Inilah Beberapa Cara Merawat Kehamilan Menurut Islam yang Wajib Bunda Tahu

Inilah Beberapa Cara Merawat Kehamilan Menurut Islam yang Wajib Bunda Tahu

Kehamilan merupakan sebuah fase paling membahagiakan bagi seorang perempuan. Setiap keluarga tentu mengharapkan datangnya sang buah hati yang menjadi kebanggaan. Begitupun setiap orang tua pasti menginginkan anak yang sholeh dan sholehah. Cara merawat kehamilan menurut Islam bisa menjadi solusi untuk memperoleh kehamilan sehat berbasis islami.

Selain berguna untuk kesehatan Bunda dan calon bayi, penting juga untuk menerapkan cara menjaga kandungan secara islami. Untuk mewujudkan impian tersebut, mari simak beberapa cara merawat masa kehamilan menurut syariat Islam seperti yang akan diulas di bawah ini:

1. Giat Mengerjakan Shalat Sunnah

Selain shalat wajib, Islam juga menganjurkan umat muslim untuk melaksanakan shalat sunnah. Tidak hanya sebagai pelebur dosa, shalat sunnah juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Shalat nyatanya dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Selain itu mengerjakan shalat juga bisa membuat tubuh lebih rileks, memperbaiki sistem pencernaan serta menjadi sarana terapi psikologi. Gerakan yang tersistem juga dapat meregangkan otot pada persendian. Semua hal ini tentu juga akan berdampak pada si buah hati yang lebih sehat.

Baca Juga »  Sempurnakan Ibadah Dengan Mengetahui Cara Mandi Junub Yang Benar Menurut Islam

2. Makan Buah dan Sayur Secara Teratur

Buah dan sayur sangat baik bagi tubuh, terlebih bagi ibu hamil konsumsi buah dan sayur begitu dianjurkan. Mengapa? Kandungan baik pada buah ataupun sayuran dapat memenuhi gizi dalam tubuh. Kehamilan memerlukan gizi lebih banyak dibanding massa tubuh pada orang normal. Janin dalam kandungan juga memerlukan gizi untuk bertumbuh sehat.

Itulah alasannya mengapa seorang ibu hamil harus lebih banyak makan dibanding biasanya. Serta harus lebih rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Dalam Islam sendiri seseorang juga disarankan untuk memakan makanan halal dan bersih. Begitupun Islam juga mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga pola makan sehat. Dampak baiknya selain tubuh sehat janin dalam kandungan juga akan ikut sehat.

3. Memperbanyak Baca Al-Qur’an

Bukan sebuah rahasia jika membaca Al-Qur’an merupakan sebuah amalan ringan yang mendatangkan banyak pahala. Tidak hanya membuat hati serta pikiran tenang, nyatanya membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an mampu memotorik janin dalam kandungan. Inilah cara merawat kehamilan menurut Islam selanjutnya.

Baca Juga »  Cara Menghilangkan Rasa Rindu Menurut Islam agar Tidak Berdosa

Sering membacakan ayat suci, membuat bayi akan terbiasa mendengarkan suara dari lantunan ayat Al-Qur’an. Dampaknya, saat bayi lahir dan besar akan lebih terserap dalam pikiran si buah hati. Apa yang lebih bahagia bagi orang tua, selain dari seorang anak sholeh dan sholehah yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

4. Jangan Bermalas-malasan

Semua pasti setuju jika masa kehamilan adalah masa-masa paling berat. Perubahan hormon dalam tubuh menjadi salah satu pengaruhnya. Tidak sedikit calon ibu yang mengalami muntah, pusing, lemas saat hamil.

Namun lebih baik apabila seorang calon ibu tidak bermalas-malasan saat hamil. Sebaliknya seorang ibu harus tetap menjalankan aktivitas seperti biasa serta menetapkan ibadah selayaknya. Sebab apabila rasa malas terjadi terus menerus, tidak menutup kemungkinan akan menurunkan kesehatan calon ibu itu sendiri.

5. Berpuasa Senin – Kamis

Siapa bilang berpuasa menjadikan seseorang sakit? Faktanya tiada orang sakit karena berpuasa. Kewajiban puasa dalam Islam memang hanya pada bulan Ramadhan. Namun tahukah, jika masih banyak amalan puasa yang bisa diikuti setiap orang seperti halnya puasa senin-kamis. Puasa senin-kamis juga merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW yang harus diteladani.

Baca Juga »  Mengenal Manfaat Puasa Weton Untuk Diri Sendiri

Seorang ibu hamil tiada salahnya melakukan amalan ini. Selain baik bagi tubuh, puasa juga bisa menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Yakinlah bahwa sesungguhnya Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan hamba yang taat kepada-Nya. Niatkan semua yang dilalui dalam hidup ini hanya untuk Allah.

Selain beberapa cara merawat kehamilan menurut Islam, seseorang juga harus rutin melakukan pemeriksaan ke petugas kesehatan. Memiliki buah hati yang sehat serta syarat akan ilmu agama adalah dambaan setiap orang. Jangan biarkan rasa malas serta ketidaktahuan menjadikan pengaruh buruk baik si buah hati. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru dan semoga bermanfaat untuk para calon ibu dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.