Penyebab Sial Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sial Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Sering kali musibah yang terjadi secara terus menerus dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis, sehingga timbul mitos yang kerap kali didengar. Keyakinan tersebut bahkan terus berkembang dan tidak bisa hilang dari nenek moyang dulu. Lalu apa penyebab sial menurut Islam dan bagaimana cara mengatasinya?

Di bawah ini akan dijelaskan hal apa saja yang bisa menyebabkan kesialan. Bukan karena bersumber dari seseorang yang dianggap sebagai pembawa sial atau barang-barang keramat dan angka tertentu yang sudah masyhur berkembang. Perlu dicatat dalam Islam sendiri sebenarnya tiada kesialan, yang ada hanyalah cobaan dari Tuhan. Lalu apa saja? Simak penjelasannya.

1. Kurang Berdoa dan Sering Melakukan Dosa

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah introspeksi diri. Coba ingat-ingat lagi, berapa banyak kesalahan yang sudah dilakukan?. Seberapa sering melalaikan kewajiban? Dan lebih dekat dengan perbuatan dosa atau beribadah pada Sang Pencipta? Muhasabah memang penting dilakukan agar dapat lebih baik menjalani kehidupan.

Baca Juga »  Mengenal Manfaat Puasa Weton Untuk Diri Sendiri

Sering-seringlah meminta perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari musibah. Bukankah Allah memerintahkan makhluk-Nya untuk selalu memanjatkan doa?. Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, “tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa.”

Begitu juga dituturkan secara gamblang dalam Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya,”Jika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang-Ku, maka (jawablah), ‘Aku dekat. Aku akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia memohon kepada-Ku.'”

2. Lalai Dalam Sedekah

Pernahkah mendengar hadits riwayat Ath-Thabrani yang berbunyi, “ash-shodaqotu daf’ul bala?” Melalui hal tersebut dapat diambil pengertian bahwa bersedekah itu dapat menolak bala atau musibah. Jadi, kembali lagi, sangat perlu untuk melakukan muhasabah diri. Mengingat-ingat kembali apa yang sudah dan belum diperbuat.

Harta yang dimiliki ada kewajiban untuk membayar zakat jika telah mencapai syarat beserta nisab yang sudah ditentukan. Jangan sampai lalai dalam hal tersebut. Karena selain mendatangkan pahala, ini juga sebagai wujud tenggang rasa terhadap sesama. Banyak hasil positif yang akan didapatkan dari bersedekah.

Baca Juga »  Perlu Diketahui, Siapakah Imam Mahdi Menurut Islam_

3. Durhaka Terhadap Orang Tua

Perbuatan fatal yang menjadi penyebab sial menurut Islam berikutnya adalah berani terhadap orang tua. Padahal sudah sangat jelas bahwa Allah memerintahkan pada hamba-Nya untuk hormat kepada ibu dan bapak, berkata lemah lembut, dan tidak boleh membentak atau berperilaku kasar.

Bukankah sudah sangat jelas, jika ingin mendapatkan ridho Allah, harus memperoleh ridho (kerelaan) dari kedua orang tua?. Bahwa murka Rabb juga tergantung pada murka keduanya. Kemudahan dalam hidup ini bisa didapat berkat doa-doa orang tua untuk anak tersayangnya.

4. Kurangnya Takwa

Bagaimana pengertian takwa atau takut pada Allah? Yakni menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi semua larangan-Nya. Ketakwaan pulalah yang menjadi tolok ukur kemuliaan seseorang di hadapan Rabb-nya. Bukan tergantung pada ketampanan, kecantikan, atau harta yang dimiliki.

Baca Juga »  Saatnya Merubah Hidup Dengan Puasa Daud Serta Tata Caranya

Jika ingin terhindar dari musibah, atau memang oleh Allah diuji dan bisa tetap tegar menghadapinya, berusahalah sebaik mungkin untuk meningkatkan ketakwaan. Pertolongan Sang Pencipta akan dekat pada orang-orang yang juga mendekat pada-Nya, bukan malah lari menjauhi.

5. Selalu Berfikir Negatif

Sesuatu yang dipikirkan bisa saja terjadi. Kalimat tersebut mungkin benar adanya. Sebab hal-hal yang ada di pikiran, secara tidak sadar akan mensugesti diri sendiri dan berpengaruh terhadap aktivitas yang dijalani.

Yakinlah bahwa Allah tidak menguji hamba-Nya melebihi batas kemampuan. Ketahuilah juga jika akan ada kemudahan yang mengiringi kesukaran. Seperti yang dijelaskan dalam Surat Al-Insyirah ayat 5-6.

Demikian lima hal yang mungkin menjadi penyebab sial menurut Islam beserta cara mengatasinya. Sebenarnya, lebih baik tidak menyebutnya sebagai kesialan. Sebab semua yang terjadi merupakan ketentuan Allah SWT bagi hamba-hamba-Nya.

Pencarian Popular

makanan berminyak,makanan berlemak dan berminyak,makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.