6 Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp yang Lama_ Langsung Berhasil Anti Gagal

6 Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp yang Lama_ Langsung Berhasil Anti Gagal

HP pada zaman sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan. Banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan dari sebuah HP salah satunya adalah bisa berkomunikasi. Namun kendala muncul ketika HP tersebut mempunyai masalah karena pengisiannya yang lama. Salah satu cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama adalah dengan memeriksa baterai yang digunakan.

Baterai pada HP sangat penting sekali karena berfungsi untuk menghidupkan atau memberi daya pada HP. Untuk itu baterai dan HP perlu dirawat dan dijaga di setiap pengguannya agar bisa memberikan kinerja yang optimal.

1. Kerusakan pada IC Adaptor

IC adaptor berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC. Cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama adalah dengan mengganti IC adaptor tersebut. Apabila terjadi kerusakan yang berkaitan dengan lambat atau lamanya pengisian baterai maka komponen ini bisa menjadi salah satu sebabnya. Untuk penyebabnya sendiri mungkin karena pemakaian chargernya yang terlalu lama atau tidak pernah dicabut dari sumber listrik ketika melakukan pengisian.

2. Kabel Usb yang Bermasalah

Kabel USB berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang berasal dari sumber tegangan ke baterai atau HP. Nah, ketika HP melakukan pengisian, tetapi membutuhkan waktu yang lama agar baterai penuh, maka salah satu sebabnya mungkin terjadi ketidakcocokan pada kabel USB.  Kabel USB yang tidak cocok akan menjadi penghambat dalam menghantarkan arus listrik ke HP. Untuk itu alangkah baiknya agar USB tersebut diganti sesuai dengan jenis HP yang digunakan.

Baca Juga »  Tak Perlu Risau, Ini Cara Membuka Akun Grab yang Dibekukan Paling Mudah

3. Kerusakan pada Baterai

Kerusakan pada baterai bisa menjadi salah satu faktor yang menghambat pengisian daya. Baterai yang sudah rusak tentu kualitasnya akan menurun sehingga kerjanya tidak akan maksimal. Baterai yang rusak juga tidak akan mampu lagi untuk menyimpan daya secara optimal. Akan tetapi untuk memastikan kerusakan tersebut ada pada baterai alangkah baiknya agar memeriksa lebih lanjut lagi sebelum memastikannya. Apabila setelah diperiksa dan baterai benar-benar rusak maka solusinya adalah dengan mengganti baterai tersebut.

4. Jangan Memainkan HP pada Saat Dicharger

Ketika HP dimainkan maka secara otomatis daya pasti akan berkurang. Apalagi ketika memainkan aplikasi yang berat seperti bermain game. Tentu ini akan menghambat pengisian baterai. Untuk itu apabila mau mengisi baterai lebih cepat alangkah baiknya untuk tidak memainkan HP. Namun apabila mengharuskan untuk membuka HP setiap saat maka alangkah baiknya agar tidak memainkan game.

5. Melakukan Update pada System Android

Sistem operasi yang tidak diupdate bisa menjadi salah satu faktor menyebabkan pengisian menjadi lambat. Pada masing-masing HP mungkin berbeda dalam sistem operasi atau pengelolaannya. Pada android sendiri biasanya akan melakukan update di waktu tertentu. Salah satu yang dilakukannya adalah mengupdate fitur manajemen baterai. Untuk itu alangkah baiknya agar melakaukan update agar meningkatkan kenerja HP dan meningkakan pengisian baterai.

6. Matikan Data Seluler Saat Mencharger

Ketika pengguna menyalakan internet maka secara otomatis HP akan terus bekerja dan ini bisa memperlambat dalam pengisian. Untuk itu ketika mengisi daya HP, selalu matikan data seluler supaya HP bisa lebih otimal dalam melakukan pengisian. Selain itu, menyalakan HP pada saat mencharger juga akan menguragi daya pada baterai.

Baca Juga »  Cara Merubah Facebook Pribadi Menjadi Bisnis dengan Mudah

Berikut tadi cara mengatasi pengisian baterai HP yang lama. Ada banyak sebab yang menjadi faktor dalam menghambat pengisian. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memperhatikan dan merawat HP. Agar tidak mengalami pengisian yang lambat dan juga agar bisa mengoptimalkan kinerja dari HP teman-teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *