Cara Menghilangkan Rasa Rindu Menurut Islam agar Tidak Berdosa

Cara Menghilangkan Rasa Rindu Menurut Islam agar Tidak Berdosa

Perasaan cinta pada manusia tidak bisa terpisahkan. Sadarkah jika seseorang lahir juga atas dasar cinta. Cinta tumbuh tanpa mengenal batasan usia. Rasa kasih sayang bisa kepada pasangan atau keluarga. Sebagai umat muslim, juga tidak luput dari namanya cinta. Cara menghilangkan rasa rindu menurut Islam cukup menarik diulik agar tetap terjaga dalam pondasi agama.

Namun persoalannya, terkadang manusia merasa rindu kepada orang yang bukan halal baginya. Namun apa daya rasa itu muncul tanpa diduga. Lalu adakah cara untuk menghilangkan rasa rindu tersebut? berikut beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk mengusir rindu pada seseorang:

1. Banyak Berdo’a Kepada Allah

Allah tempat setiap mahkluk berkeluh kesah. Terlepas dari apapun beban hidup yang dipikulnya. Seiring berjalannya usia, seringkali orang merasa rindu dengan orang lain yang bukan muhrimnya. Sebagai orang beriman seharusnya kepada Allah semua rasa dicurahkan.

Kerinduan kepada bukan halal menjadikan suatu penyakit hati yang berimbas pada pikiran kotor hingga nekat berzina. Jalan terbaik yang bisa dilakukan yakni dengan berserah diri dan selalu berdo’a. Tekadkan hati bahwa apapun yang terjadi adalah kehendak-Nya. Entah itu mengenai kematian, jodoh ataupun nasib seseorang.

2. Sibukkan Diri dengan Melakukan Hal Positif

Salah satu cara menghilangkan rasa rindu menurut Islam yang patut diteladani yakni dengan menyibukkan diri. Melakukan kegiatan yang baik atau bahkan bermanfaat bagi orang lain. Ini secara perlahan akan menghapus rasa rindu kepada seseorang. Lalu apa contoh kegiatan menyibukkan diri tersebut?

Baca Juga »  Mari Tingkatkan Iman Dengan Mengetahui Cara Menghilangkan Rasa Jenuh Menurut Islam

Sebenarnya ada banyak cara, beberapa diantaranya seperti melakukan dakwah di berbagai tempat, mengajar atau berkumpul dengan anak-anak yatim, ikut dalam berbagai kegiatan mengaji, bergaul dengan teman-teman baik yang membawa pada hal-hal menuju kebaikan. Hindari untuk mendengarkan lagu-lagu bernuansa cinta agar rasa rindu tidak muncul kembali.

3.Yakinlah Bahwa Jodoh di Tangan Tuhan

Sejauh dan seberat apapun seseorang mengejar jodohnya, tiada akan pernah berhasil jika Tuhan tidak berkehendak. Bukan hal asing jika ada seseorang yang telah lama menjalin cinta kemudian putus, atau juga seperti bertunangan namun tidak sampai pelaminan. Sebaliknya, tidak sedikit juga yang menghindari pacaran namun menggantinya dengan ta’aruf.

Hanya berselang beberapa bulan dan berakhir bahagia di pelaminan. Itu merupakan salah satu bukti jika meski seseorang yakin bahwa itu jodohnya, merasa sangat cinta namun apabila belum dikehendaki Allah SWT semua tidak mungkin terjadi. Jadi solusi utamanya yakni dengan menyerahkan segala urusan hanya kepada-Nya.

4. Menjaga Shalat

Shalat merupakan sarana pokok sebagai pondasi iman. Apabila seseorang kuat dalam iman, maka tidaklah mungkin dapat terbelenggu dalam kesesatan. Rindu terhadap orang terkasih yang bukan muhrim merupakan salah satu bentuk dosa yang harus dihindari. Terkecuali apabila rindu pasangan suami istri. Dengan menjaga shalat, sudah barang tentu orang tersebut dapat menjaga hati sekalipun rasa tersebut bergejolak dalam nurani.

5. Giat Membaca Al-Qur’an

Selain menjaga kewajiban shalat, hal lain yang bisa menjadi cara menghilangkan rasa rindu menurut Islam yakni dengan memperbanyak membaca ayat suci Al-Qur’an. Tahukah sobat islami di rumah, jika membaca ayat Al-Qur’an mampu menenangkan hati pembacanya. Inilah yang kemudian memunculkan rasa pasrah terhadap segala ketentuan-nya, termasuk masalah jodoh.

Baca Juga »  Inilah Keistimewaan Serta Kisah Nabi Ulul Azmi Secara Singkat

Mengetahui cara menghilangkan rasa rindu menurut Islam bisa menjadi benteng agar tidak terjerumus dalam dosa. Sebagai muslim yang baik tidak sepantasnya seseorang baik laki-laki maupun perempuan memendam rasa rindu kepada siapa yang bukan muhrimnya. Apabila memang berniat menikah, menikahnya dengan yang memiliki agama serta iman yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *