Sempurnakan Ibadah Dengan Mengetahui Cara Mandi Junub Yang Benar Menurut Islam

Sempurnakan Ibadah Dengan Mengetahui Cara Mandi Junub Yang Benar Menurut Islam

Banyak orang tidak mengetahui tata cara mandi junub atau mandi besar yang benar. Selaras dengan namanya, pembersihan diri ini wajib dilakukan bagi seorang wanita yang selesai haid ataupun setelah melakukan hubungan suami istri. Adapun cara mandi junub yang benar menurut Islam seharusnya bisa menjadi wacana agar semua muslim dapat menjalankan sesuai sunah nabi.

Salah satu manfaat mandi junub adalah sebagai penghilang hadas kecil maupun hadas besar. Sebagai seorang muslim, harus paham mengenai tata cara mandi besar yang benar sebagai salah satu faktor penyempurna ibadah. Langsung saja berikut tahapan melakukan mandi junub:

1. Niat Mandi Junub

Hal pertama yakni dengan membaca niat mandi junub. Niat mandi besar ini bisa dibaca secara lisan maupun dalam hati. Niat merupakan hal paling utama sebelum melakukan segala kegiatan termasuk sebelum melakukan mandi besar.

2. Mandi Mencuci Telapak Tangan 3 Kali

Apabila niat telah ditetapkan langkah berikutnya yakni membasuh telapak tangan sebanyak tiga kali. Caranya yakni seperti saat seseorang ingin berwudhu. Mengapa? Sebagian ulama mengatakan bahwa hikmahnya yaitu kemungkinan pada saat berhubungan badan memegang kemaluan pasangan atau sesuatu yang dianggap kotor kemudian mencucinya.

3. Mencuci Kemaluan Dari Depan Dan Belakang

Mencuci kemaluan dari depan dan belakang secara baik menggunakan tangan kiri merupakan suatu cara mandi junub yang benar menurut Islam. Mengapa harus menggunakan tangan kiri? Selaras dengan sunnah nabi Muhammad SAW yang juga menggunakan tangan kiri untuk membersihkan diri.

Baca Juga »  Mengenal Manfaat Puasa Weton Untuk Diri Sendiri

4. Berwudhu Sebagimana Wudhu Untuk Salat

Saat seseorang melakukan mandi junub, langkah ketiga yakni berwudu seperti wudunya orang yang hendak salat. Dengan catatan yakni tetap menjaga wudu dari segala hal yang membatalkan serta tidak menyentuh kemaluan menggunakan tangan manapun.

5. Menyela Rambut Dengan Jari Sebanyak 3 Kali

Caranya yakni dengan mengambil air pada jari-jari lalu menyela rambut menggunakan jari-jari sebanyak 3 kali hingga ke kulit kepala. Usap secara perlahan dengan menetapkan niat bahwa kegiatan mandi ini semata-mata karena Allah SWT.

6. Mengguyurkan Air Sebanyak 3 Cakupan Tangan Ke Kepala

Untuk membersihkan hadas kecil maupun besar dengan mandi junub, cara berikutnya yakni mengguyurkan air sebanyak tiga cakupan tangan atau boleh menggunakan gayung sebanyak tiga kali ke kepala hingga basah kulit kepala.

7. Membasuh Tubuh Sebelah Kanan Lalu Sebelah Kiri

Selanjutnya yakni membasuh tubuh sebelah kanan dimulai dari bagian tubuh paling atas yakni kepala lalu ke yang paling bawah. Bisa juga menyiram air dari kepala hingga air tersebut menguyur ke bawah. Dilanjutkan dengan membasuh tubuh sebelah kiri dengan tata cara yang sama.

Disertai catatan untuk tidak menyentuh kemaluan seperti yang telah disinggung sebelumnya untuk menjaga wudhu agar tidak batal. Sebab wudu yang pertama bisa dipakai untuk salat asalkan tidak menyentuh kemaluan. Namun jika sengaja maupun tidak menyentuh kemaluan, maka sebelum salat harus wudhu lagi.

8. Membasuh Seluruh Tubuh Secara Baik

Dalam hal ini dapat diartikan yakni dengan mengguyur seluruh bagian tubuh secara baik dengan menyeluruh. Akhiri dengan membersihkan bagian ketiak, pusar serta belakang lutut. Bagian inilah yang terkadang tidak kena air, maka disarankan untuk juga membersihkan bagian yang tertera pada poin terakhir ini.

Baca Juga »  Inilah Beberapa Cara Merawat Kehamilan Menurut Islam yang Wajib Bunda Tahu

Itulah tahapan cara mandi junub yang benar menurut Islam. Apabila pada tahap wudu yang pertama seseorang tidak sampai menyentuh kemaluan, maka dapat digunakan untuk salat. Namun sebaliknya apabila seseorang tersebut menyentuh kemaluan maka haruslah melakukan wudu kedua setelah proses mandi junub selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *