Mengenal Manfaat Puasa Weton Untuk Diri Sendiri

Mengenal Manfaat Puasa Weton Untuk Diri Sendiri

Dalam adat Jawa dikenal yang namanya puasa weton. Apa yang dimaksud puasa weton? Apakah ada manfaat puasa weton untuk diri sendiri ataupun orang lain? Bagi yang belum mengetahui puasa weton merupakan sebuah kebiasan berpuasa yang dilakukan orang untuk memperingati hari kelahiran.

Dalam adat Jawa ada yang namanya weton atau hari lahir seseorang yang biasanya dijadikan sebuah patokan yang merujuk ramalan tertentu. Seperti saat mencari jodoh, adakah kecocokan weton kedua mempelai. Lalu adakah manfaat puasa weton untuk yang melakukannya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat baik bagi seseorang yang bersedia berpuasa weton:

1. Tubuh Lebih Sehat

Tidak jauh berbeda seperti halnya puasa wajib bulan Ramadhan, puasa sunnah senin-kamis atau puasa Muharram, berpuasa weton juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Daya tahan tubuh serta peredaran darah menjadi lebih lancar. Namun pastikan untuk tidak berbuka secara berlebihan, agar tubuh tetap sehat. Usahakan untuk tidak langsung makan nasi atau makanan berat saat berbuka.

Baca Juga »  Inilah Beberapa Cara Merawat Kehamilan Menurut Islam yang Wajib Bunda Tahu

2. Meningkatkan Mental Seseorang

Kekuatan mental penting sebagai penyokong kualitas kehidupan. Melalui puasa weton inilah mental seseorang akan meningkat. Tidak hanya menahan haus dan dahaga, seseorang yang melakukan puasa ini juga harus mampu menahan nafsu dari segala bentuk hal duniawi. Tidak sampai disitu, orang yang berniat sungguh-sugguh berpuasa hanya karena Allah akan senantiasan merasa bersyukur.

Pada dasarnya puasa merupakan sebuah gambaran bagi orang beriman untuk melihat bagaimana penderitaan para fakir disaat haus dan lapar namun tidak memiliki makanan. Dengan kata lain, Tuhan ingin hamba-Nya juga merasakan penderitaan fakir miskin, sehingga diharapkan bisa selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini.

Baca Juga »  Inilah Keistimewaan Serta Kisah Nabi Ulul Azmi Secara Singkat

3. Menambah Kepekaan Batin

Orang-orang yang sering melakukan puasa weton dengan baik dan benar mampu menajamkan kepekaan terhadap nilai spiritual seseorang, dimana mata batin seseorang juga bisa lebih tajam. Hal ini harus diimbangi dengan mental yang besar, sebab ketika seseorang memiliki ketajaman mata batin maka tidak menutup kemungkinan bisa melihat hal-hal berbau gaib di sekitar.

4. Mengabulkan Hajat

Manfaat puasa weton untuk diri sendiri yang juga harus diketahui ialah sebagai sarana mengabulkan hajat seseorang. Melakukan puasa weton dengan niat yang baik serta tulus bisa menjadi jalan sebagai jembatan pengabul doa.

Berpuasa dengan berserah diri kepada Allah merupakan jalan bagi orang-orang beriman untuk mendapat pahala. Namun jangan niatkan puasa hanya mendominasi persoalan harta dunia. Ingat bahwa dunia ini sementara yang dimana seseorang harus lebih mendekat kepada Sang Pencipta.

Baca Juga »  Sempurnakan Ibadah Dengan Mengetahui Cara Mandi Junub Yang Benar Menurut Islam

5. Menimbulkan Rasa Kasih Yang Besar

Banyak kebaikan yang bisa dirasakan seseorang kala melakukan puasa. Selain manfaat puasa weton untuk diri sendiri, ternyata hal ini juga berdampak dengan orang sekitar tidak terkecuali pasangan. Seseorang yang melaksanakan puasa dengan baik dan benar diniatkan hanya untuk Allah ternyata mampu menambah rasa kasih sayang.

Wajah cerah bersinar serta hati akan menjadi tenang. Ketakutan terhadap segala hal akan hilang dengan sendirinya apabila mengingat jika semua yang ada hanya titipan. Apabila rasa kasih bertambah dampak baiknya adalah rumah tangga bahagia.

Ada banyak cara untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Segala bentuk kegiatan ataupun amalan yang diniatkan hanya kepada-Nya akan membuahkan hasil tidak hanya untuk urusan dunia namun ketetapan hati jalan lurus di akhirat. Jangan sia-siakan hidup sementara di dunia dengan melalaikan perkara kehidupan kekal di akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.