Cara Menghubungkan HP ke Audio Mobil Avanza Mudah dan Cepat

Cara Menghubungkan HP ke Audio Mobil Avanza Mudah dan Cepat

Seiring perkembangan zaman, fitur-fitur dalam mobil pun semakin ditingkatkan dan lebih canggih. Ketika dalam perjalanan panjang, kini tidak lagi membosankan karena sudah bisa memutar musik di mobil. Tidak harus dengan kaset, kini musik di ponsel pun bisa disambungkan ke head unit mobil. Cara menghubungkan HP ke audio mobil Avanza sangat mudah. Simak ulasan berikut ini:

1. Kabel USB

Alternatif pertama yang digolongkan sebagai cara menghubungkan hp ke audio mobil Avanza adalah dengan kabel USB. Ini merupakan cara paling umum yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Tidak dapat dipungkiri karena memang semua mobil yang dilengkapi dengan fitur head unit pasti relevan dengan port USB.

Tidak dapat menjadi penghubung antara head unit dan ponsel, port USB pun mampu menyimpan film dan lagu di flashdisk. Biasanya yang kerap menjadi masalah adalah head unit tidak mampu menampilkan semua data digital.

2. Kabel Aux-in

Menggunakan kabel Aux-in memang cara yang agak kuno untuk menyambungkan hp ke head unit. Hanya saja, cara ini tetap efektif dan menyenangkan. Pertama, hubungkan kabel aux-in ke ponsel dan port aux-in pada head unit. Tekan pilihan menu AUX, tapi jika tidak ditemukan jangan bingung dulu, tekan saja menu AV.

Setelah itu, pilih lagu apa saja yang ingin diputar, maka suara musik dari ponsel telah terhubung ke audio mobil. Dalam menghasilkan suara, kabel aux ini dipengaruhi oleh materialnya. Jika isi dari kabel itu berkualitas maka suaranya akan bagus begitu pula sebaliknya.

Meski sangat mudah untuk menghubungkannya, ternyata kabel aux-in ini tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk mengganti lagu di head unit  Jadi, jika ingin memutar lagu lain harus menggantinya melalui ponsel.

Baca Juga »  Cara Membuka Akun FB yang Terkunci Permanen Mudah Tanpa Ribet

3. Kabel HDMI

High Definition Media Interface adalah penghubung digital yang digunakan untuk ponsel dan head unit mobil. Dengan menggunakan kabel HDMI maka pengguna dapat melakukan transfer data video dan audio. Dengan kabel HDMI, aktivitas seperti membagikan tampilan ponsel ke layer head unit mobil bisa dilakukan. Perlu diteliti kembali dalam membeli kabel HDMI, apakah konektornya sesuai atau tidak dengan model yang ada pada port HDMI di head mobil Avanza.

4. Bluetooth

Seiring dengan berkembangnya teknologi, fitur Bluetooth kini telah ditambahkan pada head unit mobil agar dapat terhubung dengan ponsel. Selain karena praktis tanpa kabel, dengan fitur Bluetooth, data secepat 24 Mbps pun dapat ditransfer tanpa lemot dan terganggu.

Tidak hanya untuk memutar lagu, Bluetooth juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon kepada seseorang. Jika menggunakan fitur Bluetooth di mobil Avanza, maka perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kini Avanza terdiri dari tipe E dan G, dan fitur Bluetooth terletak dalam tipe 1.5GM/T.

Tipe 1.5 GM/T ini dilengkapi dengan Premium Touch Screen Head Unit paling baru. Ada begitu banyak fitur yang ditambahkan, seperti Bluetooth, T-Link atau USB Mirroring, USB, DVD, Emergency Call, iPod/iPhone Connectivity, dan 6 Speaker.

5. Miracast

Telah banyak diketahui bahwa miracast atau mirroring biasa digunakan untuk memberikan tampilan layar ponsel ke head unit mobil. Dengan begitu, lagu mana yang ingin diputar bisa dipilih dengan leluasa tanpa harus menengok ke ponsel karena otomatis mengendalikan ponsel dari head unit mobil. Dengan menggunakan mirroring membuat proses mengemudi menjadi lebih aman karena tidak perlu lagi ponsel yang kadang perlu fokus yang berlebihan.

Itulah cara menghubungkan hp ke audio mobil Avanza yang mudah dilakukan. Pilih yang sekiranya bisa berfungsi baik pada mobil Avanza yang dimiliki. Cara-cara tersebut memang dapat digunakan untuk mobil modern maupun yang terdahulu.

Baca Juga »  5 Cara Kompres Video di Android Tanpa Aplikasi yang Worth It untuk Dicoba_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *