Cara Memperbaiki Microphone Hp yang Mudah Dilakukan

Cara Memperbaiki Microphone Hp yang Mudah Dilakukan

Cara Memperbaiki Microphone Hp yang Mudah Dilakukan

Hampir semua HP memiliki microphone, apalagi HP sekarang sudah canggih seperti Android. Sebenarnya apa fungsi microphone? Fungsinya antara lain untuk berkomunikasi saat telepon dan untuk recording suara. Bagaimana jika microphone tersebut rusak? Jangan khawatir, dalam tulisan ini akan membahas cara memperbaiki microphone HP yang fungsinya sudah mulai berkurang.

Ciri-ciri microphone yang akan rusak yaitu suara yang dihasilkan saat merekam kecil atau terdengar parau bahkan mati. Sebenarnya ada banyak penyebab microphone pada HP rusak yaitu karena system pada HP ataupun karena faktor luar. Biasanya microphone rusak disebabkan oleh banyaknya debu yang menyumbat lubang mic. Berikut cara memperbaiki microphone HP:

1. Atur Aplikasi yang Memakai Microphone

Cara pertama ini cukup efektif dilakukan jika mic HP tidak berfungsi. Aplikasi yang menggunakan microphone bisa mengganggu fungsi mic pada aplikasi lain. Microphone akan menjadi lemot bahkan benar-benar tidak berfungsi lagi. Solusi terbaik yaitu atur dan nonaktifkan terlebih dahulu aplikasi yang sekiranya dapat mengganggu  fungsi microphone pada HP.

2. Reboot atau Restart Handphone

Salah satu cara memperbaiki microphone HP yang rusak adalah dengan merestart HP. Cara ini sangat mudah dilakukan. Pertama, tekan power pada HP. Kemudian geser ke tulisan restart. Beri waktu agar HP bisa memuat ulang dan melakukan pembersihan pada system dan sampah-sampah pada aplikasi. Setelah selesai, microphone akan berfungsi kembali.

3. Membersihkan Lubang pada Microphone

Besar kemungkinannya jika microphone HP tidak berfungsi disebabkan oleh kotornya lubang mic. Handphone yang selalu dibawa kemana-mana sangat perpotensi masuknya debu ke microphone. Microphone yang tersumbat oleh kotoran dan debu pun akan mengalami penurunan fungsi. Lalu, bagaimana cara membersihkan kotoran dan debu. Caranya mudah sekali.

Baca Juga »  Penyebab dan Cara Memperbaiki Mic Wireless yang Tidak Bunyi

Langkah pertama, ambil jarum atau juga bisa menggunakan tusuk gigi. Selanjutnya mulailah membersihkan lubang-lubang kecil pada microphone HP. Lakukan cara itu dengan hati-hati agar jarum tidak merusak bagian dalam atau body HP. Setelah itu lap dengan tissue agar microphone menjadi lebih bersih. Lakukan beberapa kali dan mulailah mencoba microphone tersebut.

4. Melakukan Reset Hp

Pengguna bisa menanyakan orang lain yang lebih berpengalaman jika cara-cara diatas tidak berhasil. Namun jika sudah mentok bisa dengan cara berikut. Pertama klik pada setelan HP lalu scroll dan pilih “Cadangan dan setel ulang”. Kemudian masuk ke reset HP. Lalu setel ke setelan pabrik. Cara ini cukup ampuh menjadi solusi.

5. Bawalah Handphone ke Tempat Servis

Cara memperbaiki microphone HP yang ke 5 adalah membawanya ke tempat servis. Cara ini biasanya dilakukan orah orang yang tidak punya waktu untuk memperbaiki sendiri atau tidak mau ribet. Jika komponen microphonennya yang rusak, dipastikan akan segera diperbaiki dan diganti. Pengguna HP biasanya mengeluarkan budget di bawah 300 ribu.

6. Menggunakan Microphone Eksternal

Ternyata ada yang tidak tau tentang microphone eksternal. Mic ini memang jarang digunakan saat microphone pada HP masih berfungsi dengan baik. Mic ini memiliki fungsi yang sama dengan mic bawaan HP. Hanya saja sedikit lebih rumit daripada mic bawaan HP karena menggunakan kabel. Namun tidak salah untuk mencoba.

Itulah 6 referensi cara memperbaiki microphone HP yang cukup efektif dilakukan. Sebisa mungkin jangan terburu-buru membawa HP ke tempat servis. Gunakan beberapa cara di atas untuk memperbaiki mic HP bawaan. Jika dengan cara diatas tidak membuahkan hasil maka baru konsultasikan ke servis HP. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga »  Install Aplikasi Kamera Android Dengan Fitur Canggih dan Mengejutkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *