelayanan untuk para pengguna kartu Telkomsel. Grapari melayani keluhan pengguna SIM card telkomsel, bahkan pengguna bisa merubah SIMcard berjaringan 3G menjadi 4G.

Pengguna yang mempunyai permasalahan kartu telkomsel tidak ada layanan bisa jadi karena registrasi belum selesai. Jika memang benar-benar kesulitan bisa menuju ke Grapari. Jangan lupa membawa HP dan SIM cardnya ketika menuju ke kantor Grapari.

6. Lakukan Servis Handphone

Jika pengguna sudah mencoba cara di atas ternyata mendapati yang bermasalah adalah handphonenya, maka bawalah ke tukang servis handphone. Terkadang handphone juga memiliki masa lelah seperti halnya manusia. Jadi perlu adanya peremajaan atau servis. Dengan melakukan servis maka kinerja handphone dapat lebih baik.

Demikian cara mengatasi kartu telkomsel tidak ada layanan yang dapat pengguna coba. Cobalah dari cara pertama terlebih dahulu jika mendapati permasalahan tersebut. Pentingnya SIMcard memang mengharuskan pengguna mengerti cara registrasi dan cara awal penanganannya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada dalam keadaan darurat dan tidak bisa ke kantor Grapari Telkomsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *