cara membaca candlestick saham

Cara Membaca Candlestick Saham dengan Baik dan Keuntungannya

Sekarang ini instrumen investasi yang paling banyak peminatnya adalah saham. Semua ini dikarenakan banyaknya kemudahan yang ditawarkannya. Seperti dalam mengamati grafiknya, tidak hanya satu metode saja yang bisa digunakan melainkan ada banyak. Diantaranya banyak pilihan, candlestick merupakan yang paling terkenal. Karena memang cara membaca candlestick saham mudah sekali untuk dilakukan.

Mengenal Candlestick Saham

Mungkin bagi pemain saham lama sudah mengetahui apa itu candlestick saham. Namun bagaimana dengan pemain baru? Tentunya masih belum terlalu paham tentang hal ini. Jadi ini merupakan salah satu bentuk dalam penggambaran nilai saham di grafik. Bentuknya menyerupai lilin, dimana pada bagian badannya disebut sebagai harga awal.

Cara Membaca Candlestick Saham

Lalu bagaimana sebenarnya cara membaca candlestick saham? Pada cara ini terbagi menjadi beberapa bagian yakni paling atas, dan paling bawah. Untuk garis paling atas yang melewati tubuh grafik disebut dengan high (upper shadow) merupakan harga tertinggi. Selanjutnya garis yang terletak di bagian bawahnya (Lower shadow) yakni harga terendah.

Badan lilin ini berfungsi untuk menunjukan harga awalnya dan juga harga akhir. Candlestick ini memiliki dua warna yakni merah dan hijau. Apabila menunjukan warna hijau, maka harga penutupan di atas harga pembukaan (untung). Sebaliknya kalau yang keluar warna merah, maka harga penutupan lebih rendah atau di bawah harga pembukaan (rugi).

Keuntungan Candlestick Saham

Karena paling sering dipakai tentunya cara yang satu ini memiliki banyak keunggulan. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengguna lebih menyukai cara ini dibandingkan cara yang lainnya. Karena dengan keunggulan yang ditawarkannya ini, investor lebih mudah dalam memahami pergerakan saham. Tentunya dikarenakan hal tersebut, kemungkinan untuk untung menjadi lebih besar.

Baca Juga »  5 Cara Membeli Saham Astra Internasional ASII yang Penting Diketahui

1. Penunjuk Signal Trend Real Time

Kalau membicarakan tentang keuntungan yang dimiliki oleh cara ini, maka real time merupakan hal pertama yang terlintas di pikiran. Hal itu berarti semua perubahan yang terjadi di candlestick, benar-benar menunjukan keadaan yang sebenarnya sesuai waktu yang ada. Dengan sifatnya yang seperti ini tentunya investor bisa mendapatkan analisis lebih tajam, dan sesuai dengan kenyataan.

2. Analisa Bisa Dilakukan dengan Lebih Mudah

Bentuk dari cara ini sangat mudah untuk dibaca, dan itu sebabnya mengapa banyak yang menggemarinya. Karena kemudahannya dalam dibaca, tentunya memudahkan juga investor untuk melakukan sebuah analisis. Baik itu untuk harga penutupan naik ataupun turun, investor bisa melakukan analisa. Hal ini juga berlaku untuk investor yang baru memulai, jadi sangat menguntungkan.

3. Visual Enak Dipandang

Selain memudahkan dalam hal analisis bentuk yang satu ini juga lebih enak untuk dipandang. Hal ini sangat memberikan pengaruh terutama terhadap pemula. Karena kalau menggunakan grafik yang terlalu rumit, tentunya membuat pusing dan kurang enak untuk dilihat. Oleh sebab itu kenyamanan pandangan juga harus diperhatikan, dan cara ini menawarkan hal tersebut.

4. Bisa Digabungkan dengan yang Lain

Ini yang menjadi keunggulan utama dan menjadi penyebab terbanyak kenapa kemudian cara ini begitu disukai. Kalau menggunakan cara yang lain, agak sedikit sulit untuk menggabungkan membacanya dengan komponen lain. Namun hal ini tidak berlaku untuk cara ini, karena menggunakan candlestick artinya menggunakan cara yang fleksibel. Jadi dapat digabungkan dengan berbagai cara.

Jadi sekarang sudah mengetahui alasan mengapa akhirnya banyak yang menggunakan candlestick dalam membaca pergerakan saham. Karena memang alasan utamanya adalah cara membaca candlestick saham sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu ada banyak juga kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh cara ini. Tentunya semua keuntungan yang ditawarkan tersebut akan menguntungkan investor, jadi wajib dicoba.

Baca Juga »  Daftar Keuntungan Trading Untuk Anda Dapatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *