Ciri dan Penyebab IC HP Rusak

Ciri dan Penyebab IC HP Rusak

IC adalah elemen terpenting dalam handphone. Bisa dibilang IC adalah bagian inti dari setiap perangkat elektronik. Kerusakan pada IC dapat menjadi hal yang fatal bagi perangkat elektronik termasuk HP. Terkadang kerusakan IC menybabkan pengguna HP kehilangan perangkatnya secara tiba-tiba. Penyebab IC HP rusak pun banyak dicari untuk dipahami demi menghindari permasalahan tersebut. Berikut adalah beberapa ciri dan penyebab kerusakan IC Handphone:

Penyebab

Ada berbagai macam penyebab IC HP rusak. Beberapa diantaranya mungkin terjadi di kehidupan sehari-hari pengguna HP.

1. Men-charger secara sembarangan

Listrik bisa menjadi penyebab utama perangkat ini rusak. Arus listrik yang bolak-balik secara tidak stabil melalui IC dapat mengakibatkan konslet pada IC. Hal ini dapat terjadi dalam aktifitas meng-charge HP. Terkadang pengguna HP lupa untuk mencabut kabel charger ketika baterai telah lama terisi penuh.

Adapun hal lainnya seperti mencabut kabel charger sebelum baterai penuh. Hal ini pun dapat menyebabkan ketidakstabilan listrik dalam komponen handphone. Solusi terbaik bagi permasalahan ini adalah dengan melakukan pengisian daya handphone secara teratur dan benar sesuai prosedur yang baik.

2. Kemasukan Air

Faktor utama penyebab IC HP rusak berikutnya adalah air. Adanya air dalam rangkaian elektronika dapat mengacaukan sistem kelistrikan yang ada dan yang paling buruk korsleting listrik. Selain dapat merusak LCD, hal ini dapat juga mempengaruhi kinerja IC. Jika air dalam HP dirasa cukup parah maka IC dapat berpotensi mati total.

3. Benturan

Faktor ketiga yang bisa menyebabkan IC rusak adalah benturan. Dalam hal ini, cara pemakaian mungkin bisa menjadi penyebab juga. Benturan dapat menyebabkan IC dalam Handphone tergeser atau paling parah retak atau pecah. Jagalah HP agar tidak terjatuh. Selain itu meletakkan HP secara sembarangan juga dapat memicu benturan yang tidak diperlukan.

Baca Juga »  Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading Berdasarkan Penyebabnya

Selain cara pemakaian, faktor ketidaksengajaan juga bisa menjadi penyebabnya. Benturan bisa saja terjadi ketika HP diletakan di dalam tas yang dibawa ketika bepergian. Pengguna HP biasanya tidak menyadari hal ini. Maka dari itu, meletakan HP pada kondisi tempat yang baik dapat meminimalisir kerusakan tersebut.

Ciri-Ciri

Kerusakan pada IC terkadang tidak langsung menyebabkan HP mati total. Beberapa ciri dapat dilihat sebelum terjadi kerusakan yang lebih fatal.

1. Tidak Bisa Di Charger

IC berperan penting dalam menghantar arus listik ke seluruh jaringan komponen handphone. Setiap arus listrik yang masuk, akan melalui IC yang kemudian akan dialirkan ke seluruh komponen termasuk baterai. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa kerusakan IC dapat mempengaruhi arus listrik yang masuk.

Pengisian daya tidak dapat dilakukan karena arus listrik terhenti pada komponen IC. Dalam hal ini biasanya indikator pengecasan akan mati pertanda bahwa memang tidak ada arus listrik yang masuk. Berbeda dengan kerusakan baterai, baterai tetap bisa di cas hanya saja dayanya akan cepat habis ketika dipakai.

2. Tegangan IC Tidak Normal

Dalam hal ini pengguna membutuhkan alat bantu berupa Power Supply. Power Supply akan membantu pengukuran tegangan listrik pada IC. Untuk mengetahui tegangan IC pun cukup mudah yaitu pengguna hanya tinggal melihat indikator pada Power Supply. Jika indikator tidak bergerak atau stuck, maka bisa diartika bahwa IC pada HP mengalami kerusakan.

Cara pengaplikasian menggunakan Power Supply pun tidak terlalu sulit. Pertama matikan terlebih dahulu handphone. Selanjutnya sambungkan Power Supply pada konektor charger pada HP. Kemudian nyalakan HP melalui tombol power. Terakhir lihatlah indikator pada Power Supply apakah ada perubahan atau tidak.

Baca Juga »  Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Demikianlah informasi mengenai penyebab IC HP rusak beserta ciri-cirinya. Semoga informasi ini dapat meningkatkan awarness pengguna HP dalam menjaga perangkatnya. Jika permasalahan cukup sulit sebaiknya jangan memeriksanya sendiri melainkan mintalah bantuan profesional untuk menghindari resiko berbahaya. Jagalah perangkat handphone dengan baik. Jangan sampai perilaku yang sepele menyebabkan kerugian yang besar.

Pencarian Popular

akibat stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *