7 Cara Mengatasi HP Lemot OPPO yang Wajib Diketahui

7 Cara Mengatasi HP Lemot OPPO yang Wajib Diketahui

Banyak hal yang bisa menyebabkan smartphone terasa lemot atau lambat kala digunakan. Perkara semacam ini juga tidak dapat dihindari dari merek ponsel ternama layaknya OPPO. Cara mengatasi hp lemot OPPO cukup mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa saja caranya? Berikut ringkasannya:

1. Hapus Aplikasi Tidak Berguna

Salah satu cara untuk mengatasi ponsel lemot yakni dengan menghapus beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan. Terlebih pada beberapa smartphone memiliki aplikasi bawaan yang sudah cukup banyak. Hal ini juga menjadi pemicu ponsel menjadi lambat beroperasi.

2. Membersihkan Cache Serta Melakukan Pemindaian Keamanan

Cara mengatasi hp lemot OPPO juga bisa dilakukan dengan membersihkan cache serta melakukan pemindaian keamanan. Cache bukanlah istilah baru dalam fitur smartphone. File sampah yang menumpuk dan terkumpul bisa menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat. Itulah sebabnya, membersihkan file sampah ini secara berkala bisa menjadi jalan keluar untuk ponsel lemot.

Caranya yakni dengan pergi ke “Manager Telepon”, lalu pilih “Pengoptimalan”. Optimalkan untuk melapangkan ruang penyimpanan dan menghapus data file sampah. Selain menghapus cache, lakukan juga pemindaian atau scan anti virus. Gunakan anti vitus yang memang direkomendasikan dan memiliki rating yang cukup baik. Usahakan untuk menggunakan satu aplikasi antivirus saja.

3. Memperbarui ColosOS

Fitur OPPO juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembaruan sistem ColorOS. Dimana fitur ini akan memberikan deteksi perangkat ke versi terbaru. Adapun caranya yakni tinggal masuk ke “Pengaturan”, lalu pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”. Beberapa hal yang didapat dari proses ini selain memiliki sistem versi terbaru adalah mampu meningkatkan stabilitas, memaksimalkan kinerja sistem. Bisa menghemat baterai, serta mengembangkan kemampuan perangkat dengan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga »  7 Cara Mengatasi Baterai Boros Paling Ampuh Pada HP

4. Lakukan Restart Ponsel Secara Berkala

Hal sepele namun berdampak besar yakni dengan melakukan restart pada perangkat secara berkala. Selain berguna menyegarkan cache, hal ini juga memiliki fungsi mencegah adanya bug dalam aplikasi. Keuntungan ini tentu berdampak baik agar pengguna lebih nyaman serta kinerja perangkat lebih optimal.

5. Selalu Gunakan Aplikasi Resmi

Ada banyak aplikasi beredar di internet. Tidak sedikit yang ternyata malah membahayakan perangkat ponsel. Untuk meminimalisir serta mengatasi lemot, usahakan untuk selalu menggunakan aplikasi resmi. Pengguna bisa mengunduhnya secara resmi melaluI OPPO Store atau Play Store. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai jenis malware.

6. Mengurangi Penggunaan Widget

Bisa dibilang Widget menjadi daya tarik sebuah perangkat. Tidak hanya memperindah tampilan screen, fitur ini juga sebagai jalan pintas kala ingin memantau suatu aplikasi tanpa harus membuka aplikasi yang terkait.

Meski banyak keindahan yang ditawarkan, nyatanya Widget juga menyita penggunaan RAM lebih besar. Hal ini juga berdampak pada lambatnya kerja perangkat. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan Widget bisa menjadi solusi yang tepat.

7. Menonaktifkan Auto-Sync

Auto-Sync berfungsi untuk menghubungkan semua akun terpasang di android. Namun hal ini juga berdampak pada kinerja perangkat. Oleh sebab itu, cara mengatasi hp lemot OPPO yakni dengan menonaktifkan fitur Auto-Sync. Meski begitu, dengan mematikan Auto-Sync pengguna juga harus melakukan beberapa hal manual seperti membuka Email ataupun Calendar.

Secara singkat itulah beberapa cara mengatasi hp lemot OPPO yang bisa dicoba sendiri di rumah. Sebagian besar sebenarnya hanya mengandalkan ketelatenan untuk rutin membersihkan beberapa daya yang tidak terpakai. Serta melakukan pembaruan yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja ponsel.

Baca Juga »  Bagaimana Cara Mengatasi Hard Disk Bad Sector. Yuk Cari Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *