Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC serta Keunggulan Lampu LED

Cara Membuat Lampu LED Motor Arus AC serta Keunggulan Lampu LED

Perkembangan sepeda motor telah melaju pesat. Tidak hanya dari segi desain, mesin, maupun materialnya saja. Melainkan juga pada sparepart yang sudah menggunakan lampu LED. Lampu LED sudah digunakan pada motor baru. Tapi jangan khawatir, bagi para pemilik motor lama juga bisa merubah lampunya menjadi lampu LED. Ada cara membuat lampu LED motor arus ac yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Keunggulan Penggunaan Lampu LED

Namun sebelum membahas cara merubah menjadi lampu LED, perlu sejenak memahami keunggulan dari lampu LED pada motor. Lampu LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan motor yang masih pakai lampu arus ac. Berikut ini adalah keunggulan lampu LED:

1. Lampu Lebih Terang

Lampu yang dihasilkan oleh lampu LED berwarna putih. Warna lampu yang berwarna putih lebih dinilai lebih terang daripada lampu yang masih menggunakan arus ac. Selain itu, terang yang ada di lampu LED dinilai lebih stabil dibandingkan lampu arus AC atau lampu halogen. Hal ini dikarenakan lampu LED sudah menggunakan arus listrik DC.

2. Tahan Lama

Ketahanan yang dimiliki oleh lampu LED lebih awet daripada lampu halogen / arus AC. Karena lampu LED tidak menghasilkan panas. Berbeda dengan lampu halogen yang bisa menghasilkan panas dan bisa merusak fungsi dari lampu itu sendiri.

3. Menghemat Konsumsi Aki

Lampu LED juga jauh lebih efisien dari segi konsumsi listrik aki yang digunakan. Lampu jauh LED pada lampu depan motor hanya mengeluarkan sekitar 11,4 watt saja. Sedangkan pada lampu jauh yang masih memakai halogen bisa mengeluarkan daya sekitar 35 watt. Dengan menggunakan lampu LED pemilik motor bisa menghemat konsumsi akinya dalam jangka panjang.

Baca Juga »  5 Pilihan Lampu LED Motor Beat Paling Terang

Cara Membuat Lampu Led Pada Motor Arus Ac

Setelah memahami sekilas mengenai keunggulan dari lampu LED, maka selanjutnya berbicara tentang cara membuat lampu led motor arus AC. Pembuatan ini tentu saja tidak simpel dan lebih baik diserahkan pada orang ahlinya saja. Karena kesalahan pada pembuatannya bisa membuat motor menjadi cepat rusak.

1. Rubah Arus AC Menjadi DC

Hal yang pertama untuk lampu LED pada motor yang masih menggunakan arus AC yaitu merubah daya dari mulanya AC menjadi DC. Hal ini diperlukan karena, lampu LED menggunakan listrik dengan arus DC. Berbeda dengan lampu halogen yang bisa menggunakan AC. Sehingga perlu untuk menjadikan arus menjadi DC.

Cara membuat lampu led motor arus AC ini sangat memerlukan kehati-hatian, karena pemasangannya harus merubah jalur kabel pada kiprok. Setelah kiprok terpasang maka tinggal merubah sambungan kabel pada lampu. Kalau tidak punya pengalaman dalam pemasangan lebih baik diserahkan pada bengkel yang ahli saja.

2. Beli Set Lampu LED

Setelah pembuatan kabel yang sudah menjadi arus DC, maka tinggal pemasangan pada lampu DC nya. Tentu saja lampu yang digunakan pada lampu LED berbeda dengan lampu halogen. Agar  pemasangan lampu bisa berjalan lancar, lebih baik mengganti total atau membeli lampu LED yang sudah satu set.

Pembelian satu set lampu LED saat ini sudah sangat mudah, karena bisa dibeli secara online melalui marketplace maupun secara offline yaitu di bengkel-bengkel resmi maupun yang tidak resmi. Namun sebelum membelinya, lebih baik konsultasikan dengan si pemasang atau tukang bengkelnya, supaya tidak salah dalam membeli. Setelah itu tinggal dipasang saja.

Inilah cara membuat lampu LED motor arus ac yang perlu diperhatikan. Sangat disarankan menggunakan bantuan dari orang ahli supaya tidak salah dalam pemasangannya. Kalau tidak ingin repot, bisa membeli motor baru yang sudah menggunakan lampu LED.

Baca Juga »  Daftar Merk Ban Motor yang Bagus Untuk Harian_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *