Saatnya Merubah Hidup Dengan Puasa Daud Serta Tata Caranya

Saatnya Merubah Hidup Dengan Puasa Daud Serta Tata Caranya

Dalam islam, selain puasa Ramadhan yang wajib, terdapat pula puasa sunah yang sangat dianjurkan. Ada beberapa puasa sunah yang sering dianjurkan. Salah satunya adalah puasa Daud, yang dahulu dijalankan oleh Nabi Daud, dan juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Terdapat banyak keutamaan dari puasa ini, karenanya mari merubah hidup dengan puasa Daud!

Meskipun puasa sunah ini tampak mudah, namun pada hakekatnya cukup berat. Tentunya juga keiklasan umat untuk menata hidupnya dengan berpuasa Daud. Sebab, sehari berpuasa, sehari tidak dan dilakukan terus secara berulang-ulang membutuhkan konsistensi dan kedisplinan. Maka, keputusan dan komitmen menjadi sangat penting, dalam beribadah sunah ini.

Memahami Tata Cara Berpuasa Daud

Di sepanjang hidupnya Nabi Daud AS selalu rutin melakukan puasa dengan cara selang-seling, sehari berpuasa, sehari tidak. Lewat ibadah sunah ini, secara tidak langsung umat akan belajar menjadi istiqamah, untuk merubah hidupnya dengan berpuasa Daud. Maka, langkah awal menjalankan puasa ini adalah memahami terlebih dulu tata cara berpuasa Daud yang benar.

Baca Juga »  Syarat, Rukun dan Hukum Nikah Siri Menurut Islam

Yang pertama adalah niatnya untuk beribadah sunah puasa Daud. Seyogia-nya dilakukan dengan tujuan dan niat yang baik dari dalam hati dan dilafalkan, sebagai bentuk komitmen diri kepada Allah SWT.  Akan lebih baik lagi jika dalam berpuasa Daud ini diiringi ibadah sunah lainnya, seperti; sholat Tahajud, Hajat dan lain sebagainya, semata-mata guna mendapatkan ridho-Nya

Tata cara yang kedua untuk merubah hidup dengan puasa Daud, yaitu makan sahur. Namun makan sahur ini hukumnya  sunnah, jadi bila kelupaan atau tidak sempat, tak masalah asalkan diniatkan. Selanjutnya dalam berpuasa , hindarkan segala sesuatu kemungkinan yang dapat membatalkannya.

Ketika saatnya berbuka, hendaknya disegerakan, apalagi saat adzan magrib mulai dikumandangkan.  Nah, apabila dalam berpuasa Daud dilaksanakannya tepat  di hari Jumat, ibadah tersebut tetap boleh dijalankan. Hal ini karena hukumnya mubah atau diperbolehkan saat menjalankan rangkaian ibadah puasa Daud di hari Jumat.

Baca Juga »  Inilah Keistimewaan Serta Kisah Nabi Ulul Azmi Secara Singkat

Keutamaan Dan Manfaat Berpuasa Daud

Umat Islam sepatutnya belajar menjalankan ibadah sunah, sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah Muhammad SAW yang juga menjadi kesukaan Allah SWT.  Sebab berpuasa Daud dengan iklas, tanpa keterpaksaan akan memberikan banyak keutamaan dan manfaat dalam menata hidupnya menjadi lebih baik lagi.

Sebagaimana yang banyak diriwayatkan oleh Abdullah-bin-Amir-bin- Al Ash di hadist Bukhari, sabda dari Rasulullah,  “Seelok-eloknya salat dan berpuasa di hadapan Allah SWT adalah salatnya dan puasanya Daud AS . Dahulu beliau tidur dan di sepertiga malamnya menunaikan salat,  kemudian tidur kembali di satu per enam-nya.”

Tentunya hal tersebut menjadi motivasi atau dorongan bagi umat Islam untuk mulai merubah hidup dengan puasa Daud. Apalagi diketahui dengan berpuasa sunah , seseorang akan mendapat banyak kemudahan dalam menghadapi permasahan yang menjadi beban hidupnya. nah, beberapa keutamaan dan manfaat menjalankan ibadah puasa sunah ini, antara lain:

  • Kemudahan Di Segala Urusan Duniawi. Sebagai puasa dan ibadah sunah kesukaan Allah SWT, tentunya menjadi keyakinan untuk lebih mendekat diri kepada-NYA. Sehingga harapan untuk mendapatkan ridho dan ijabah dari NYA, menjadi semakin besar.
  • Di-Ibaratkan Berpuasa Selama Setengah Tahun. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Tiada ibadah puasa yang melebihi afdholnya berpuasa Daud, selain berpuasa di bulan Ramadhon.”
  • Kemudahan Mendapatkan Jodoh, sebab berpuasa Daud menjadi cara mendekatkan diri kepas Allah SWT untuk diijabihi doa-doanya.
  • Terjaga kesehatannya, sebab dengan berpuasa Dauad seseorang akan terjaga dari obesitas yang sering menjadi pemicu timbulnya beragam penyakit.
Baca Juga »  Cara Menghilangkan Rasa Rindu Menurut Islam agar Tidak Berdosa

Nah demikialan saatnya bagi umat Islam untuk merubah hidup dengan puasa Daud yang banyak berkatnya.  Sehingga mendapatkan ridho Allah SWT dan diberikan kemudahan dalam mengurai permasalahan hidup. Apalagi manfaat juga  pengaruhnya bagi kesehatan sungguh luar biasa bagi umat yang menjalankannya.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.